Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D

Peringati Hari HIV/AIDS Sedunia, PKBI Barut Bagi Pita Merah

- Apahabar.com Minggu, 1 Desember 2019 - 14:34 WIB

Peringati Hari HIV/AIDS Sedunia, PKBI Barut Bagi Pita Merah

Pembagian pita oleh PKBI Barito Utara sebagai bagian dari kampanye Hari HIV /AIDS sedunia di Bundaran Buah Muara Teweh, Minggu (1/12/2019) Foto-Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH – Para pengendara dan pejalan kaki yang melintas di Bundaran Buah, Muara Teweh Barito Utara pada Minggu (01/12), sempat kaget saat didatangi ratusan orang. Pasalnya kendaraan mereka diikat pita merah.

Usut punya usut, ternyata ini ulah dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Barito Utara dalam rangkaian peringatan Hari HIV/AIDS sedunia dan rangkaian kampanye bebas virus mematikan tersebut.

Dalam aksi simpatik ini, 200 relawan diterjunkan di beberapa titik di kota Muara Teweh. Pita merah sendiri dipilih karena warna merah melambangkan darah yang menjadi tempat berkembangnya virus HIV di dalam tubuh.

Warna merah juga melambangkan semangat atau gairah untuk melawan virus mematikan ini, terutama bagi mereka yang sudah terinfeksi.

Ketua PKBI Barut, Edy Nugroho, didampingi Sekretaris PKBI, Parman, mengatakan, HIV/AIDS menjadi perhatian kita bersama.

“Inti kegiatan ini untuk menyadarkan bahwa AIDS itu penyakit yang menular tetapi bisa dicegah dengan harapan semua masyarakat mengetahui,” kata Edy Nugroho.

Kita, sambungnya, juga tidak bisa membedakan masyarakat atau anggota keluarga yang kena AIDS atau belum, karena itu harus dites dulu baru bisa diketahui.

Diterangkan oleh Edy Nugroho, pada tahun ini, Indonesia juga mengadopsi tema tersebut sebagai tema Nasional HAS 2019, yaitu “Bersama Masyarakat Meraih Sukses!”. Melalui tema ini Kementerian Kesehatan dan para mitranya, ingin mengajak seluaruh lapisan masyarakat untuk meraih sukses mencapai 3 zero pada 2030.

Cita-cita mencapai 3 zero pada 2030 tidak dapat tercapai tanpa dukungan lintas program serta masyarakat. Kesuksesan dapat terwujud dengan didukung akses layanan kesehatan berkualitas tinggi, upaya pencegahan, pendampingan dan dukungan tanpa adanya stigma dan diskriminasi.

Tema nasional dipilih untuk melanjutkan semangat kampanye: #SayaBeraniSayaSehat yang dicanangkan sejak 2017 untuk menyerukan tes HIV dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV AIDS.

Kampanye selanjutnya, #adaObatadaJalan pada 2018. Dengan tahu status HIV secara dini, ODHA tetap bisa produktif untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat, karena sekarang ada obatnya.

apahabar.com

bersama anggota PKBI Barito Utara. Foto-Istimewa

Baca Juga: Kasus Penderita HIV Aids di Kalsel Terus Meningkat

Baca Juga: Peringkat 2 di Kalsel, Kasus HIV/AIDS di Tanbu Memprihatinkan

Reporter: AHC17
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Diminta Uang Belanja, Seorang Suami di Muara Teweh Ancam Bakar Rumah
apahabar.com

Kalteng

ASN Kapuas Wajib Contohkan Penerapan Protokol Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Eksploitasi Berlebihan Akar Bajakah Disorot, Warga Tak Bisa Kirim ke Luar Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Kunjungi Kobar, Ini yang Dilakukan 24 Diplomat Kemenlu
apahabar.com

Kalteng

Kapal Wisata Tenggelam di Perairan Kobar, 2 Turis Lolos Dari Maut
apahabar.com

Kalteng

Gugus Tugas Covid-19 Palangka Raya Perketat Pengawasan di Pasar Besar, Simak Skemanya
apahabar.com

Kalteng

Tambah 16 Kasus Baru, Positif Covid-19 di Palangka Raya Jadi 168 Orang
apahabar.com

Kalteng

Korban Angin Puting Beliung di Desa Mawar Mekar Kapuas Terima Bantuan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com