BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Efektifkan Tata Kelola dan Pemeliharaan Aset, Pemkab Tanbu Luncurkan SIPED

- Apahabar.com Selasa, 3 Desember 2019 - 10:41 WIB

Efektifkan Tata Kelola dan Pemeliharaan Aset, Pemkab Tanbu Luncurkan SIPED

Bagian Umum dan Perlengkapan (Umkap) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tanah Bumbu akan menerapkan Sistem Informasi Pemeliharaan Aset Daerah (SIPED). Foto-istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu melalui Bagian Umum dan Perlengkapan (Umkap) Sekretariat Daerah (Setda) akan menerapkan Sistem Informasi Pemeliharaan Aset Daerah (SIPED).

Penerapan SIPED dilakukan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan tata kelola dan proses pemeliharaan aset yang ada di lingkup Sekretariat Daerah (Setda).

“Selama ini metode penanganan pemeliharaan aset tidak berjalan maksimal,” ujar Kasubbag Pemeliharaan dan Perawatan Bagian Umkap Setda, Yanuar Silvantono.

Ia menyebut, metode penanganan pemeliharaan aset yang menjadi tanggungjawab pihaknya selama ini tidak berjalan maksimal. Di mana, pola penanganan yang dilakukan terkesan masih lambat.

“Dengan SIPED nantinya penanganan aset akan menjadi semakin sistematis, cepat dan akurat,” tegasnya.

Sebagai contoh, Yansilvantono, menjelaskan terkait dengan pemeliharaan mesin pendingin ruangan atau AC.

“Untuk pemeliharaan AC misalnya, selama ini kami hanya mengacu pada permintaan dari pengguna yang ada di semua ruangan. Sehingga kalau tidak ada laporan kerusakan dari pengguna, kami tidak tahu AC di ruangan mana yang mengalami kerusakan atau butuh penanganan perbaikan atau pun perawatan,” tuturnya.

Ke depan dengan diterapkannya SIPED, pihaknya akan dengan mudah mengetahui AC mana yang harus segera mendapatkan penanganan pemeliharaan karena masing-masing AC yang ada di seluruh ruangan lingkup kantor Setda sudah masuk pada data aset dalam aplikasi SIPED.

“Dengan perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini, kebutuhan akan kecepatan dan akurasi arus informasi menjadi faktor penting untuk kita capai,” terangnya.

Ia juga menyebut, salah satu komponen sistem informasi yang krusial dan harus dicapai pihaknya melalui SIPED, yakni sistem informasi penyajian pemeliharaan aset daerah khususnya aset yang ada di lingkup Setda. Aplikasi SIPED ini juga berfungsi sebagai penyimpan (recording) dari histori data dan informasi capaian kinerja pemeliharaan aset daerah dari waktu ke waktu.

“Melalui penerapan aplikasi basis web ini, pimpinan pada lingkup Setda dapat mengetahui informasi terkait pemeliharaan aset daerah di seluruh ruangan,” jelasnya.

Kepala Bagian Umkap, Muhammad Risdianadi, menambahkan, SIPED adalah satu produk informasi layanan web hasil dari pengembangan proyek perubahan pihaknya melalui Sub Bagian Pemeliharaan dan Perawatan.

“SIPED ini merupakan pengembangan dari proyek perubahan pak Yansilvantono selaku Kepala Sub Bagian Pemeliharaan dan Perawatan. Nantinya melalui aplikasi SIPED ini, juga akan dikembangkan beberapa pelayanan seperti layanan ruang rapat dan pinjam pakai fasilitas ruangan berupa kipas angin, sewa tenda, dan layanan lainnya pada bagian umum dan perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu,” jelasnya.

Baca Juga: Wamenag Dukung Pengembalian Aset First Travel ke Korban

Baca Juga: Lelang Aset Terpidana Jembatan Mandastana Tunggu KPKNL

Reporter: Ahc21
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Siap-Siap, Pendaftaran CPNS di Tanbu Segera Dibuka
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Diserang Isu Negatif, Ini Komentar Ketua KPU Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Segera Wujudkan Kabupaten Kota Sehat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

DKBP3A Tanbu Sosialisasikan Sekolah Ramah Anak
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Imbau Masyarakat Makmurkan Masjid dan Musala
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Satu-satunya, Kabupaten Tanbu Terima Dokumen Risiko Bencana
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Menuju Tanah Bumbu Hebat (2), Andalkan Sektor Perikanan Pacu Ekonomi Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

4 Sekolah di Tanbu Ikut Penilaian PHBS Tatanan Sekolah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com