apahabar.com
Ilustrasi tes CPNS. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Untuk warga Banjarbaru, segera siapkan diri Anda.

Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru telah menyediakan 188 formasi untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Pendaftaran mulai dibuka Senin (11/11).

Kepastian itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banjarbaru Sri Lailana. Sejumlah formasi telah disetujui oleh pemerintah pusat.

“Jadi 188 formasi ini terdiri dari 99 formasi guru, 27 tenaga teknis dan 62 formasi tenaga medis,” ujarnya kapada apahabar.com, Sabtu (09/11) sore.

Menurutnya, jumlah formasi tahun ini sama seperti tahun sebelumnya. Yang diprioritaskan bidang tenaga pendidikan dan kesehatan.

Jika mau lebih dirincikan, guru Sekolah Dasar (SD) menjadi formasi terbanyak.

“Rincian untuk formasi guru terdiri dari 81 guru kelas SD, 3 guru agama SD, 9 guru penjas orkes SD dan 6 guru bahasa Indonesia untuk SMP,” lanjutnya.

Sementara, lanjutnya, untuk bidang tenaga kesehatan formasi yang dicari yakni dokter umum, dokter gigi, apoteker, perawat, psikolog, penyuluh kesehatan, asisten apoteker, bidan, perawat gigi dan sejumlah tenaga kesehatan lainnya.

“Tenaga teknik yang diperlukan seperti pranata komputer, analis keuangan, pengelolaan keadaan barang dan jasa, pengelolaan anggaran, Perancang peraturan perundang-undangan, teknik pengairan, teknik pembangunan jalan, teknik penyehatan lingkungan dan tenaga teknis lainnya,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan bahwa dalam rekrutmen CPNS tahun 2019 ini, pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Rencananya seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

“Tes ini rencananya dimulai Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020,” tambahnya.

Untuk diketahui, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melalui sosial medianya menjelaskan untuk memulai pendaftaran, wajib membuka website https://sscasn.bkn.go.id.

Setelah itu, membuat akun SSCN 2019. Di mana untuk membuat akun, harus dengan menyertakan Nomor Induk Kependudukan ( NIK) dan nomor Kartu keluarga (KK). Atau nomor KK juga bisa, diganti dengan NIK Kepala Keluarga.

Setelah memiliki akun, barulah login menggunakan akun tersebut dengan menggunakan NIK maupun sandi (password) yang telah didaftarkan sebelumnya.

Lalu lanjut melengkapi data selanjutnya, seperti mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sekaligus melengkapi biodata pribadi. Usai melengkapi biodata, pilih jenis formasi dan jabatan yang sesuai dengan background pendidikan.

Pastikan data lengkap dan sudah mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan, seperti ijazah, KK, KTP, dan sebagainya.

Sebelum mencetak kartu pendaftaran, jangan lupa cek ulang data-data yang telah dimasukan. Karena, setelah di-submit, tidak bisa mengubah data lagi.

Terakhir, jangan lupa untuk memverifikasi pendaftaran. Kemudian, lakukanlah seleksi dan tunggu pengumuman kelulusan.

Baca Juga: Ini Bocoran Kisi-Kisi Soal Tes CPNS 2019

Baca Juga: Baca Jadwal Tentatif Seleksi CPNS 2019

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah