Info Grafis-apahabar.com/Zul

apahabar.com, CIBINONG – Kendati kalah peringkat, Barito Putera memiliki kans besar memperparah luka Tira Persikabo dalam pertemuan di pekan 30 Liga 1 2019 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Senin (2/12) malam.

Sekarang Tira menempati peringkat 12 dengan 38 poin, unggul 4 poin atas Barito di urutan 14 yang mengemas 34 poin.

Dalam pertemuan pertama di Liga 1 2019, Tira mencukur Barito dengan skor 4-2 di Stadion Demang Lehman.

Empat gol kemenangan Tira dicetak Wawan Febrianto, Louisse Parfait, Loris Arnaud, dan Anton Pelipetz. Sedangkan gol Barito dibukukan Samsul Arif dan Rafael Silva.

Rekor head to head juga memihak Tira. Dari 7 pertemuan, klub yang sudah tiga kali berganti nama ini meraih 4 kemenangan, hanya 2 kali kalah dan sekali seri.

Namun situasi terkini Tira sedang compang-comping. Ditambah kekalahan 0-1 dari Kalteng Putra, mereka tidak pernah menang sepanjang 14 pertandingan, plus 6 imbang dan 8 kekalahan.

Imbasnya, Rahmad Darmawan didepak dari kursi kepelatihan, Jumat (29/11). Sebelumnya RD membawa Tira meraih 9 kemenangan, 11 imbang dan 9 kekalahan.

Hingga menemukan pelatih interim, asisten pelatih Miftahudin Mukson dipercaya menangani Osas Saha cs kontra Barito.

“Mengembalikan kondisi mental tak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi proses itu harus dijalani. Semoga kami segera mendapatkan solusi, sehingga bisa menampilkan permainan terbaik dan fokus,” ungkap Mukson.

“Kami sudah mempelajari permainan Barito. Walaupun tak diperkuat beberapa pilar, kedalaman skuad Barito tidak jauh berbeda,” imbuhnya.

Selain ditinggal pelatih, Tira juga tanpa Wawan Febriyanto, Roni Sugeng, Loris Arnaud dan Manahati Lestusen yang cedera.

Sementara Barito kehilangan Rafael Silva dan Rizky Rizaldi Pora. Mereka sama-sama mengalami cedera paha, ketika membantu Barito mengalahkan PSS Sleman, Kamis (28/11).

Kehilangan kedua pemain itu bisa saja mengurangi intensitas permainan Barito. Rafael merupakan topskorer klub dengan 13 gol dari 24 pertandingan.

Sementara Rizky Pora merupakan produsen assist utama Barito. Hingga pekan 30, Il Capitano ini membukukan 14 assist dengan 11 di antaranya diberikan kepada Rafael.

Untungnya kondisi mental Barito sedikit lebih baik dibanding Tira. Ditambah keberhasilan menekuk PSS Sleman, Laskar Antasari belum terkalahkan dalam 4 pertandingan terakhir dengan rincian 2 kemenangan dan 2 imbang.

“Kami berupaya untuk meraih poin melawan Tira, karena persaingan di zona degradasi masih ketat. Tentu kami tidak ingin pulang ke Banjarmasin tanpa poin,” seru pelatih Djadjang Nurjaman.

“Demi menjaga tren positif hingga akhir musim, kami harus tetap fight. Seluruh pertandingan penting, termasuk melawan Tira,” tambahnya.

Menilik tren di Liga Indonesia, Barito tinggal membutuhkan 2 kemenangan lagi untuk mencapai 40 poin yang menjadi tiket bertahan di kompetisi teratas.

Seperti yang dicontohkan Tira di Liga 1 2018. Mereka berhasil bertahan di kompetisi teratas dengan 42 poin. Ini merupakan poin tertinggi yang membuat satu klub bertahan di level teratas Liga Indonesia.

Namun syarat Barito bertahan di Liga 1 bisa saja lebih ringan. Dari enam edisi lain yang menggunakan format 18 klub dan satu wilayah, beberapa klub berhasil menempati peringkat 15 atau zona aman terakhir hanya dengan 31 poin.

Catatan itu dibukukan PSMS Medan di Liga Super Indonesia 2008–2009. Demikian pula Pelita Bandung Raya di ISL 2013 yang bertahan di level atas berkat perolehan 34 poin.

Tetapi perlu pula dicatat bahwa standar poin aman cenderung harus mendekati 40 poin di beberapa musim selanjutnya.

Kembali Pelita Bandung Raya dapat bertahan di kompetisi tertinggi, ketika finish di peringkat 15 dengan 39 poin di Liga Super Indonesia 2009–2010.

Perseru semasa masih mengusung nama Perserui Serui, mampu bertahan di Liga 1 2017 dengan 37.

Lantas, seperti apa pertandingan Tira Persikabo menjamu Barito nanti? Laga ini akan disiarkan live melalui streaming vidio.com, pukul 19.30 Wita. Untuk mengakses silakan klik link di bawah:

Link 1

Link 2 

Perkiraan Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-3-3):
Angga Saputra, Herwin Tri Saputra, Khurshed Beknazarov, Vava Mario Yagalo, Rifad Marasabessy; Guntur Triaji, Louise Parfait, Munadi; Sansan Husaeni, Osas Saha, Frisca Womsiwor

Barito Putera (4-3-3):
Aditya Harlan; Gavin Kwan Adsit, Cassio Francisco, Donni Monim, Nazar Nurzaidin; Bayu Pradana, Kozuke Yamazaki, Paulo Sitanggang; Yakob Sayuri, Samsul Arif, Francisco Torres

Baca Juga: Jelang Laga Tira Persikabo vs Barito, Djanur Enggan Terpengaruh Pemecatan RD

Baca Juga: Gawat! Dua Pilar Utama Barito Absen Saat Hadapi PS Tira

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin