3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Kejahatan Terhadap Kekayaan Negara Meningkat di Banjar, Rp 1 M Terselamatkan

- Apahabar.com Senin, 30 Desember 2019 - 23:34 WIB

Kejahatan Terhadap Kekayaan Negara Meningkat di Banjar, Rp 1 M Terselamatkan

Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo beserta jajaran gelar jumpa pers, Senin (30/12). Foto-apahabar.com/Mada.

apahabar.com, MARTAPURA – Jelang pergantian tahun, Polres Banjar merilis data sejumlah kasus yang sudah dan masih ditangani sepanjang 2019 ini kepada awak media, Senin (30/12) siang. Menariknya kejahatan terhadap kekayaan negara mengalami peningkatan.

Jika pada 2018 terdapat 11 kasus, maka tahun ini tingkat kejahatan terhadap kekayaan negara menjadi 19 kasus.

“Dalam penanganan kasus di Polres Banjar ini dari tahun 2018 hingga 2018 memang ada yang mengalami peningkatan, ada yang mengalami penurunan, bahkan ada yang seperti itu saja,” ujar AKBP Andri Koko Prabowo kepada apahabar.com.

Antara lain tindak pidana korupsi, fidusia (pengalihan hak kepemilikan sebuah benda), BBM ilegal/Migas, pembalakan liar, penambangan ilegal, penyalahgunaan gas LPG, kasus ITE, kasus perdagangan, Karhutla/lingkungan hidup, kasus perlindungan konsumen dan UU kesehatan.

Dari semua itu, sebagian besar sudah selesai dan sisanya masih dalam proses. Jika di persentasikan yang sudah ditangani mencapai 79 persen.

“Untuk kasus-kasus korupsi ini kami berhasil mengamankan salah seorang Kepala Desa Lok Buntar pada bulan Agustus tadi,” ujar Kasat Reskrim Polres Iptu Rizky Fernandez.

Selain itu, permasalahan penambangan ilegal, Sat Reskrim Polres Banjar mengamankan puluhan ton batu bara dan ada pula ratusan karung pasir silika.

Untuk penanganan kasus tersebut, ujar Rizky sebagian sudah ada yang dilimpahkan ke Kejaksaan. Sementara beberapa lainnya masih ditangani oleh penyidik di Polres Banjar.

“Karena giat Peti kan baru saja kita lewati, jadi ada beberapa perkara yang sudah P21 ada yang masih ditangan penyidik,” ujarnya.

Sementara itu, kejahatan konvensional mengalami penurunan di bandingkan tahun lalu. Jika 2018 lalu ada 649 kasus, maka tahun ini hanya 646 kasus.

Untuk kejahatan konvensional ini ada beberapa kategori. Seperti pembunuhan, penganiayaan berat, termasuk juga pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian biasa, perjudian, narkotika atau psikotropika, kemudian penggelapan sajam dan lain-lainnya.

Ada pun kasus yang paling mencolok pada tahun lalu seperti pencurian dengan pemberatan sebanyak 67 kasus, untuk tahun ini turun jadi 51 kasus.

Soal ini Kapolres AKBP Andri Koko Prabowo menyebutkan penurunan ini karena personelnya rutin melaksanakan patroli blue light serta rajin menyambangi rumah warga.

Di sisi lain untuk kasus perlindungan anak yang ditangani oleh unit PPA Polres Banjar di tahun 2019 menurun, dari 12 kasus menjadi 10 kasus saja.

Sebaliknya, AKBP Andir Koko juga menyebutkan jika kasus narkotika mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Yakni dari 129 kasus menjadi 167 kasus.

“Ini bukan karena kepolisian diam, namun karena kita exstra optimal, sehingga tangkapan kita juga selalu meningkat, yang berbanding 39 kasus dari 2018 ke 2019,” ungkapnya.

Tak hanya permasalah tindak pidana yang disampaikan, namun juga masalah bencana juga tidak luput dari pantauan Polres Banjar.

AKBP Andri Koko mengatakan jika permasalan bencana seperti kebakaran untuk ditahun 2019 menurun dari tahun sebelumnya, dari 18 kasus menjadi 16 kasus saja.

“Dan ini juga selalu menjadi topik yang saya sampaikan kepada masyaratak saat kegiatan Suling Marta,” ucapnya.

Untuk penemuan mayat di Wilkum Polres Banjar mengalami kenaikan. Dari 2 kasus jadi 10 kasus mayat yang meninggal karena penyakit dan lain sebagainya, bukan karena tindak pidana.

Selain itu untuk musibah orang tenggelam di wilayah Polres Banjar untuk di tahun 2018 ada 1 kasus meningkat drastis menjadi 7 kasus.

“Kebanyakan yang meninggal karena tenggelam ini orang yang tidak bisa berenang sama sekali dan juga yang ada memiliki penyait,” bebernya.

Untuk Kasus yang ditangani oleh Sat Sabhara Polres Banjar, ujar Andri seperti Tidak Pidana Ringan (Tipiring) dari 4 kasus naik menjadi 7 kasus.

Tak ketinggalan pula diungkap kasus yang ditangani oleh Sat Lantas Polres Banjar sepanjang tahun ini. Seperti kasus laka lantas yang mengalami kenaikan dari 58 jadi 65 kejadian untuk laka lantas tanpa korban. Kemudian untuk kejadian laka lantas yang memakan korban di Kabupaten Banjar turun dari angka 49 menjadi 47 kasus.

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Narkoba Polres Banjar, AKP Purnoto mengatakan untuk di tahun 2019 ini pihaknya lebih banyak menangani kasus narkotika ketimbang obat-obatan.

“Untuk narkotika kita sudah mengamankan 172 gram dan untuk psikotropika kita menyita 3554 butir,” timpal Purnoto.

Terkait dengan penyalah gunaan narkoba yang menjerat anak-anak, AKP Purnoto mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan instansi yang terkait, seperti BNN.

“Untuk yang bersangkutan kita serahkan kepada BNN untuk dilakukan rehabilitasi, untuk kasus ini kita hanya menangani 1 saja di tahun 2019,” bebernya.

Baca Juga: Kasus Penyalahgunaan Narkotika di Tala Meningkat

Baca Juga: Jumlah Lakalantas di Tala Turun

Baca Juga: Sepanjang 2019, Polres Tala Selamatkan Ratusan Juta Uang Negara

Baca Juga: Bus Wisatawan Banjarmasin Terperosok di Kotabaru, Belasan Penumpang Terluka

Reporter: AHC 15
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sunat Masal di Polsek Tamban, Momentum Perpisahan Kapolres Batola
apahabar.com

Kalsel

Tinjau Prokes di Bandara Syamsudin Noor, Pjs Wali Kota Banjarbaru Bangga
apahabar.com

Kalsel

Baru 6 Pembangkit Listrik di Kotabaru Beroperasi 24 Jam
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS..!! Cemara Raya Geger Kobaran Api
apahabar.com

Kalsel

Serunya Kegiatan Pemuda Masjid Al Baythar Saat Ramadan
apahabar.com

Kalsel

TP PKK Sungai Loban Fokus Pencegahan Stunting
apahabar.com

Kalsel

Sosok Sipir Lapas Banjarbaru yang Ditangkap Dikenal Kalem
apahabar.com

Kalsel

Rapid Test Puluhan Karyawan PT SNI, 4 Orang Reaktif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com