Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Seminar Pelestarian Bahasa dan Sastra Banjar Digelar Besok, Antusiasme Peserta Luar Biasa

- Apahabar.com Jumat, 29 November 2019 - 10:03 WIB

Seminar Pelestarian Bahasa dan Sastra Banjar Digelar Besok, Antusiasme Peserta Luar Biasa

Poster Seminar Bahasa dan Sastra Banjar. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – UPT Bahasa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin akan menggelar Seminar Pelestarian Bahasa dan Sastra Banjar dengan tema “Daya Tahan Bahasa dan Sastra Banjar di Era 4.0”.

Seminar itu akan dilangsungkan di Hotel Best Western Banjarmasin, Sabtu (30/11) besok.

“Seminar ini pertama kali dilaksanakan oleh UPT Bahasa ULM untuk menopang visi dan misi ULM yang unggul di lahan basah,” sebut koordinator acara, Sainul Hermawan, kepada apahabar.com, Jumat (29/11).

Menurut Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Banjar sebagai lingua franca di kawasan lahan basah penting untuk diperhatikan, karena dalam bahasa tersimpan pengetahuan, pengalaman, dan harapan.

Seminar tersebut akan diisi berbagai isu menarik dengan beberapa narasumber yang berbeda. Topik “Pemertahanan Bahasa dan Sastra Banjar” di Media Sosial akan disampaikan oleh Dr. Hatmiati Masyud M.Pd yang juga dikenal sebagai penulis di Kalsel.

Kemudian, topik “Masa Lalu dan Masa Kini Sastra Banjar” akan disampaikan oleh Prof. Drs. H Rustam Effendi. Ada pula pembahasan “Strategi Pemertahanan Sastra Banjar Melalui Sastra” yang akan diisi oleh Jamal T. Suryanata.

Beberapa narasumber lainnya yang akan menyampaikan materi antara lain, Ridho Amalia M.Pd dan Dr. Ida Komalasari. Keduanya akan membawakan materi “Tantangan Pembelajaran Bahasa Banjar di Sekolah Dasar” dan “Pemertahanan Bahasa Banjar di Perantauan.”

Meski sebagian besar narasumber berasal dari kalangan akademisi, ada satu narasumber yang berasal dari kalangan budayawan yakni Y.S. Agus Suseno. Dalam seminar tersebut, Agus Suseno yang selalu menggaungkan “Save Meratus” akan menyampaikan materi “Pemertahanan Sastra Banjar Melalui Seni Pertunjukan.”

Antusiasme peserta yang luar biasa terhadap seminar ini sedikit mengagetkan panitia. Sebab, pihak panitia hanya menyiapkan kuota sebanyak 100 peserta. Namun, ternyata sambutan masyarakat terhadap kegiatan ini sangat besar.

“Yang mendaftar lebih dari 160 orang. Sementara kuotanya hanya 100. Jadi kita harus seleksi siapa saja yang serius ingin mengikuti seminar ini,” jelas Sainul Hermawan.

Sejak diumumkan ke publik beberapa bulan lalu, pendaftar datang dari berbagai kalangan. Sebagian besar memang masih berasal dari kalangan guru SD, SMP, SMA, SMK, MA, dan dosen bahasa Indonesia.

Namun, lanjut dia, ada juga peserta dari kalangan seniman, budayawan dan wartawan.

“Antusiasmenya memang luar biasa besar. Kita harapkan acara besok berjalan lancar dan bisa bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga: Sastrawan HST Dominasi Penghargaan di Aruh Sastra ke XVI

Baca juga: Gaungkan Peribahasa Banjar, Halau Hoaks lewat Kearifan Lokal

Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Di Banjarmasin, Denda Tak Pakai Masker Masih di Angan-Angan
apahabar.com

Kalsel

Tingkatkan Kedisiplinan Protokol Kesehatan, Tim Gabungan Sasar Tempat Ibadah
apahabar.com

Kalsel

Pembenahan Terminal Km 6 Terkendala Peralihan Aset

Kalsel

Korban Kebakaran di Jalan Veteran Butuh Pasokan Makanan
apahabar.com

Kalsel

BBPOM Awasi Penarikan Produk Ranitidin di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Kabar Covid-19 Kalsel Sore Ini: Positif 99 Kasus, Sembuh Tambah 1
apahabar.com

Kalsel

Ada Kebijakan Baru Khusus Iuran BPJS Kesehatan Bagi PBPU dan BP Kelas III
apahabar.com

Kalsel

Empat Fakta Penemuan Mayat Pria Paruh Baya di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com