Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala Alasan FM, Oknum ASN Banjarbaru Tuduh Polisi Provokator Demo Omnibus Law Pekan Ini, Status 2 Kelurahan Zona Merah Covid-19 Banjarmasin Ditentukan

Gagal Cair, Hibah Majelis Taklim di Kotabaru Capai Miliaran Rupiah

- Apahabar.com Selasa, 31 Desember 2019 - 10:46 WIB

Gagal Cair, Hibah Majelis Taklim di Kotabaru Capai Miliaran Rupiah

Ilustrasi majelis taklim. Foto-istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Masih adanya enam kelompok Majelis Taklim di wilayah Kecamatan Pamukan Utara, Kotabaru yang gagal menerima dana hibah 2019 terus jadi perbincangan hangat.

Terbaru, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Muklis ikut menyayangkan hal itu. Terlebih, dana hibah ini telah diserahkan oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar secara simbolis, beberapa bulan lalu.

“Tentu hal ini sangat disayangkan. Harusnya, ketika hibah itu sudah diserahkan secara simbolis persyaratan pemohonnya sudah dinyatakan terlebih dulu lengkap oleh Kesra,” ujar Syairi kepada apahabar.com.

Apabila sudah diserahkan simbolis penerima hibah sudah terverifikasi. Sehingga, kata dia, dapat dikomunikasikan lebih intens kepada penerima, atau kepala desa, dan camat setempat.

“Kalau seperti itu, jadinya kan kasian masyarakat. Apalagi, mereka pasti berharap, dan posisinya jauh di wilayah Pamukan Utara, atau di perbatasan sana,” sesal Syairi.

Lantas, berapa nominal dana hibah yang disiapkan oleh Pemkab Kotabaru melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kotabaru itu?

Ternyata, berdasar hasil penelusuran apahabar.com di tahun 2019 ini, dana hibah ke Majelis Taklim itu nilainya super jumbo.

“Total anggaran keseluruhan dana hibah untuk Majelis Taklim dan tempat ibadah di APBD 2019 ini Rp6,6 miliar,” ujar Kabag Kesra H Zabidi kepada apahabar.com di ruang kerjanya, Senin (30/12) siang.

Dana tersebut disalurkan, dan diperuntukkan untuk seluruh proposal. Sesuai pengajuan atau permohonan yang telah disetujui sebanyak 142 pemohon.

“Jadi, Rp6,6 miliar itu disalurkan untuk 142 pemohon. Dikurangi enam kelompok Majelis Taklim yang terlambat atau belum bisa cair tahun ini,” katanya.

Jumlah di atas lantas mengerucut menjadi 136 pemohon. Semuanya dihibahkan untuk tempat ibadah, Masjid, Gereja, Musala, Pura, Balai Adat, termasuk untuk kelompok Majelis Taklim.

Lebih jauh, khusus untuk dana hibah Majelis Taklim dapat dirincikan berjumlah 56 proposal atau permohonan. Dengan nilai yang bervariasai. Mulai dari Rp25 juta, Rp30, hingga Rp50 juta.

Nah, karena keterlambatan pengurusan pencairannya tahun 2019 ini masih ada enam kelompok Majelis Taklim yang tidak bisa terbayarkan.

“Semua yang belum cair itu akan diprioritaskan di APBDP 2020 mendatang,” ujarnya mengakhiri.

Seperti diketahui, enam kelompok Majelis Taklim di kawasan Kecamatan Pamukan Utara, Kabupaten Kotabaru, terpaksa gigit jari.

Mereka gagal menerima dana bantuan hibah yang sudah dijanjikan. Informasi terbaru, Bupati Sayed Jafar bakal turun langsung mengatasi persoalan ini. Sampai berita ini diturunkan, apahabar.com masih mencoba menghubungi sang bupati.

Baca Juga: Bikin Malu Bupati, Hibah 6 Majelis Taklim di Kotabaru Gagal Cair

Reporter: Masduki
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Diduga Dilempari Batu, Kaca Pos Satpam DPRD Kalsel Pecah
apahabar.com

Kalsel

Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Banjarmasin Gelar Doa Bersama
apahabar.com

Kalsel

Fasilitasi Pendaftaran Kartu Prakerja, DPC PDIP Tapin Buka Posko
apahabar.com

Kalsel

Chairansyah Diberi Waktu 2 Hari Tetapkan Cawabup HST
apahabar.com

Kalsel

Info Covid-19 di Tabalong, Ada Tambahan Sembuh dan Positif Baru
apahabar.com

Kalsel

Pulang Umrah, Puluhan Warga Kandangan ODP Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Krisis Air Bersih dan Penjajakan Pendiri Pabrik Air Minum Hindia Belanda di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Komunitas Adat Terpencil di HST Curi Perhatian PT Indomaret
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com