Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas Jalan Provinsi di HSU Rusak Parah, Truk Bermuatan Semen Amblas Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2

Nataru, Telkomsel Prediksi Trafik Internet di Kalimantan Naik 45%

- Apahabar.com     Selasa, 24 Desember 2019 - 16:35 WITA

Nataru, Telkomsel Prediksi Trafik Internet di Kalimantan Naik 45%

Akses layanan berbasis streaming sendiri, Telkomsel memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar 51% secara nasional dan 45% di Kalimantan, dibandingkan periode sebelumnya. Sejumlah langkah antisipasi pun dilakukan Telkomsel. Foto-Telkomsel for apahabar

apahabar.com, BALIKPAPAN – Saat masyarakat tengah merencanakan liburan, Telkomsel justru sibuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan telekomunikasi, khususnya internet.

Memasuki Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Telkomsel memprediksi terjadi peningkatan akses layanan berbasis streaming video maupun musik. Prediksi itu selaras dengan makin kuatnya adopsi gaya hidup digital oleh masyarakat.

“Setiap tahunnya, kami konsisten memperkuat layanan telekomunikasi untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi pelanggan yang semakin meningkat pada momen Natal dan Tahun Baru. Dengan tren pertumbuhan trafik data Telkomsel yang diprediksi akan kembali berlanjut pada musim liburan akhir tahun ini, kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan sehingga pelanggan dapat terus saling terhubung,” jelas General Manager Network Operation and Quality Management Rahmad Putra Jaya dalam siaran persnya, Selasa (24/10) sore.

Telkomsel juga memastikan kenyamanan pelanggan dalam menjalani gaya hidup digital dalam berbagai aktivitasnya. “Dengan optimalisasi jaringan broadband Telkomsel, pelanggan dapat menggunakan layanan internet Telkomsel seperti mengunggah berbagai macam konten di media sosial, melakukan panggilan video, atau menonton video di berbagai platform layanan streaming ataupun on-demand dengan nyaman bahkan ketika berada di pusat keramaian hingga jalur yang paling padat sekalipun,” jelas Rahmad.

Hal tersebut diharapkan mampu menumbuhkan semangat baru dalam menghadapi momen pergantian tahun yang menyala di tiap-tiap diri pelanggan Telkomsel. Pada momen Nataru 2019, Telkomsel secara nasional memprediksi trafik data akan mengalami peningkatan 26,34%. Sedangkan untuk wilayah Kalimantan, 26.16%.

Prediksi tersebut didasari perilaku pelanggan yang berselancar internet seperti aktivitas di media sosial, streaming video, atau streaming musik. Untuk akses layanan berbasis streaming sendiri, Telkomsel memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar 51% secara nasional dan 45% di Kalimantan, dibandingkan periode sebelumnya.

Dalam mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, kata Rahmad, Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan drive test jaringan di berbagai daerah di Indonesia.

Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (Combat) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat.

Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kalimantan, Telkomsel menyiagakan 2 unit Combat atau BTS mobile di 39 titik POI Kalimantan.

Sedangkan aktivitas pengembangan dan penguatan elemen jaringan yang terbaru dari Telkomsel untuk Nataru tahun ini adalah dengan memastikan kesiapan infrastruktur jaringan 4G.

Telkomsel juga menjadikan momen Nataru 2019 untuk memberikan edukasi kepada pelanggan mengenai teknologi telekomunikasi terkini di kota Batam, Jakarta, Pontianak dan Manado, melalui berbagai use case seperti olahraga pingpong secara virtual, permainan vitual reality (VR) dan augmented reality (AR) serta belajar secara online.

Sebagai bentuk komitmen menghadirkan layanan secara menyeluruh dan memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan selama musim liburan tersebut, terhitung sejak 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

Untuk semakin mengakselerasikan kebahagian di momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Telkomsel juga menghadirkan program Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019. Telkomsel mengajak pelanggan untuk “Abis-abisan di Akhir Tahun” dengan menyediakan hadiah utama berupa satu unit BMW 320i.

