Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB

Kebakaran di Pagi Buta, Toko dan Warung di Jalan Perintis Kemerdekaan Ludes

- Apahabar.com Selasa, 10 Desember 2019 - 07:44 WIB

Kebakaran di Pagi Buta, Toko dan Warung di Jalan Perintis Kemerdekaan Ludes

Bangunan yang terbakar hanya menyisakan puing. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran hebat kembali terjadi kota Banjarmasin, tepatnya di jalan Perintis Kemerdekaan (Andalas) RT 22, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah sekitar pukul 04.20 Wita, Selasa (10/12) pagi ini.

Banyaknya barang yang mudah terbakar di dalam bangunan tersebut membuat api semakin berkobar. Sedikitnya 7 tempat usaha di lokasi itu ludes terbakar dalam hitungan menit.

Informasi yang dihimpun apahabar.com, toko yang terbakar tersebut mayoritas milik pedagang. Mulai dari warung makan, ponsel hingga toko obat, yang semuanya bangunan permanen. Kebakaran diduga akibat arus pendek.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.05 Wita saat sebagian besar warga masih tertidur. Kebakaran itu awalnya diketahui sejumlah pemuda yang saat sedang berkumpul tidak jauh dari lokasi.

Kebakaran yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Mapolda Kalimantan Selatan itu membuat warga sekitar ikut panik. Mereka khawatir kebakaran akan meluas mencapai rumah-rumah mereka.

Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Cepatnya api menjalar membuat beberapa penghuni toko dan warung tidak sempat menyelamatkan harta benda. Mereka lari menyelamatkan diri setelah melihat api sudah membesar.

Untuk memadamkan api, puluhan unit mobil kebakaran dari Kota Banjarmasin terjun ke lokasi. Butuh kerja keras sejumlah relawan pemadam kebakaran untuk menjinakkan kobaranapi menjelang subuh tersebut. Namun sekira satu jam kemudian api berhasil dikuasai.

Sekitar pukul 04.55 wita, api sudah benar-benar bisa dipadamkan. Meski begitu, petugas tetap memadamkan bara di puing-puing rumah untuk memastikan agar api tidak kembali muncul.

“Kami tidak tahu penyebabnya apa. Api tiba-tiba saja terlihat sudah besar dan membuat warga panik,” kata Salman, salah satu warga di lokasi kejadian kepada apahabar.com.

Ditempat yang sama, Ketua RT 22, M. IshakYamai mengatakan, kebakaran terjadi di deretan pertokoan dan warung makan pinggir jalan, Kelurahan Pasar Lama RT 22. Pihaknya berterima kasih kepada petugas pemadam kebakaran pemerintah dan swadaya serta masyarakat yang membantu pemadaman kebakaran.

“Total ada 7 buah pertokoan yang terbakar. Tempat usaha tersebut milik H. Suhaimi yang disewakan kepada penghuni saat ini. Peristiwa kebakaran Ini tentu menjadi perhatian kami,” ucap Ketua RT 22, M. IshakYamai.

Masih kata Ketua RT 22 tersebut, api diduga pertama kali berasal dari kios usaha rumah makan bernama Marissa.

“Menurut salah seorang saksi api pertama kali berasal dari rumah makan Marissa yang kemudian merembet ke bangunan toko lainnya,” terang Ishak.

Penyebab kebakaran hingga kini pun belum diketahui secara pasti. Penyidik kepolisian masih melakukan penyelidikan mendalam. “Belum bisa kita pastikan, apakah karena arus pendek, kompor, atau yang lain. Masih akan kita selidiki,” timpal anggota Polsek Banjarmasin Tengah yang berada dilokasi kebakaran.

apahabar.com

Puluhan pemadam kebakaran masih di lokasi kejadian memastikan api tidak lagi menyala di area tersebut.Foto-apahabar.com/ Eddy Andriyanto

Baca Juga: Pagi Buta, Kebakaran Hebat Landa Rumah di Banjarmasin Barat

Baca Juga: Ruko Kacamata di Martapura Nyaris Ludes Terbakar, Warga Pesayangan Panik

Reporter : Eddy Andriyanto
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bungkus Daging Kurban, DLH Banjarmasin Tak Anjurkan Pakai Kantong Plastik
apahabar.com

Kalsel

Jamu Petugas PPDP, Ketua DPRD Tabalong Terapkan Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Peringati 29 Tahun Pengabdian Alumni Akpol 1991, Bhayangkari Kalsel Ulurkan Tali Asih
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 5 Mei; Pasien Positif Bertambah, Jadi 219 Orang
apahabar.com

Kalsel

Raih 12 Kursi DPRD Kalsel, Golkar Masih Rahasiakan Nama Ketua DPRD
apahabar.com

Kalsel

Derita Liver, Ibunda Wakil Walikota Banjarbaru Tutup Usia
apahabar.com

Kalsel

Tagar Bebaskan Diananta Bergaung Jelang Sidang Perdana
apahabar.com

Kalsel

Duh, Satu RT di Pekapuran Raya Sumbang OTG Covid-19 Terbanyak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com