ga('send', 'pageview');
Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan Covid-19 di Bappeda Kalsel: Puluhan Positif, Satu Meninggal Dunia Tragedi Ledakan Berantai di Beirut: Puluhan Tewas, Ribuan Luka-Luka, Satu WNI




Home Habar Religi

Selasa, 10 Desember 2019 - 11:33 WIB

Kebersihan di Haul Sekumpul ke-15, DLH Berharap Jemaah Ikut Terlibat

Redaksi - apahabar.com

Haul Abah Guru Sekumpul ke-14. dok apahabar.com

Haul Abah Guru Sekumpul ke-14. dok apahabar.com

apahabar.com, MARTAPURA – Banyaknya jemaah yang hadir di haul Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul memungkinkan banyaknya sampah yang akan ditimbulkan. Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar bersiaga di peringatan tersebut dengan mengerahkan pasukan penuh.

Berkaca di peringatan haul tahun kemarin, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, Pertambangan dan Limbah, Achmad Norsailah mengungkapkan, pihaknya akan bekerja ekstra untuk menanggulangi sampah pasca haul.

“Nanti kami akan turunkan 100 persen pasukan kami, namun kami tidak akan melepas kewajiban kami di tempat lain. Jadi sampah yang ada di tempat lain beres, di areal haul juga beres,” jelasnya.

Untuk permasalahan teknis di lapangan, Achmad mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan dari tim haul ke-15 Abah Guru Sekumpul.

Baca juga :  Cerita Kecintaan Syekh Yasin dengan Bangsa Indonesia

“Kami masih menunggu hasil rapat dari tim haul agar nanti untuk permasalahan sampah ini bisa terkoordinir dengan baik,” ucapnya.

Dalam acara haul tahun lalu, Kabid Persampahan tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya mengangkut sekitar 150 ton sampah, hal tersebut yang akan menjadi antisipasi ekstra pihaknya di tahun ini.

Achmad berharap, untuk tahun ini pihak relawan yang bertugas bisa langsung membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) saja. Menurut hasil evaluasi tahun lalu, penumpukan terjadi dikarenakan sampah hanya dibuang di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

“Dengan membuang langsung ke TPA, tentunya akan mengurangi tumpukan sampah di sekitar Sekumpul, dan nantinya TPA akan kami buka 24 jam setelah acara selesai,” sambungnya.

Selain itu, untuk menjaga kebersihan pasca haul, DLH juga menyiapkan kantong sampah yang akan disebar di semua titik acara haul.

Baca juga :  Cerita Kecintaan Syekh Yasin dengan Bangsa Indonesia

“Dengan menyediakan kantong sampah ini, diharapkan permasalahan sampah dapat diatasi. Kami juga mengimbau kepada para jemaah haul agar mendukung kami dengan membuang sampah ke tempat yang sudah kami sediakan,” harapnya.

Achmad juga meminta kepada seluruh SKPD dan organisasi masyarakat agar kembali ikut membantu dalam menanggulangi permasalahan penumpukan sampah pasca haul.

“Karena ini adalah acara kita bersama dan acara ini adalah acara skala besar yang akan dihadiri ribuan orang, maka mari kita bersama-sama sukseskan haul yang akan datang dengan bekerjasama dengan saling tolong-menolong,” pungkasnya.

apahabar.com

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, Pertambangan dan Limbah, Achmad Norsailah. apahabar.com/Madani

Baca Juga: Jelang Haul Guru Sekumpul ke 15, Polres Banjar Lakukan Kring Serse Untuk Monitoring Tempat…

Baca Juga: Guru Sekumpul ke 15 Akan Digelar Layaknya di Makkah

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Sambut Ramadan; Marbut Masjid Raya Sabilal Muhtadin Dituntut Bekerja Ekstra
apahabar.com

Religi

Abdurrahman bin Auf RA, Orang Kaya yang Dijamin Masuk Surga
apahabar.com

Habar

Terkuak, Begini Isi Surat Cinta Hurrem pada Sultan Suleiman
apahabar.com

Religi

Sarjana-Sarjana Barat Akui Rasulullah SAW Sosok Toleran
apahabar.com

Habar

PLN UP3 Barabai Bantu Kembangkan MSQ di Kalangan Pelajar
apahabar.com

Religi

Lafal Niat Salat Tarawih Sendiri
apahabar.com

Religi

Kafir atau Non Muslim? Simak Penjelasan Buya Yahya
apahabar.com

Hikmah

Orang Tua yang Beruntung dalam Islam, Siapakah Mereka?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com