Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

“Cangkal Bausaha, Rakyat Sejahtera” Dinilai Sejalan dengan Kondisi di Tala

- Apahabar.com     Kamis, 5 Desember 2019 - 18:46 WITA

“Cangkal Bausaha, Rakyat Sejahtera” Dinilai Sejalan dengan Kondisi di Tala

Bupati Sukamta bersama Wakilnya Abdi Rahman saat menyambut Kedatangan Sekda Provinsi Kalsel, Abdul Haris Makkie, dalam acara puncak peringatan Hari Jadi Tala. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Masyarakat Kabupaten Tanah Laut memperingati hari jadinya ke-54. Tema yang diusung pada peringatan hari jadi adalah “Cangkal Bausaha, Rakyat Sejahtera”.

Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta, menilai tema tersebut sejalan dengan kondisi daerahnya hari ini. Dalam bahasa Banjar “Cangkal” berarti tekun, gigih, dan terus berusaha meraih sesuatu yang diinginkan.

“Hanya dengan kegigihan dan ketekunan, kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud,” kata Sukamta, dalam pidatonya pada acara puncak Hari Jadi Kabupaten Tala ke-54 di Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Kamis (12/15).

Tema itu juga dinilai sejalan dengan upaya pembangunan yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah. Tak hanya pada sektor pertanian, pendidikan, dan kesehatan, tetapi juga di sektor ekonomi.

Saat ini, Pemkab Tala terus mendukung kemajuan ekonomi daerah dengan harapan para pelaku usaha dapat memberikan dampak yang besar kepada masyarakat pada sektor ekonomi.

Secara spesifik, peningkatan yang dimaksud adalah meningkatnya pendapatan masyarakat dan lapangan pekerjaan terbuka lebar.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tala diisi dengan sejumlah kegiatan lainnya.

Bupati menandatangani sejumlah prasasti, di antaranya prasasti Gedung RSUD Hadji Boedjasin, Gedung RSUD KH. Mansyur Kecamatan Kintap, Kantor UPTD Puskesmas Kurau, prasasti Pasar Rakyat Bentok Darat Kecamatan Bati – Bati, prasasti Pasar Rakyat Kait – Kait Kecamatan Tambang Ulang dan prasasti Gedung Ruang Kelas UPTD SDN Bumi Harapan Kecamatan Bumi Makmur.

Kemudian juga ada penandatanganan nota kesepahaman antara pusat investasi pemerintah dengan Pemkab Tala dalam rangka kerjasama pengembangan usaha mikro melalui pembiayaan ultra mikro yang ditandatangani oleh Bupati Tala H. Sukamta dengan Direktur Utama Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah.

Orang nomor satu di Tala juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada sejumlah kelompok masyarakat seperti petani berprestasi, pemenang lomba kelompok tani ternak komoditas ternak sapi potong tingkat Kabupaten Tala, penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba koperasi berprestasi dan lomba koperasi rapat anggota tahunan tepat waktu.

Di samping itu, juga ada penyerahan penghargaan pajak daerah tahun 2019 yang diberikan kepada PT. Jasa Boga Indonesia sebagai pembayar pajak daerah terbesar tahun 2019 atas kepatuhannya membayar pajak restoran.

Koperasi Peran serta Masyarakat “Subur Mandiri” sebagai pembayar pajak daerah terbesar tahun 2019 juga mendapat penghargaan atas kepatuhannya membayar pajak daerah Bea Perolehan Hak Atas tanah dan bangunan/ BPHTB 2019.

Pada saat yang sama, Desa Sebamban Baru mendapat penghargaan sebagai desa dengan jumlah wajib pajak dari realisasi pembayaram PBB terbanyak se-Kabupaten Tala.

Terakhir, penyerahan berita acara serah terima hibah tanah dan bangunan SDN Kayu Abang 2 kepada Yayasan Ahlul Kisa Kecamatan Batu Ampar yang akan menggunakan tanah dan bangunan sekolah tersebut sebagai sarana belajar dan mengajar Ponpes Diniyyah cabang Ponpes Ahlul Kisa.

Baca Juga: Ribuan Warga Hadiri Puncak HUT ke-54 Kabupaten Tanah Laut

Baca Juga: HUT ke-54, Tanah Laut Menatap Lumbung Padi dan Sapi Kalsel

Baca Juga: HUT ke-54 Kabupaten Tanah Laut, ‘Cangkal Beusaha Rakyat Sejahtera’

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Lipsus HUT Tanah Laut

Ribuan Warga Hadiri Puncak HUT ke-54 Kabupaten Tanah Laut
apahabar.com

Lipsus HUT Tanah Laut

HUT ke-54 Kabupaten Tanah Laut, ‘Cangkal Beusaha Rakyat Sejahtera’
apahabar.com

Lipsus HUT Tanah Laut

HUT ke-54, Tanah Laut Menatap Lumbung Padi dan Sapi Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com