ga('send', 'pageview');
Cerita Sukses Pemuda Kotabaru di Jepang dan Gaet Wanita Mualaf Ribuan Gram Sabu Gagal Edar, BNN Kalsel Diapresiasi Pusat Banjir di Pelaihari, Warga Diminta Waspada Hujan Susulan Dulu Bugar, ‘Kai Api’ Kini Ringkih di RS Ansari Saleh Lagi, Covid-19 Renggut Nyawa Nakes di Puskesmas Banjarmasin




Home Ekbis

Sabtu, 7 Desember 2019 - 06:45 WIB

Menaker Minta Investor Amerika Kembangkan SDM Indonesia

Redaksi - Apahabar.com

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto-Republika

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto-Republika

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengajak para investor dan perusahaan-perusahaan asal Amerika membantu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui investasi.

“Saya berharap dukungan kepada Dewan US-ASEAN untuk memberikan bantuan pembangunan kapasitas dan beasiswa bagi tenaga kerja Indonesia agar mampu bersaing memasuki pasar global,” harap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Ida menjelaskan, pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo tengah fokus pada pengembangan SDM. Makanya dukungan dari berbagai pihak, termasuk perusahaan-perusahaan Amerika sangat diperlukan.

“Penting juga untuk perusahaan Amerika meningkatkan investasi pusat pelatihan di Indonesia dalam membantu Pemerintah Indonesia meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal dan investasi pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) di berbagai wilayah di Indonesia,” kata Ida lagi.

Berdasarkan data Kemnaker, saat ini terdapat 305 Balai Latihan Kerja (BLK) di Indonesia yang terdiri dari 23 BLK UPTP Kemnaker dan sisanya merupakan UPTD milik pemerintah daerah (pemda) Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Selama ini, kata Ida, Indonesia memiliki pengalaman menyelenggarakan pemagangan ke Jepang dengan prosedur yang ketat dan kredibel. Untuk itu, diharapkan kepedulian perusahaan-perusahaan Amerika untuk memberikan dukungan kapasitas dan beasiswa bagi tenaga kerja Indonesia.

Ida mengingatkan kepada perusahaan Amerika yang berinvestasi di Indonesia untuk melaporkan kondisi ketenagakerjaannya. Kementerian Ketenagakerjaan menyediakan layanan Wajib Lapor Ketenagakerjaan secara daring melalui Sisnaker.

“Kami harapkan, perusahaan-perusahaan Amerika juga meningkatkan kepedulian bagi masyarakat yang berada di sekitar perusahaan Amerika di Indonesia, melalui pemberian bantuan peningkatan kapasitas agar mereka dapat diterima bekerja di Perusahaan Amerika atau dilatih supaya dapat menjadi wira usaha baru,” tutupnya.

Baca Juga: Ciptakan SDM Unggul, BP Jamsostek Batulicin Gelar Pelatihan Alat Berat

Baca Juga: 20 Ribu Ton Beras Bulog Terancam Busuk, Siap Dijual ke Pasar hingga Bansos

Sumber: Republika
Editor: Syarif


There is no ads to display, Please add some

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Harga Minyak di Asia Naik Dipicu Harapan Perpanjangan Pengurangan Produksi
apahabar.com

Ekbis

Jelang Pemilu, Orderan Danu Meningkat
apahabar.com

Ekbis

Perlambatan Corona Kerek Rupiah ke Rp13.730
apahabar.com

Ekbis

Harga Sejumlah Sembako Meroket di HST
apahabar.com

Ekbis

Cegah Penyebaran Covid-19, PT Tatalogam Kembangkan Baja Ringan Antivirus
apahabar.com

Ekbis

Gubernur BI: Harga Minyak Dunia Anjlok Positif Bagi Ekonomi Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Ekspor Sawit Kalsel April-Mei Relatif Datar
apahabar.com

Ekbis

Xiaomi Siapkan Smartphone Baru, Begini Bocorannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com