Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri Kementerian Investasi Kantongi 700 Pengaduan Keberatan IUP yang Dicabut   Jawa Barat dan Sumatera Selatan Kurangi Impor Melalui Barter Komoditas UMKM
agustus

30 Proyek Strategi Nasional Rampung Digarap 2019

- Apahabar.com     Sabtu, 28 Desember 2019 - 06:15 WITA

30 Proyek Strategi Nasional Rampung Digarap 2019

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Pembangunan bandara ini termasuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Foto- Yusuf Assidiq

apahabar.com, JAKARTA – Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan 30 proyek strategis nasional (PSN) selesai dibangun pada 2019. Total nilai investasi proyek tersebut mencapai Rp 165,3 triliun.

“Proyek semua sudah selesai, kami harap dalam waktu dekat proyek ini bisa memberi manfaat masing-masing termasuk di daerah,” kata Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo dalam pemaparan capaian PSN di Jakarta.

Ia merinci 30 PSN tersebut empat bandara, empat bendungan, sembilan jalan, enam kawasan ekonomi khusus dan industri, dua kereta, satu pelabuhan , dua smelter, dua dan teknologi, yang tersebar di sejumlah daerah Indonesia. “Untuk tol dan bendungan ini agak berbeda. Jika tol selesai bisa dipakai, bendungan proses untuk impounding sudah dimulai, artinya secara fisik sudah berfungsi,” imbuhnya.

Wahyu yang juga deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian itu menambahkan secara kumulatif dari 2016 hingga Desember 2019 ada sebanyak 92 PSN yang rampung. Total nilai investasi PSN sejak tahun 2016 hingga Desember 2019 itu, lanjut dia, mencapai Rp 467,4 triliun.

KPPIP juga mencatat hingga 2019 sebanyak 88 persen proyek telah melewati tahap penyiapan, yakni transaksi, konstruksi, hingga beroperasi dari total 223 proyek dan tiga program. Tiga program itu yakni kelistrikan, industri pesawat terbang, dan pemerataan ekonomi.

Pihaknya menargetkan hingga akhir 2020, sebanyak 95 persen proyek sudah selesai dibangun dan hanya lima persen yang masih dalam tahap penyiapan. Berdasarkan Perpres Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 58 Tahun 2017, sebanyak 223 PSN itu yakni proyek tol, jalan nasional, dan sarana serta prasarana kereta api antarkota dan dalam kota.

Selain itu, juga proyek revitalisasi bandara, pengembangan bandara, pembangunan bandara baru, program satu juta rumah, pembangunan kilang minyak, energi sampah, dan proyek pipa gas/terminal elpiji. Kemudian, ada juga PSN air minum, bendungan/jaringan irigasi, tanggul penahan banjir, kawasan ekonomi khusus/kawasan industri prioritas, pariwisata, smelter, perikanan dan kelautan, serta infrastruktur pendidikan.

Total estimasi pembiayaan seluruh PSN dari 2016 hingga setelah 2020 mencapai Rp4.183 triliun.

Baca Juga: Tenang, Stok Beras Kalsel Masih Aman sampai Tahun Depan

Baca Juga: Jelang Ganti Tahun, Harga Bapok Naik Turun di Banjarmasin

Sumber: Republika
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

BPH Migas Tambah Kuota Solar Subsidi Kaltara

Tak Berkategori

Vertigo, Kenali Penyebab dan 4 Gerakan Ampuh Mengatasinya
apahabar.com

Tak Berkategori

Sabet Juara 1 Lomba Masak, PKK HSS Wakili Kalsel di Tingkat Nasional
apahabar.com

Tak Berkategori

ICW Protes Niat Yasonna Bebaskan Napi Korupsi

Tak Berkategori

Sah! UMK Balikpapan Cuma Naik Rp 49 Ribu
apahabar.com

Tak Berkategori

Edy Ariansyah Diganti, Samahuddin pun Kaget
Banjarmasin

Tak Berkategori

Blakblakan Ayah Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin

Tak Berkategori

Pembukaan Pasar Hari Ini: Rupiah Masih Stagnan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com