Asrama di Kayu Tangi Jadi Lokasi Karantina, Warga Ungkap Biang Penolakan Puluhan Warga Tolak Kawasan Kayu Tangi Jadi Lokasi Karantina Warga Tapin Positif Covid-19 Termasuk Klaster Gowa, Pelacakan Dimulai Update Corona di Batola: ODP Naik, Barambai Terbanyak Bantu Pemerintah, Ketum Hipmi Rela Hotelnya Jadi Tempat Isolasi




Home Kalsel

Rabu, 18 Desember 2019 - 12:37 WIB

Bandara Internasional Syamsudin Noor Pukau Jokowi!

rzky p - Apahabar.com

Presiden Jokowi menjabat tangan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, tanda disahkannya bandara internasional Syamsudin Noor yang berlokasi di Banjarbaru, Rabu siang. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

Presiden Jokowi menjabat tangan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, tanda disahkannya bandara internasional Syamsudin Noor yang berlokasi di Banjarbaru, Rabu siang. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, BANJARBARU – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya meresmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor, Rabu (18/12) siang, sekitar 12.45 Wita.

Jokowi terpukau dengan peningkatan fasilitas yang ada. Karenanya, sebaris pantun spesial dibacakan oleh sang presiden.

“Dengan mengucap bismillah, siang hari ini saya resmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kalsel,” ujar Jokowi.

Pantauan apahabar.com, Jokowi langsung menjabat erat tangan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

“Saya sangat kaget pas masuk di bandara baru ini dulu di sana (menunjuk ke terminal lama), sekarang di sini emang bagus dan gede banget,” ujar eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Dikatakannya, Bandara Internasional Syamsudin Noor sekarang memang patut dibanggakan.

“Terminal yang lama 9 ribu meter persegi sekarang 77 ribu meter persegi, berapa kali lipat itu, 8 kali lipat dari yang lama, kemudian kapasitasnya dulu 1,3 juta per tahun sekarang 7 juta penumpang per tahun, loncatannya sagat tinggi,” ucapnya.

Dengan perluasan bandara baru yang berkali lipat ini, Jokowi meminta agar PT Angkasa Pura berhati hati dengan lonjakan penumpang.

Baca juga :  Banyak Kursi Kosong di Rapat Paripurna DPRD Kalsel, Ada Apa?

“Hati-hati, karena tadi saya cek pertumbuhan pergerakan penerbangan itu 10 persen lebih, pertumbuhan penumpang 7 persen lebih, mungkin gak sampai 10 tahun itu nanti bisa dibesarin lagi,” candanya.

Pertumbuhan persentase yang begitu signifikan membuatnya heran ada apa dengan Kalsel.

“Saya tidak tahu di Kalsel ini ada apa? pertumbuhannya cepat sekali. Yang jelas saya tau di sini ada Intan, desainnya juga Intan,” terangnya.

Kemudian Jokowi juga mengingatkan untuk pemerintah provinsi agar fokus pada tujuan utama dari bandara internasional perdana di Kalsel itu.

“Boleh bangga tapi yang paling penting tindak lanjut dari ini untuk menimbulkan manfaat kepada masyarakat “Oh saya lebih baik, oh saya lebih sejahtera”. Nanti ini tugas pak gubernur sambungkan ke masyarakat efek bandara ini,” ujar Jokowi.

Sebagai penutup, Jokowi membacakan sebaris pantun: “Pergi ke danau mendayung sampan. Sampan melaju terpercik air. Bandara baru Kalsel, semoga rakyatnya rejeki deras mengalir,” ujarnya mengakhiri.

Baca juga :  Pasar Banjarmasin Di-lockdown Gegara Covid-19, Cek Faktanya

Sebagai informasi, terminal baru Bandara Syamsudin Noor memiliki luas 77.569 meter persegi atau 8 kali lebih luas dibandingkan terminal lama yang hanya memiliki luas 9.043 meter persegi. Terminal baru berkapasitas 5 kali lebih besar dibandingkan terminal lama.

Terminal baru juga ditunjang dengan 42 unit konter check-in, 3 conveyor belt, dan ruang tunggu seluas 5.185 meter persegi. Tersedia pula, lahan parkir seluas 34.360 meter persegi untuk kendaraan roda empat dan 2.420 meter persegi untuk kendaraan roda dua.

Selain itu, dibangun pula terminal kargo baru berkapasitas 44.000 ton per tahun dari 22.297 ton per tahun yang ada saat ini.

Sedangkan apron bertambah menjadi 129.812 meter persegi dan mampu menampung 16 pesawat narrow body dari yang sebelumnya hanya 80.412 meter persegi dan hanya dapat menampung 8 pesawat narrow body.

Baca Juga: Jokowi Datang, Bandara Syamsudin Noor Diharap Segera Beroperasi

Baca Juga: Kedatangan Jokowi ke Banjarmasin Tak Ganggu Aktivitas Bandara Syamsudin Noor

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Disemprot Disinfektan, Masjid Sabilal Muhtadin Siap untuk Salat Jumat
apahabar.com

Kalsel

Tiga Lembaga Hukum Balangan Sepakat Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi
apahabar.com

Kalsel

Pelaku Pencabulan di Tapin Disergap Gara-Gara WA
apahabar.com

Kalsel

Terbebas dari Hutang dan Riba Beralih ke Usaha Syariah
apahabar.com

Kalsel

Tim Pemandu Haji Mesti Melayani, Bukan Dilayani
apahabar.com

Kalsel

Soal Revitalisasi Pasar, Pemkot Minta Bantu Dewan
apahabar.com

Kalsel

Jadi Langganan Karhutla, Warga Manarap Bersyukur Turun Hujan
apahabar.com

Kalsel

Ditinggal Saksikan Liga RT, Sebuah Rumah di Tala Ludes Terbakar