apahabar.com
ilustrasi baca alqur’an. Foto - shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Alquran merupakan kitab suci umat islam yang diturunkan Allah SWT selama 22 tahun 2 bulan 22 hari secara berangsur-angsur. Nabi Muhammad SAW menerima Alquran pertama kali di Gua Hira pada bulan Ramadan. Tahukah anda siapa yang pertama kali membaca Alquran bersama Rasulullah SAW di dunia ini?

Dalam Alquran telah dijelaskan, Alquran diturunkan sebagai wahyu yang diberikan pada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umatnya. Alquran telah digariskan sebagai pedoman hidup hingga akhir zaman. Suatu hari Rasullulah bertemu dengan seorang peternak kambing yang diketahui bernama Abdullah Ibnu Mas’ud.

Sebuah mukjizat Allah SWT berikan pada Rasulullah di depan peternak kambing tersebut. Nabi Muhammad mengusapkan tangannya di kantung susu kambing milik Ibnu. Tidak lama setelahnya, kambing itu mengeluarkan air susu dengan saat deras. Hal tersebut dilihat langsung oleh Ibnu.

Ibnu menaruh besar kepercayaan pada islam usai melihat kejadian tersebut. dia pun langsung melafalkan ayat suci Alquran di hadapan kaum Quraisy. Abdullah ibnu Mas’ud inilah yang menjadi orang pertama kali membaca Alquran di dunia.

Ia melantunkan beberapa ayat suci Alquran dengan penuh hikmat tepatnya waktu dhuha. Saat itu, Abdullah bersikeras mengaku dirinya adalah pengikut agama Islam. Ia juga membacakan ayat suci Alquran surah Arrahman ayat 1-5.

Baca Juga: Kata Ghuluw dalam Alquran dan Hadis, Ini Maknanya?

Baca Juga: Bentuk Kesederhanaan Nabi SAW: Hormati Makanan Apa Pun

Sumber: Dream.co.id
Editor: Aprianoor