Jokowi Telepon Paman Birin, TNI Terjunkan Kopaska hingga Puluhan Perahu Karet Kapolres Balangan Siap Salurkan Bantuan Adaro ke Masyarakat Terdampak Banjir Tiba di Kalsel, Panglima TNI Marsekal Hadi Tinjau Banjir di Objek Vital BPBD Kapuas Kembali Ingatkan Warga, Waspada Cuaca Ekstrem Bantu Warga Terdampak Banjir, Sekretariat PDIP Kalsel Disulap Jadi Tempat Pengungsian

Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Penyelesaian Studi kepada Mahasiswa S2 dan S3

- Apahabar.com Selasa, 24 Desember 2019 - 17:31 WIB

Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Penyelesaian Studi kepada Mahasiswa S2 dan S3

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyerahkan bantuan pendidikan kepada mahasiswa S3 di Palangka Raya, Senin (23/12). Foto-Antara/Muhammad Arif Hidayat

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyalurkan bantuan penyelesaian studi pada 2019 kepada 108 mahasiswa, terdiri dari 57 mahasiswa program magister (S2) dan 51 mahasiswa program doktoral (S3) serta mahasiswa S1 total Rp12,5 miliar.

“Penyaluran bantuan penyelesaian studi ini sebagai upaya kami meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM) di provinsi ini,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Selasa (24/12).

Adapun masing-masing mahasiswa penerima bantuan penyelesaian studi itu, untuk mahasiswa S2 sebesar Rp17,5 juta dan mahasiswa S3 sebesar Rp29,4 juta. Sedangkan total keseluruhan bantuan penyelesaian studi yang disalurkan pemprov pada tahun 2019 yaitu Rp12,5 miliar.

Jumlah itu merupakan total keseluruhan dengan bantuan yang diberikan pemprov melalui Dinas Pendidikan Kalteng yang disalurkan kepada 5.129 mahasiswa strata satu (S1). Pihaknya berjanji terus bekerja keras meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), sehingga bantuan yang diberikan bisa terus ditingkatkan.

“Makanya kami menjabarkan tentang pentingnya peningkatan PAD, sebab semakin besar nilainya maka akan maksimal pula yang bisa dialokasikan untuk memacu percepatan pembangunan,” tegasnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Mofit Saptono mengatakan, pemprov berkomitmen membantu masyarakat menyelesaikan studi yang sedang mereka jalankan, baik mahasiswa S1, S2 hingga S3.

“Bantuan yang kami berikan lebih fokus pada penyelesaian studi, sebab kebanyakan mahasiswa khususnya S2 dan S3 terganjal pada penyelesaian studi yang memerlukan dana cukup besar,” ungkapnya.

Sementara itu salah seorang penerima bantuan yakni Hasan Busairi menjelaskan, adanya bantuan pembiayaan pendidikan tersebut cukup membantu pihaknya dalam menyelesaian pendidikan yang sedang ditempuh.

Hasan merupakan mahasiswa S3 Fisipol Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur dan saat ini sedang dalam tahap penelitian. Adanya bantuan itu memberikan motivasi dan semangat lebih bagi pihaknya untuk bisa segera menyelesaian pendidikannya.

“Bagi saya dan teman-teman lainnya, bantuan ini cukup membantu. Apalagi saya yang sedang dalam tahap penelitian seperti saat ini,” tuturnya.

Sedangkan Lili Rahmini salah seorang mahasiswa penerima bantuan S2 mengatakan, dirinya merasa senang dan beruntung, sebab bantuan itu membantu dirinya untuk lebih mudah menyelesaikan studi yang dijalankan.

“Saya menjadi lebih semangat lagi untuk melanjutkan pendidikan kedepannya. Bahkan setelah menyelesaikan S2, saya berupaya untuk kembali melanjutkan pendidikan ke tahap S3,” ucapnya.

Baca Juga:  CSR PT SMM,102 Anak Ikut Khitanan Massal di Teweh Tengah

Baca Juga: Bawaslu Barito Utara Lantik 27 Anggota Panwascam 

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kobar

Kalteng

Positif Covid-19, Bupati Kobar Rajin Berjemur di Atas Gedung
apahabar.com

Kalteng

Insentif Nakes RSDS Palangka Raya Belum Dibayar, Simak Penyebabnya
apahabar.com

Hukum

Korban Pria Berkelainan Seks di Seruyan Diduga Tak Hanya Anak SD
apahabar.com

Kalteng

Kabupaten Seruyan Nihil Kasus Covid-19
apahabar.com

Kalteng

2 Warganya Positif Corona, Kalteng Naik Status
apahabar.com

Kalteng

Resmi Operasional, RS Palangka Raya Siap Terima Pasien Limpahan Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Pasar Bebas Banjir Muara Teweh Kalteng Juara Terbaik Kedua Nasional
apahabar.com

Kalteng

Pemkab Kapuas Usulkan Fasilitas Laboratorium Swab
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com