Geger! Jasad Pria Mengapung di A Yani Km 11 Kertak Hanyar Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya

Dewan Dukung Penambahan Petugas Haji  

- Apahabar.com     Selasa, 17 Desember 2019 - 05:45 WITA

Dewan Dukung Penambahan Petugas Haji   

Petugas haji saat melayani jamaah. Foto-Menara62

apahabar.com, JAKARTA – Musim haji 1441 Hijriah atau 2020 akan ada penambahan petugas haji. Komisi VIII DPR mendukung usulan penambahan petugas haji.

Hal ini ketahui saat Komisi VIII menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Perhubungan, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

“Penambahan kuota petugas haji dari Ditjen Perhubungan Darat menjadi tujuh orang untuk meningkatkan pengawasan bidang transportasi darat mencakup transportasi antar-kota, shalawat, dan masyair di Arab Saudi,” ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.

Ace juga mendukung penempatan petugas imigrasi Indonesia di Arab Saudi dan/atau petugas imigrasi on board (di pesawat) untuk mempercepat proses keimigrasian pada saat kepulangan jamaah haji ke tanah air. Dengan demikian, jamaah tidak perlu lagi mengantre di imigrasi untuk pemeriksaan di bandara saat kembali ke Tanah Air.

“Kasihan mereka sudah sangat letih pastinya. Jamaah juga sudah sangat rindu dengan sanak keluarganya, jadi kami mendukung ini,” katanya.

Pihaknya juga mendukung penambahan kuota petugas haji untuk Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), petugas kesehatan haji, dan Tenaga Pendukung Kesehatan (TPK).

Alasannya, tim kesehatan sangat penting sepanjang penyelenggaraan haji. Apalagi selain yang dilayani ratusan ribu jamaah juga sangat beragam dari segi usia, bahkan tidak sedikit yang sudah lanjut usia.

“Banyaknya usia lanjut usia dalam rombongan haji Indonesia ini tentu berisiko bagi terjangkitnya banyak keluhan sakit,” ujar Ace.

Dengan penambahan ini, Komisi VIII DPR RI meminta Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan untuk koordinasi dan kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag).

Baca Juga: Terdapat 3.680 Korban, Polisi Ungkap Sindikat Mafia Perumahan Syariah

Baca Juga: 2.500 Personel Polri Disiapkan Tangani Bencana

Sumber: Ihram.co.id
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Baru 40 Juta Lebih Warga Indonesia Divaksin Dosis Lengkap
Arisan Online

Nasional

WASPADA! Berikut Tips Mengikuti Arisan Online dan Rekomendasi Aplikasinya
Presiden Joko Widodo

Nasional

Jelang Muktamar NU, Jokowi Diyakini Netral Tanpa Diminta

Nasional

Dampak Gempa NTT, Ratusan Rumah di Selayar Sulsel Rusak
apahabar.com

Nasional

Djoko Tjandra Ditangkap di Malaysia!
bakamla

Nasional

Bakamla dan BNN Gagalkan Penyelundupan 436,3 Kg Sabu-sabu
Kasus virus Covid-19 di Indonesia naik signifikan dalam sepekan terakhir. Foto-istimewa

Nasional

Waspada! Kasus Covid-19 Naik Signifikan Sepekan Terakhir
apahabar.com

Nasional

Karhutla Kalsel Jadi Atensi Penuh Mabes Polri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com