Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Soal Cadar dan Celana Cingkrang, Komisi VIII Minta Penjelasan Menag

- Apahabar.com     Kamis, 7 November 2019 - 14:36 WITA

Soal Cadar dan Celana Cingkrang, Komisi VIII Minta Penjelasan Menag

Rapat kerja DPR-Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (07/11). Foto – Antara/Anom Prihantoro

apahabar.com, JAKARTA – Komisi VIII DPR menggelar rapat bersama Kementerian Agama (Kemenag) membahas tentang program dan anggaran tahun 2019 serta rencana anggaran tahun 2020.

Namun menurut Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto, isu-isu terkini juga akan dibahas dalam rapat salah satunya mengenai pernyataan menteri agama tentang cadar dan celana cingkrang.

“Dalam agenda deradikalisasi di Kementerian Agama seolah radikalisme itu segaris lurus dengan cadar dan celana cingkrang,” kata Yandri di ruang rapat Komisi VIII DPR, Kamis (07/11).

Menurutnya, pernyataan menteri agama itu akan menyakiti hati orang-orang yang sejak lama menggunakan cadar dan celana cingkrang tapi setia pada NKRI. Dia mengingatkan menteri agama harus hati-hati, jangan sampai orang-orang baik tersinggung.

Yandri juga menegaskan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah menyatakan terorisme bukan bagian dari agama tertentu.

Sementara, Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan akan menjelaskan secara rinci mengenai pernyataan pengaturan cadar dan celana cingkrang.

“Saya rasa saya senang bapak mengangkatnya (isu cadar dan celana cingkrang) dan ini saya gunakan klarifikasi,” ujarnya.

Namun, menteri agama belum memberikan klarifikasi secara detail tentang isu cadar dan celana cingkrang. Karena rapat program dan anggaran tahun 2019 serta rencana anggaran tahun 2020 masih berlangsung.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily mengaku akan mempertanyakan perihal polemik pelarangan cadar yang diungkapkan oleh menteri agama. Menurutnya, tentang penggunaan cadar dan celana cingkrang di kalangan aparatur sipil negara sebenarnya sudah ada aturannya di masing-masing institusi. “Jadi kalau ada melanggar ya tegakkan saja aturannya,” kata Ace di Gedung DPR RI, Kamis (07/11).

Menurut Ace, sebagai menteri agama semestinya Fachrul lebih mengedepankan pandangan yang positif terkait perbedaan pandangan terhadap masalah keyakinan beragama. “Tetapi kalau membuat kesimpulan di masyarakat bahwa penggunaan cadar dan (celana) cingkrang itu merefleksikan sikap radikalisme itu tidak benar,” ujarnya.

Baca Juga: Respon Kemenag Tala, Jika Larangan Cadar dan Cingkrang Diterapkan

Baca Juga: Larangan Celana Cingkrang dan Cadar, Sekda Kotabaru: Pakaian ASN Sudah Diatur

Sumber: Republika.co.id
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Lelang Jalan Tol

Nasional

Pemerintah Tunda Lelang Jalan Tol Jembatan Balikpapan-Ibu Kota Negara
apahabar.com

Nasional

Selama Pandemi, Pengusaha Batik Optimalkan Penjualan Daring
apahabar.com

Nasional

Alasan Pengadilan Larang Sidang Ratna Sarumpaet Disiarkan Live

Nasional

Prabowo Jadi Menhan, The Guardian: Dark Day for Human Rights
apahabar.com

Nasional

Panji Petualang Klarifikasi Sejumlah Mitos Tentang Ular
apahabar.com

Nasional

Jokowi-Amin Raup 74 Persen Suara dii TPS Mbah Moen
apahabar.com

Nasional

Siap Redam China, TNI Kirim Empat F-16 ke Natuna
apahabar.com

Nasional

Banyak Hoaks yang Membuat Papua Memanas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com