apahabar.com
Ilustrasi. Foto-Istimewa.

apahabar.com, TRENGGALEK – Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ditemukan tewas di perkebunan sawit Serawak, Malaysia. Saat ditemukan terdapat luka sayat dan jasadnya berlumur darah.

Korban diketahui bernama Ilyas Setiawan (27) warga Desa Parakan, Kabupaten Trenggalek.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, membenarkan informasi tewasnya korban tersebut.

Namun pihaknya enggan berkomentar banyak, sebab merupakan domain dari pemerintah daerah.

“Memang benar informasi itu, tapi wewenang kami hanya sebatas police to police, untuk mengecek kebenaran alamat korban dan itu sudah kami lakukan. Untuk lebih detailnya masih menunggu penyelidikan dari Malaysia dan nanti bisa konfirmasi ke Pemkab Trenggalek ya,” kata Calvijn.

Sementara itu, Kabag Protokol dan Rumah Tangga Setda Trenggalek, Triadi Atmono, mengatakan kematian korban diketahui Pemkab Trenggalek, Jumat (6/12) melalui Kepolisian Serawak.

“Korban ini ditemukan pada Kamis (5/12), saat ditemukan kondisinya bersimbah darah dan ada luka sayatan pada leher sepanjang 9 sentimeter,” kata Triadi.

Dari laporan yang dia terima, Ilyas diduga tewas akibat dibunuh. Namun pihaknya belum bisa memastikan, karena masih dalam proses penyelidikan kepolisian setempat.

“Kami berdoa semoga proses penyelidikan penyebab kematian bisa berjalan lancar dan pemulangan jenazah bisa dilaksanakan secepatnya,” imbuhnya.

Terkait kabar kematian pekerja migran tersebut, Pemkab Trenggalek melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja telah mengambil beberapa langkah, termasuk mendatangi keluarga korban guna memastikan informasi dan data.

Pemkab Trenggalek juga telah mengirimkan surat elektronik ke KJRI Kucing Malaysia menyangkut langkah lanjutan, guna proses pemulangan jenazah Ilyas dari Malaysia ke Trenggalek.

Baca Juga: Polisi Pastikan Mayat Dalam Parit di Kobar Murni Laka Tunggal

Baca Juga: Sebelum Upacara Hari Pahlawan, ASN Pemkot Banjarmasin Geger Penemuan Mayat Mengapung

Sumber: detikcom
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin