Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

5 Tahun Lagi Ibnu Sina Optimistis Festival Jukung Jadi Kejuaraan Dunia

- Apahabar.com Sabtu, 7 Desember 2019 - 13:39 WIB

5 Tahun Lagi Ibnu Sina Optimistis Festival Jukung Jadi Kejuaraan Dunia

International Traditional Boat Racing & River Culture Festival di Siring Menara Pandang Banjarmasin. Foto- apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Untuk kesekian kalinya Banjarmasin menggelar Festival Jukung.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang semakin serius mengangkat potensi wisata sungai membuka secara resmi International Traditional Boat Racing & River Culture Festival di Siring Menara Pandang Banjarmasin, Sabtu (7/12) pagi tadi.

“Hari ini kita melaksanakan lomba festival jukung dan tahun ini yang kedua. Kita naikkan statusnya menjadi international racing board dan dragon boat kita hadirkan juga tahun ini,” ungkap Ibnu usai membuka resmi festival.

Dia berharap, festival ini akan menjadi agenda tahunan yang akan semakin besar setiap tahunnya. Bahkan, dengan optimistis, Ibnu yakin 5 tahun ke depan festival Jukung akan menjadi kejuaraan dunia.

“Mudah-mudahan ini diikuti oleh para atlit di luar Kalimantan Selatan,” harapnya.

Tak hanya diikuti ratusan atlet yang bersiap mendayung jukung di Sungai Martapura, festival ini juga berhasil memanjakan ratusan mata masyarakat dan tamu undangan yang hadir.

“Ada komunitas sungai dari Nusantara, para tamu luar juga. Mereka ini sebagian atlet dan pemain water sport. Kita berharap tahun depan lebih besar untuk skala asia dan asia pasifik,” tutur orang nomor satu di kota Baiman ini.

Selain festival jukung, gelaran ini juga kolaborasi 4 event besar lainnya. Mulai dari Kongres Bahasa Banjar, Festival kuliner banjar, Festival budaya banjar hingga rangkaian jalan sehat.

“Akhir tahun di Banjarmasin, kita desain kolaborasi beberapa event sehingga dari event yang kecil-kecil itu menjadi event yang besar,” sebutnya.

Para tamu, baik wisatawan lokal hingga mancanegara akan mendapatkan berbagai macam suguhan. Salah satunya kata Ibnu adalah wisata sungai yang menjadi andalannya selama ini.

“Mudah-mudahan ke depan terus berkembang dan Banjarmasin bisa menjadi referensi untuk destinasi wisata berbasis sungai,” paparnya

Sebagai pemimpin daerah, dirinya juga mengajak beberapa kabupaten yang memiliki budaya sungai serta dialiri oleh Sungai Martapura dan Barito. Untuk bersama-sama mengangkat budaya sungai sebagai warisan budaya dunia dan Indonesia.

apahabar.com

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina foto bareng peserta dari luar negeri. Foto- apahabar.com/Musnita Sari

Baca Juga: Meriahkan Harganas, Ada Festival Jukung Tanglong dan Pasar Terapung

Baca Juga: Mulai Jawa hingga Cina, Meriahkan Festival Jukung Banjarmasin

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kades di Kalsel Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak
apahabar.com

Kalsel

Sepekan, Puluhan Pengendara Terjaring di Banjarmasin Timur
Rapid Test Antigen

Kalsel

Rapid Test Antigen di Banjarmasin, Berikut Lokasi dan Sasarannya
apahabar.com

Kalsel

Siap-siap, Uniska Segera Buka Jurusan S1 Farmasi
apahabar.com

Kalsel

Empat Sahabat Kepergok Nyabu di Sungai Miai, Satu Marketing Media
Jembatan Gorong-gorong

Kalsel

Jembatan Gorong-gorong Jalan Raya Batakan Tala Terancam Ambruk
Banjir

Kalsel

Puluhan Ribu Warga Terdampak Banjir, Bupati Banjar Tetapkan Tanggap Darurat
apahabar.com

Kalsel

Hilal di Banjarmasin Terhalang Awan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com