Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

Dewan Dukung Penambahan Petugas Haji  

- Apahabar.com Selasa, 17 Desember 2019 - 05:45 WIB

Dewan Dukung Penambahan Petugas Haji   

Petugas haji saat melayani jamaah. Foto-Menara62

apahabar.com, JAKARTA – Musim haji 1441 Hijriah atau 2020 akan ada penambahan petugas haji. Komisi VIII DPR mendukung usulan penambahan petugas haji.

Hal ini ketahui saat Komisi VIII menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Perhubungan, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

“Penambahan kuota petugas haji dari Ditjen Perhubungan Darat menjadi tujuh orang untuk meningkatkan pengawasan bidang transportasi darat mencakup transportasi antar-kota, shalawat, dan masyair di Arab Saudi,” ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.

Ace juga mendukung penempatan petugas imigrasi Indonesia di Arab Saudi dan/atau petugas imigrasi on board (di pesawat) untuk mempercepat proses keimigrasian pada saat kepulangan jamaah haji ke tanah air. Dengan demikian, jamaah tidak perlu lagi mengantre di imigrasi untuk pemeriksaan di bandara saat kembali ke Tanah Air.

“Kasihan mereka sudah sangat letih pastinya. Jamaah juga sudah sangat rindu dengan sanak keluarganya, jadi kami mendukung ini,” katanya.

Pihaknya juga mendukung penambahan kuota petugas haji untuk Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), petugas kesehatan haji, dan Tenaga Pendukung Kesehatan (TPK).

Alasannya, tim kesehatan sangat penting sepanjang penyelenggaraan haji. Apalagi selain yang dilayani ratusan ribu jamaah juga sangat beragam dari segi usia, bahkan tidak sedikit yang sudah lanjut usia.

“Banyaknya usia lanjut usia dalam rombongan haji Indonesia ini tentu berisiko bagi terjangkitnya banyak keluhan sakit,” ujar Ace.

Dengan penambahan ini, Komisi VIII DPR RI meminta Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan untuk koordinasi dan kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag).

Baca Juga: Terdapat 3.680 Korban, Polisi Ungkap Sindikat Mafia Perumahan Syariah

Baca Juga: 2.500 Personel Polri Disiapkan Tangani Bencana

Sumber: Ihram.co.id
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

TNI Kuasai Tiga Distrik di Nduga, Ruang Gerak Separatis Kian Sempit
apahabar.com

Nasional

1.048 Peserta Mendaftar Ikut Pawai Tolak Plastik
apahabar.com

Nasional

Lagi, Anggota KPPS Meninggal Dunia Akibat Kelelahan

Nasional

Polri Tetapkan 8 Tersangka Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung di Jakarta
apahabar.com

Nasional

Erick Thohir: Setelah Vaksin Covid-19 Ditemukan, Imunisasi Massal Awal 2021
apahabar.com

Nasional

Mensesneg Luruskan Pernyataan Jubir Presiden Soal Mudik
apahabar.com

Nasional

Latihan Tempur di Situbondo Ditinjau Langsung Panglima TNI
apahabar.com

Nasional

Survei FSGI: Masih Banyak Guru Tidak Kenal Aplikasi Bantuan Kuota Belajar dari Kemendikbud
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com