“Selain itu, masih terdapat beragam hadiah menarik lainnya, yakni 4 unit Mitsubishi Xpander, 10 unit Vespa LX 125, 30 unit Samsung Galaxy S10+, 50 unit Samsung A70, hingga ribuan voucher senilai ratusan ribu rupiah. Info selengkapnya melalui Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019 dapat diakses di www.telkomsel.com/sebarhepi. Selain itu, secara nasional Telkomsel juga menggelar program Gebyar NSP, Pesta Hadiah SMS Banking dan Langit Musik Natal & Tahun Baru,” tambah General Manager Consumer Sales Regional Kalimantan Ismu Widodo.

Untuk wilayah Kalimantan, Telkomsel menyiagakan 22 Mobile GraPARI (MoGI) dan 288 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya. Telkomsel Regional Kalimantan juga menyiagakan 3 GraPARI Siaga di GraPARI Jalan Sudirman Balikpapan, GraPARI Pontianak Jalan Gusti Sulung Lelanang, GraPARI Kios Banjarbaru Jalan Ayani Kilometer 36 yang beroperasi pada 25 Desember 2019 dan 1 Januari 2020 dengan waktu operasional dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan Posko Telkomsel Siaga di sejumlah titik POI yang diprediksi akan menjadi titik berkumpulnya masyarakat dalam jumlah besar. Seperti titik transit transportasi (Bandara, Pelabuhan, Terminal dan Stasiun), tempat wisata, pasar modern dan tradisional, sekitar tempat beribadah, rest area dan lain sebagainya.

Posko Telkomsel Siaga tersebut bukan hanya akan menyediakan beragam layanan terdepan Telkomsel, namun juga layanan hiburan yang dapat dinikmati secara langsung bagi pengunjung yang hadir.

Kemudahan layanan pelanggan juga dapat dijangkau melalui layanan pesan instan, layanan self-service GraPARI virtual yang siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar produk dan layanan Telkomsel setiap saat yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel serta akun LINE, Telegram, dan Facebook Messenger Telkomsel.

Khusus untuk Area Pamasuka, Telkomsel menggelar 4 program loyalty pelanggan yakni Program “Heppy Akhir Tahun”, Program “Awas POIN Hangus”, Program “Undian Eastimewa”, Program “You are my priority”. Ke-4 program tersebut mengajak pelanggan untuk menukarkan poin nya agar berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah yang telah disediakan menyambut Nataru 2019.

Dan untuk menggali kreatifitas anak muda, Area Pamasuka juga mengadakan OmG Video Competition dan Games Competition di beberapa kota , serta Program Co-Branding dengan Indofood di 13 Posko NARU Platinum.

Kegiatan penguatan jaringan dan layanan pelanggan Telkomsel ini melengkapi rangkaian Roadshow Nataru 2019 yang telah berlangsung sejak 29 November 2019. Di mana Telkomsel juga memberikan bantuan kepada 2.500 masyarakat yang membutuhkan, 2.500 anak panti asuhan, dan 40 tempat ibadah atau yayasan sosial di seluruh Indonesia.

Sekadar diketahui, hingga saat ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan kawasan perbatasan.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G. Lebih lanjut, untuk mengakselerasikan jangkauan serta kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS yang menggunakan frekuensi 900Mhz.

Jangkauan layanan 4G yang telah mencapai 95% dari total wilayah populasi di Indonesia disebut akan terus Telkomsel tingkatkan demi memberikan akses telekomunikasi terdepan bagi masyarakat di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Alasan Batalnya Rudiantara Jadi Dirut PLN

Baca Juga: Jokowi Targetkan Kilang Petrokimia TPPI Selesai 3 Tahun

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Kuliah Umum Adaro, Memperkuat Pertumbuhan Wirausaha di Balangan
apahabar.com

Ekbis

NASA Temukan Galaksi Kanibal, Apakah Bumi Terancam ?
apahabar.com

Ekbis

Asus Rilis Zenfone Max Pro M2, Desember Mendatang
apahabar.com

Ekbis

Perdagangan Sesi Awal, IHSG Bergerak Dua Arah
apahabar.com

Ekbis

Kilang OOG-Pertamina Bakal Bersebelahan dengan Kilang Badak LNG
Kendaraan Listrik

Ekbis

Siap-siap, Pameran Terbesar Kendaraan Listrik IEMS Segera Digelar
HIPMI Tapin

Ekbis

HIPMI Tapin: Vaksinasi Covid-19 Picu Iklim Investasi Kalsel
apahabar.com

Ekbis

Pandemi Covid-19, XL Axiata Lanjutkan Proyek Fiberisasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com