Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru

Tak Punya E-KTP, Pelamar CPNS Bisa Gunakan Suket?

- Apahabar.com Jumat, 15 November 2019 - 13:50 WIB

Tak Punya E-KTP, Pelamar CPNS Bisa Gunakan Suket?

Pendaftaran seleksi CPNS 2019 resmi dibuka. Masyarakat masih saja mempertanyakan ihwal mekanisme pendaftaran melalui portal Lapor Badan Kepegawaian Negara (BKN), salah satunya apakah boleh menggunakan Suket sebagai pengganti E-KTP.  Foto: ilustrasi-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka, baik di tingkat pusat maupun daerah seperti Banjarmasin.

Pantauan apahabar.com, masyarakat masih saja mempertanyakan ihwal mekanisme pendaftaran melalui portal Lapor Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kebingungan paling dominan mengenai penggunaan Surat Keterangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan (Suket) KTP sementara.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banjarmasin, Khairul Saleh mengatakan calon pelamar yang belum memiliki KTP asli diizinkan memakai Suket.

Kebijakan itu sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tanggal 26 Maret 2019.

“Kita infokan kepada masyarakat suket ini memiliki kekuatan hukum yang sama dengan E-KTP, jadi pelamar CPNS memang dibolehkan gunakan itu sebagai pengganti,” ujarnya ditemui diruangan kerjanya, Jumat 15/11).

Menurutnya, keputusan itu untuk menyikapi masih banyak penduduk yang sudah melakukan perekaman namun belum memperoleh KTP.

Lantaran minimnya ketersedian blanko di Disdukcapil Banjarmasin, keluarlah kebijakan pelamar bisa pakai suket dalam mendaftar CPNS.

Suket dan KTP sebetulnya sama. Masing masing dilengkapi barcode dan biodata hanya yang membedakan bentuk fisiknya saja.

Disdukcapil juga bukan satu satunya yang bisa menerbitkan Suket. Kantor kecamatan pun berhak melayani warganya.

“Ini langsung pernyataan dari KemenPAN-RB demi kelancaran para pendaftar CPNS,” ungkapnya lagi.

Disdukcapil juga mengantisipasi permasalahan data kependudukan SSCASN tahun 2019. Meski dari pantauannya, Khairul pada minggu pertama seleksi CPNS belum memasuki status siaga.

Tapi, ia memperkirakan saat minggu kedua menjelang penutupan pendaftaran CPNS tanggal 25 November akan banyak warga yang mengurus administrasi kependudukan.

Itu menjadi salah satu syarat sebagai peserta seleksi penerimaan CPNS 2019. Karenanya Disdukcapil diwajibkan bekerja lebih keras lagi untuk melayani warga Banjarmasin.

Metode yang digunakan yakni memberikan wewenang kepada empat Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Seksi (Kasi) turut serta meambil kebijakan. Waktu operasional Disdukcapil adalah pukul 08.00-16.00.

Bahkan waktu weekend seperti Sabtu dan Minggu juga akan digunakannya untuk tetap memberikan pelayanan prima.

“Kita atur jangan sampai mereka terlambat berurusan, jadi tanpa keluhan masyarakat kita sanggup melayani kapanpun,” tegasnya.

Baca Juga: Pelamar CPNS di Banjarmasin Diimbau Hati Hati, Jika Tak Ingin Denda 100 Juta

Baca Juga: Aturan Passing Grade CPNS 2019 Dikaji

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sambut HUT RI ke 74, Cafe Plajau Food Court Gelar Lomba Mewarnai
apahabar.com

Kalsel

Arus Lalu Lintas Banjarmasin-Hulu Sungai Padat Merayap
apahabar.com

Kalsel

Aklamasi, Hermansyah Jadi Ketua KONI Banjarmasin 2018-2022
apahabar.com

Kalsel

Gugah Kesadaran Warga Pakai Masker, Polsek Banjarbaru Barat Upayakan Segala Cara
apahabar.com

Kalsel

Sempat Geger, Polisi Pastikan Penyebab Pajero Sport Keluarkan Asap Hitam di Kertak Hanyar
apahabar.com

Kalsel

Fraksi PDIP dan Golkar Sepakat dengan Raperda Pengelolaan Kebun Raya Banua
apahabar.com

Kalsel

Langgar Perwali Banjarmasin Nomor 68 2020, Puluhan Warga Harus Tanggung Akibatnya
apahabar.com

Kalsel

Polda Kalsel Buat Video Tutorial Ujian SIM
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com