apahabar.com
Terdampak kemarau panjang salah satu destinasi wisata di Kelumpang Barat Kotabaru kering. Foto- apahabar.com/Ahc20

apahabar.com, KOTABARU – Kemarau panjang tahun ini tidak hanya berdampak bagi masyarakat Kotabarudengan krisis air bersih lantaran sejumlah waduk andalan di daerah ini lumpuh.

Kemarau juga mengakibatkan salah satu destinasi wisata bernama Telaga Biru Cinta Kasih, atau akrab dikenal masyarakat Desa Siayuh, Kecamatan Kelumpang Barat dengan nama Danau Biru mengalami kekeringan.

Padahal, sebelum kemarau panjang melanda danau itu tampak asri. Setiap hari libur, dan hari besar wisata ini selalu ramai pengunjung menikmati pemandangan indah di dasar airnya.

Pemandangan ragam ikan air tawar juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung, untuk menikmati keindahan destinasi yang telah diresmikan Bupati Kotabaru, SayedJafar 26 Oktober 2017 silam.

Namun sayang, kemolekan danau itu kini berubah drastis akibat terdampak kemarau tahun ini. Air tawarnya yang semula terlihat bening berwarna biru kini menjadi kering. Pemandangan indahnya juga berubah dengan tumbuhan rerumputan hijau.

Arif Wahono, Kades Siayuh tidak menepik keringnya destinasi wisata di desanya tersebut lantaran terdampak kemarau panjang.

“Semoga kemarau tahun ini segera berakhir. Jadi, keindahan wisata kami bisa kembali seperti semula, dan ramai lagi oleh pengunjung,” harap Arif menutup.

Baca Juga: Kemarau Panjang, TNI AL Kotabaru Terus Bagikan Air Bersih

Baca Juga: Atasi Krisis Air Bersih Saat Kemarau, PDAM Intan Banjar Bentuk Tim Khusus

Reporter: Ahc20
Editor: Syarif