Polisi Soal Status Tersangka Dua Mahasiswa ULM Banjarmasin: Masih Proses Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal

UMP Baru, Perusahaan di Banjarbaru Wajib Bayar Tepat Waktu

- Apahabar.com Senin, 25 November 2019 - 13:47 WIB

UMP Baru, Perusahaan di Banjarbaru Wajib Bayar Tepat Waktu

Ilustrasi pekerja. Saat ini Pemkot Banjarbaru tengah fokus mensosialisasikan penerapan upah minimum kota yang baru. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Seiring kenaikan upah minimum provinsi atau UMP, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru mengimbau agar perusahaan membayar gaji karyawannya tepat waku.

Sesuai Surat Keputusan Gubernur Kalsel, tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Kalsel 2020, Dinas Koperasi, UKM dan Naker Kota Banjarbaru menggelar sosialisasi ke para pemilik perusahaan atau pengusaha di Banjarbaru, Senin (25/11).

“Pada kesempatan ini kita mengundang para perusahaan untuk mengetahui pengupahan tahun 2020. Perusahaan dan pengusaha diharapkan agar dapat melaksanakan ketentuan pengupahan tersebut,” ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Naker Kota Banjarbaru, Muhammad Rustam kepada apahabar.com.

Menurutnya, dengan sosialisasi ini diharapkan tidak ada alasan ketidaktahuan informasi oleh perusahaan dan pengusaha atas kenaikan UMP.

“Melaksanakan ketentuan pengupahan ini untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja dan menciptakan hubungan kerja yang harmonis,” ucapnya.

Selain itu, dengan menerapkan UMP baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja buruh atau karyawan.

“Di Banjarbaru ada sekitar 200 perusahaan, selama ini belum ada keluhan mengenai ketidaksesuaian UMP, jadi kita harap ke depannya juga tidak ada keluhan,” jelas Rustam.

apahabar.com

Sosialisasi Upah Minimum Provinsi (UMP) Kalsel 2020 di Aula Dinas Koperasi Banjarbaru, Senin pagi. Foto-apahabar.com/Fida

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Kota Banjarbaru, Fahruddin mengatakan permasalahan upah bagi pekerja merupakan permasalahan nasional.

“Oleh sebab itu kami mensosialisasikan kenaikan UMP Kota Banjarbaru hari ini. Untuk melindungi semua pihak, baik pekerja maupun perusahaan,” ungkapnya.

Adapun besaran kenaikan UMK Kota Banjarbaru 2020 telah ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Kalsel. Di mana kenaikannya 8,51 persen menjadi Rp 2.887.488.

“Konsep kehidupan layak bagi para pekerja, menjadi salah satu pertimbangan dalam menaikkan UMP termasuk di Kota Banjarbaru,” terangnya.

Dirinya berharap kenaikan UMP ini bisa berdampak positif dan bisa dilaksanakan dengan baik oleh perusahaan.

“Agar pekerja bisa lebih baik lagi dari segi ekonomi, sehingga bisa menguntungkan perusahaan yang menjalankannya. Apalagi nanti Kalsel menjadi daerah penyangga Ibu kota,” pungkasnya.

Baca Juga: May Day; Buruh Desak Gubernur Naikkan Upah 4 Persen dari UMK

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Lokasi Strategis, Warung Gratis Disbunnak Kalsel Laris Manis Diserbu Jemaah Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Misi Kemanusiaan, Bripka Agus Setiawan Dikirim ke RS Wisma Atlet Jakarta
apahabar.com

Kalsel

Belum Rapid Test, Pedagang Dilarang Masuk Pasar Marabahan

Kalsel

Berkas Tak Lengkap, 138 Pelamar CPNS Banjarmasin Gugur
apahabar.com

Kalsel

Pagi Hari, di Kalsel BMKG Prakirakan Cuaca Bebas Hujan
apahabar.com

Kalsel

Panwaslu se Tabalong Serentak Surati PPK
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 26 Oktober: Bertambah 2 Kasus Positif
apahabar.com

Kalsel

Berkaca Kasus Lihan, Dewan Secepatnya Panggil OJK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com