Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Terjunkan Ratusan Personel, Kapolres: Unjuk Rasa Depan DPRD Kalsel Aman

- Apahabar.com Kamis, 28 November 2019 - 15:44 WIB

Terjunkan Ratusan Personel, Kapolres: Unjuk Rasa Depan DPRD Kalsel Aman

Ratusan mahasiswa dan buruh memenuhi Jalan Lambung Mangkurat atau tepatnya depan Kantor DPRD Kalsel, Kamis (28/11) siang. Tampak Kapolres Banjarmasin Kombes Pol Sumarto melakukan pengawalan langsung terkait penyampaian aspirasi massa aksi. Foto-apahabar.com/Riyad

apahabar.com, BANJARMASIN – Pihak kepolisian menurunkan ratusan personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kalimantan Selatan, Kamis (28/11) siang.

“Kita turunkan sebanyak 250 personel,” ujar Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto di tengah kerumunan massa aksi.

Kata Sumarto, polisi selalu mengupayakan semaksimal mungkin, supaya masyarakat umum tidak merasa terganggu dengan adanya penyampaian aspirasi oleh buruh ataupun mahasiswa.

“Kita selalu berkoordinasi dengan massa aksi agar demo dapat berjalan dengan aman dan damai. Kita dari pihak kepolisian akan selalu menghargai dan memfasilitasi siapa saja yang ingin menyampaikan pendapatnya,” tuturnya.

Langkah tersebut, kata dia, akan selalu dilakukan oleh pihaknya agar menjaga Kota Banjarmasin selalu dalam situasi kondusif.

Dari pantuan apahabar.com, aksi penyampaian pendapat atau tuntutan terkait penolakan kenaikan iuran BPJS tersebut berjalan dengan aman, lancar dan damai.

Sebelumnya, ratusan mahasiswa berbagai kampus ikut memenuhi Jalan Lambung Mangkurat atau tepatnya depan Kantor DPRD Kalsel, Kamis siang.

Mereka mengatasnamakan diri Aliansi BEM se-Kalsel. Dengan mengenakan almamater masing-masing, seruan aksi adalah #BPJSMemanggil.

Mahasiswa awalnya berkumpul di depan halaman Masjid Raya Banjarmasin, Jalan Jenderal Sudirman, sebelum beranjak menuju kantor DPRD Kalsel.

Mereka membawa berbagai poster dan spanduk berisi tuntutan dan kecaman.

Ada enam tuntunan diusung mereka ke DPRD Kalsel. Salah satu koordinator aksi, Ghulam Reza menyoroti kenaikan iuran BPJS kesehatan yang tertuang pada Perpres nomor 75 tahun 2019.

Massa aksi meminta pemerintah meninjau kembali usulan peningkatan premi peserta BPJS kesehatan 100 persen sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan menjalankan amanat UUD 1945.

“Bahwa setiap warga negara harus diberikan perlindungan dan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Kemudian, menuntut pemerintah untuk mengelola sistem program jaminan kesehatan nasional secara baik dan berpihak kepada rakyat. Demikian sesuai dengan Bab II pasal 2 UU 36/2009 tentang sistem dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Selanjutnya, mendesak pemerintah untuk mencari jalan lain dengan menanggung defisit dana jaminan sosial (DJS) kesehatan. Dan juga menuntut pemerintah bersikap tegas dalam menghadirkan sistem dan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai sesuai yang tertuang dalam UU 36/2009.

“Kami juga menuntut pemerintah untuk lebih serius dalam meningkatkan taraf derajat kesehatan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif secara masif dan sistematis,” terangnya.

Adapun jalannya aksi berjalan dalam dengan pengawasan dari Polda Kalsel dan Polresta Banjarmasin. Sampai berita ini diturunkan demo masih berlangsung. Adapun aksi mahasiswa itu berbarengan dengan yang digelar oleh buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia.

Baca Juga: Demo DPRD Kalsel, Enam Sikap Mahasiswa ke Pemerintah

Baca Juga: Geruduk DPRD Kalsel, Massa Aksi Sebut Pemerintah Gagal Atasi BPJS

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Mulawarman Peduli, Uriansyah Dapat Kursi Roda
apahabar.com

Kalsel

Menarik Pariwisata, Kades Harus Berinovasi
apahabar.com

Kalsel

Swab Keluar, Giliran Kadisdik Banjar Terkonfirmasi Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Menuju Grand Final, Atak Diang Batola Dikarantina
apahabar.com

Kalsel

Dialog Hukum Jasa Konsultasi, Konsultan Sorot Kasus Jembatan Tanipah
apahabar.com

Kalsel

Pilgub Kalsel, Denny Indrayana Optimis ‘Tumbangkan’ Paman Birin
apahabar.com

Kalsel

Kasus HIV/Aids di Kalsel Meningkat
apahabar.com

Kalsel

Gubernur Apresiasi Penghargaan Adipura Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com