Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Pelindo III Desak Pemkot Banjarmasin Realisasikan MoU

- Apahabar.com Rabu, 11 Desember 2019 - 09:20 WIB

Pelindo III Desak Pemkot Banjarmasin Realisasikan MoU

Ilustrasi peti kemas. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – PT Pelindo III Banjarmasin mendesak agar Pemerintah Kota Banjarmasin segera merealisasikan kerjasama yang sebelumnya telah ditandatangani. Kerjasama itu berupa pembangunan terminal peti kemas yang berlokasi di Jalan Barito Ilir Trisakti atau persisnya berseberangan kantor Pelindo III.

Hal itu disampaikan CEO Pelindo III Regional Kalimantan, Boy Rubyanto, ketika menerima kunjungan kerja komisi III DPRD Kota Banjarmasin belum lama ini.

Menurut Boy, kesepakatan membangun dan memperluas terminal peti kemas tersebut sudah cukup lama, bahkan ketika wali kota dijabat Yudhi Wahyuni.

“Sayangnya rencana ini belum bisa direalisasikan. Pasalnya, Pemkot sampai sekarang belum melakukan pembebasan lahan,” ujarnya.

Sebelumnya ia menilai, lahan itu tidak cocok lagi dijadikan sebagai tempat pemukiman warga.

“Masalahnya, selain berada di lingkungan pelabuhan, ini juga menyangkut masalah faktor keamanan,” ungkapnya.

Dikatakan Boy, jika kerjasama itu bisa direalisasikan  tentunya akan memberikan dampak positif khususnya dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Dalam perjanjian dan kerjasama telah disepakati bahwa Pemkot akan membebaskan lahan, sedangkan pendanaan atau investasi pembangunan peti kemas menjadi tanggung jawab Pelindo III.

“Sesuai MoU yang telah disepakati dari hasil pengoperasian terminal kemas berdasarkan bagi hasil,” sebutnya.

Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin M Isnaini mengakui, berdasarkan MoU pembebasan lahan untuk pembangunan terminal peti kemas memang menjadi kewenangan Pemkot.

Ia juga menjelaskan,  MoU antara Wali kota Banjarmasin Ibnu Sina atas nama Pemkot Banjarmasin dan Pelindo III Banjarmasin sudah dilaksanakan di Surabaya beberapa waktu lalu.

Isnaini berharap, pihak  Pemkot bisa membebaskan lahan yang masih dijadikan tempat tinggal warga itu.

Ketua komisi yang membidangi pembangunan ini mengungkapkan, alokasi anggaran pembebasan lahan tersebut sebenarnya pernah dianggarkan dalam APBD tahun 2013, namun dalam pelaksanaannya gagal direalisasikan.

“Sebenarnya DPRD Banjarmasin sempat meminta agar pihak Pemkot dan  Pelindo III segera merealisasikan rencana  pengembangan pelabuhan  yang ada di ibu  kota Provinsi Kalsel ini,” kata Isnaini.

Masalahnya menurutnya, karena pengembangan pelabuhan selain untuk menunjang Banjarmasin sebagai pintu gerbang perekonomian Kalsel, tapi juga sekaligus untuk  menambah dan meningkatkan PAD.

Penandatanganan MoU dikatakan Isnaini, tidak hanya terkait kerjasama fasilitas bongkar muat barang, tapi pihak Pelindo III juga akan melakukan penataan atau merenovasi  beberapa pelabuhan.

“Dijadikannya Kota Banjarmasin sebagai pintu gerbang perekonomian di Kalimantan merupakan salah satu visi-misi Pemkot, maka sudah seharusnya pembenahan itu ada,” pungkasnya.

Baca Juga: Ajak Mahasiswa Awasi Pemilu, Bawaslu Kalsel dan UIN Antasari Tandatangani MoU

Baca Juga: Tandatangani MoU Untuk Pembangunan SPAM Banjarbakula, Pemprov Kalsel Gelontorkan Miliaran Rupiah

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pimpin KKSS Tanbu, Cuncung Ingatkan Jaga Persatuan
apahabar.com

Kalsel

Dihadapan Toga dan FKUB Kalsel, Kapolda : Ayo Wujudkan Kamtibmas Natal dan Tahun Baru
apahabar.com

Kalsel

Update Karhutla: Ratusan Hektar Lahan di Kalsel Terbakar Dalam Sepekan
apahabar.com

Kalsel

Data Lengkap Korban Kebakaran Hebat di Pekapuran Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Dit Resnarkoba Polda Kalsel Akan Menggelar Penyuluhan dan Edukasi Berbasis Online
apahabar.com

Kalsel

Terekam Video ‘Anggota Dewan’ Loncat Pagar Saat Demo
apahabar.com

Kalsel

Walhi Kecewa, DPRD Kalsel Absen dari Dialog Publik
apahabar.com

Kalsel

Pulang dari Banjarmasin, 1 Anggota DPRD Tabalong Positif Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com