SENGKETA Pilgub Kalsel, Eks Hakim MK: Paslon Suara Terbanyak Kedua Bisa Menang Temui AHY, Mantan Panglima GAM Muzakir Manaf Beri Dukungan Moril untuk Demokrat AJI Biro Banjarmasin Resmi Berdiri, Kasus Kekerasan Pers Jadi Atensi  2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar Terungkap! Sebelum Moeldoko, Gatot Nurmantyo Juga Mengaku Ditawari Kudeta Demokrat

Lawan Pembakaran, Lembaga Muslim Bagikan Alquran Gratis

- Apahabar.com Jumat, 6 Desember 2019 - 06:30 WIB

Lawan Pembakaran, Lembaga Muslim Bagikan Alquran Gratis

Kitab suci Alquran. Foto-The Independent

apahabar.com, OSLO – Tiga organisasi Muslim di Norwegia akan mendistribusikan Alquran secara gratis ke berbagai tempat di negara itu. Ini dilakukan pasca terjadinya pembakaran Alquran yang dilakukan dalam sebuah demonstrasi aktivis anti Islam di Norwegia beberapa waktu lalu yang telah menuai reaksi umat Islam.

Tiga organisasi itu yakni Asosiasi Seni dan Budaya Muslim Norwegia, Asosiasi Sastra Islam dan Masjid Minhaj-Quran yang berbasis di ibu kota Oslo. Organisasi-organisasi itu rencananya akan mendistribusikan total 10 ribu mushaf Alquran di beberapa stand di ibukota Norwegia  serta di Bergen yang menjadi kota terbesar kedua negara itu.

Pendistribusian Alquran itu didanai ketiga organisasi itu serta para donatur per orangan. Pendistribusian Alquran itu dimaksudkan sebagai respons terhadap pembakaran Alquran oleh organisasi Stop Islamisasi Norwegia (SIAN) dalam demonstrasi di Kristiansand yang berlangsung lebih dari dua pekan lalu.

“Saya percaya banyak orang ingin tahu tentang apa isi Alquran dan apa yang diperjuangkan umat Islam,”kata anggota Dewan Masjid Norwegia-Pakistan Minhaj-ul-Quran di Oslo, Hamza Ansari, seperti dilansir Sputnik News pada Kamis (5/12)

Sementara Asosiasi Sastra Islam, mengatakan Alquran telah mengajarkan bagaimana menunjukkan cinta dan menyebarkan pengetahuan, itu dipandang sebagai kendaraan yang efektif untuk melawan kebencian dan rasisme.

Pembakaran Alquran di Kristiansand yang mengakibatkan bentrokan dan penangkapan disertai kekerasan, memicu perdebatan sengit di Norwegia mengenai batas antara kebebasan berbicara dan kebencian terhadap agama.

Sementara beberapa orang berpendapat bahwa tindakan seperti itu merusak. Aksi pembakaran Alquran telah mengirimkan riak-riak ke seluruh dunia Muslim, Turki, Pakistan dan Iran mengeluarkan kecaman formalnya.

Selain itu, bendera Norwegia dibakar selama demonstrasi di Karachi, selain itu seruan untuk memboikot dan mengucilkan Norwegia dilakukan di media sosial.

Saat ini terdapat 5,7 persen populasi Muslim di Norwegia menyusul imigrasi massal yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir. Norwegia telah membuat terjemahan Alquran lengkap pertama pada 2013.

Menurut  Aqil Qadir dari Asosiasi Seni dan Budaya Norwegia-Muslim, terjemahan Alquran itu berisi penjelasan Alquran berdasarkan dunia modern dalam gaya interpretatif yang unik.

Baca Juga: 1.000 Jemaah Korban First Travel Bakal Diberangkatkan Umrah

Baca Juga: Menelusuri Sejarah Islam di Museum Islam Australia

Sumber: Khazanah Republika.co.id
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Muhammadiyah: Salat Id di Lapangan dan Masjid Ditiadakan
apahabar.com

Habar

Kewafatan Habib Merah Terbilang Mengejutkan, Begini Penuturan Murid Beliau
apahabar.com

Habar

Haul ke-81 Syekh Muhammad Kasyful Anwar, Pencetak Ulama Sekaliber Guru Bangil
apahabar.com

Habar

Pemerintah Berharap Saudi Izinkan Jemaah Indonesia Lakukan Umrah
apahabar.com

Habar

Cerita Rofi, Mahasiswa asal Kalsel Menyiasati Sahur dan Berbuka Puasa di Jerman
apahabar.com

Habar

Kisah Inspiratif Ilmuwan Muslim Pelopor Perkembangan Robot Modern
apahabar.com

Habar

Masya Allah, Penumpang Pesawat Pakistan akan Disambut Lantunan Kasidah Burdah
apahabar.com

Habar

Saudi Buka Layanan Umrah Bertahap, Dirjen PHU: Indonesia Diperbolehkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com