apahabar.com
KPH Hulu Sungai terus berupaya memperbaiki hutan dan lahan melalui program pembangunan Kebun Bibit Desa (KBD) di tujuh desa binaan. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – KPH Hulu Sungai kian gencar memperbaiki hutan dan lahan di Kalimantan Selatan. Perbaikan itu dilakukan melalui program pembangunan Kebun Bibit Desa (KBD) pada 7 desa binaan di Kabupaten Tapin, HSS, dan HST.

Bahkan, beberapa hari lalu, Kepala KPH Hulu Sungai, Rudiono Herlambang, mengumpulkan perwakilan pengurus KTH pelaksana kegiatan KBD Tahun Anggaran 2019.

“KBD merupakan program pembangunan persemaian swakelola oleh kelompok tani di desa sebagai tempat penyedia bibit. Baik kayu – kayuan maupun MPTS,” ucap Rudiono melalui siaran pers yang diterima apahabar.com, Jumat (06/11).

Meski begitu, kata dia, pembangunan harus disesuaikan dengan RAB yang telah disepakati.

“Sesuai arahan Kadishut Kalsel pada Workshop Pelaksanaan Kegiatan KBD Tahun 2019 kemarin, bangunan minimal semi permanen dan harus mantap,” papar Rudiono.

Setelah didiskusikan pada forum itu, sambung dia, maka ditemukan kesepakatan bahwa RAB itu mencukupi untuk membangun persemaian sesuai arahan.

“Kegiatan harus sudah berjalan. Meskipun waktu sedikit. Setiap permasalahan yang timbul, bisa dikonsultasikan kepada pendamping yang telah ditunjuk,” tutup Rudiono.

Baca Juga: KPH Kayu Tangi Bagikan Ribuan Bibit Gratis di Car Free Day

Baca Juga: Sambut Musim Hujan, KPH Hulu Sungai Cek Kesiapan Rehabilitasi Hutan

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Puja Mandela