ga('send', 'pageview');
Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia Sebelum Wafat, Kondisi Wali Kota Banjarbaru Naik Turun Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan




Home Kaltim

Jumat, 6 Desember 2019 - 06:00 WIB

Bupati AGM: Jembatan Tol Teluk Balikpapan-PPU Wajib dan Harus Dibangun

Redaksi - apahabar.com

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Masud (dua dari kanan)ketika menerima kunjungan kerja spesifik Komisi VI DPR RI, dalam rangka peninjauan Ibukota baru, di Greend Tjokro Balikpapan, Kamis (05/12). Foto-Humas PPU for apahabar.com

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Masud (dua dari kanan)ketika menerima kunjungan kerja spesifik Komisi VI DPR RI, dalam rangka peninjauan Ibukota baru, di Greend Tjokro Balikpapan, Kamis (05/12). Foto-Humas PPU for apahabar.com

apahabar.com, PENAJAM – Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Masud (AGM), menegaskan bahwa rencana pembangunan Jembatan Tol Teluk Balikpapan-PPU wajib dan harus terus berlanjut.

Apalagi saat ini tahapan pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia ini telah masuk ke tahap lelang.

“Jembatan ini sangat strategis dan akan menjadi Ikon nasional sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, “ kata AGM di sela-sela kegiatan kunjungan kerja spesifik Komisi VI DPR RI dalam rangka peninjauan Ibukota baru, di Greend Tjokro Balikpapan, Kamis (05/12).

AGM menjelaskan, rencana pembangunan jembatan tol tersebut juga telah sesuai dengan Nawacita dari pemerintah yaitu dalam rangka menghubungkan antara wilayah desa ke kota.

“Selain itu pembangunan jembatan ini juga telah diputuskan oleh Gubernur Kalimantan Timur dan Kementerian Perhubungan sehingga jika rencana ini harus dipotong-potong rasanya sangat disayangkan dan tidak mungkin,” ujar AGM.

Kemudian jembatan tersebut juga memiliki ketinggian 50-60 meter, sementara kapal yang melintas selama ini paling tinggi hanya memiliki ketinggian 30- 38 meter sehingga masalah ketinggian sudah tidak ada persoalan. Selain itu, Kota Balikpapan yang paling diuntungkan dengan pembangunan jembatan ini.

“Bapak bisa cek penerbangan di Balikpapan ketika Bandara Adisucipto Samarinda dibuka maka terlihat sepi. Karena sesungguhnya memang Bandara Sepinggan di Balikpapan sebagian besar merupakan kontribusi dari pengguna jasa penerbangan yang merupakan masyarakat PPU dan sekitarnya,“ ungkapnya.

Jembatan Tol Teluk Balikpapan-PPU tersebut, lanjut AGM, memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat bukan hanya PPU tetapi seluruh masyarakat Kalimantan. Karena PPU memang merupakan pintu gerbangnya Kalimantan.

Dikatakannya selama ini masyarakat harus dihadapkan dengan kondisi yang sangat sulit ketika akan menuju Balikpapan dan sekitarnya, terlebih ketika dalam keadaan urgen karena harus menempuh perjalanan panjang dan sulit.

 “Selama ini berapa banyak pasien baik dari PPU maupun Paser bahkan 60-70 persen meninggal dunia di perjalanan karena lambatnya fasilitas penyeberangan yang ada antara kedua wilayah ini. Jembatan Tol Teluk Balikpapan-PPU memang adalah solusi satu-satunya,” tegasnya.

Dihadapan Komisi VI dan beberapa kementerian terkait, AGM juga berharap ada alokasi anggaran khusus dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten PPU yang merupakan wilayah calon Ibukota Negara (IKN), karena direncanakan pada 2024 mendatang IKN telah di pindah ke PPU.

“Tujuan alokasi khusus ini salah satunya, tentunya agar pembangunan insfrastruktur di Kabupaten PPU, khususnya infrastruktur jalan dapat dibangun dengan cepat sebagai kabupaten yang merupakan wilayah IKN ini. Intinya kami atas nama Pemerintah Kabupaten PPU sangat mengapresiasi sekali atas dipilihnya Kabupaten PPU sebagai wilayah IKN ini,” tutupnya.

Baca Juga: Bupati Penajam: Jangan Ada Lagi Masyarakat Ditolak BPJS

Baca Juga: BPJS Naik, Pemerintah PPU Tetap Gratiskan untuk Masyarakat

Reporter: Ahc19

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Pantai Paling Disukai di Penajam, Polisi Tingkatkan Pengawasan
apahabar.com

Kaltim

Kecamatan Rantau Pulung di Kutim Terbebas dari Buang Air Sembarangan
apahabar.com

Kaltim

Peduli Penghijauan, Polres PPU Tanam 5.000 Pohon
apahabar.com

Kaltim

Pemilu Serentak 2019, Gubernur: Kaltim Masuk Zona Hijau
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Menuju Lumbung Sapi Nasional
apahabar.com

Kaltim

Ajak Semua Elemen Selesaikan Banjir Samarinda
apahabar.com

Kaltim

Kampanye Cegah Stunting di Penajam Melalui Festival Seafood
apahabar.com

Kaltim

Ketika Wagub Hadi Mengenang Sosok Ustaz Arifin Ilham
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com