apahabar.com
Sahabat Balangan Centre (SBC) siap melakukan gerakan sosial sumber dana bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Sahabat Balangan Centre (SBC) merupakan organisasi penggiat sosial dan kemanusiaan yang aktif di Kabupaten Balangan. Kementerian Sosial (Kemensos) RI memandang positif organisasi ini.

Untuk menggerakkan organisasi ini, Kemensos RI mengucurkan dana Rp 110 juta lebih melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Tahun 2019 untuk Kabupaten Balangan.

Ketua SBC Dewi Purwanti mengatakan, total bantuan yang diterima sebesar Rp110.950.000. Bantuan itu tentunya juga akan disalurkan buat 210 lanjut usia (lansis) yang selama ini menerima sembako rutin bulanan maupun bantuan bangun dan bedah rumah oleh Tim SBC.

“Bantuan kita terima di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (29/11). Alhamdulillah semoga kami tetap amanah, dan tentunya bantuan ini dapat kami salurkan sepenuhnya tanpa potongan sedikitpun dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk mereka yang benar-benar membutuhkan,” tuturnya.

Meskipun begitu, lanjutnya, SBC tetap berharap pada bantuan juga datang dari masyarakat. Sebagai makhluk sosial, sudah semestinya sesama manusia dapat saling bantu, baik dengan bergotong royong atau membantu sesama.

“Karena yang dibantu SBC selama ini bukan hanya sembako dan bedah atau bangun rumah, serta bukan hanya para lansia atau dhuafa. Kami juga menyaluran bantuan untuk anak yatim piatu, warga sakit yang tidak mampu, beasiswa pelajar yang tidak mampu, kebutuhan donor darah. Bahkan kini SBC juga membuka donasi untuk bantuan kemanusiaan untuk warga di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru yang terkena musibah kebakaran,” tuturnya.

Memang, lanjutnya, SBC saat ini kurang update dalam hal bantuan. Itu karena banyak oknum yang memanfaatkan situasi serta foto-foto warga yang patut dibantu baik untuk popularitas, kepentingan dan bahkan mungkin saja keuntungan, baik pribadi, maupun kelompok.

“Hal ini, yang membuat tim SBC lebih bergerak kepada kerja nyata dibandingkan ekspose di media-media, namun kegiatan tidak pernah berhenti, terutama bantuan sembako bulanan, beasiswa, kebutuhan pelajar, donor darah, serta bantuan warga yang sakit baik di Balangan maupun di rumah sakit rujukan,”pungkasnya

Baca Juga: Cara Baru Kegiatan Belajar di SMKPPN Paringin, Orangtua Berbaur di Kelas

Baca JugaAnsharuddin Tinjau Perbaikan Pasar S Lewan Paringin

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Syarif