Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan Kapolresta Palangka Raya: Langgar PPKM Bakal Ditindak Tegas! Kasus Covid-19 Meningkat, Palangka Raya Resmi Terapkan PPKM Duka Awal Tahun, Dahsyatnya Banjir Kalsel hingga Sriwijaya Jatuh Peduli Banjir Kalsel, Relawan Barut Siap Salurkan Bantuan Puluhan Juta

Pimpin Upacara Hari Bela Negara, Sekda Banjar Singgung Pengelolaan Keuangan

- Apahabar.com Selasa, 17 Desember 2019 - 10:37 WIB

Pimpin Upacara Hari Bela Negara, Sekda Banjar Singgung Pengelolaan Keuangan

Bupati Banjar Khalilurrahmanyang didampingi Sekda Banjar MokhammadHilman memberikan beberapa penghargaan setelah upacara peringatan Hari Bela Negara. Foto- apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, MARTAPURA – Jajaran pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan upacara peringatan Hari Bela Negara ke 71, di Halaman Kantor Bupati Banjar, Selasa (17/12) pagi. Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman yang memimpin upacara tersebut membacakan sambutan Presiden RI, JokoWidodo.

“Tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan bela negara. Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya untuk menjadikan wadah bela negara,” ucap Hilman saat membacakan sambutan Presiden Jokowi.

Usai membacakan sambutan, Hilman kemudian menyampaikan beberapa hal terkait laporan pertanggungjawaban kegiatan di tahun 2019. Menyikapi kondisi mendekati akhir tahun,kata dia,  pemerintah menginginkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk segera menyelesaikan susunan laporan kegiatan di tahun ini.

Pertama yang disampaikannya adalah mengenai kebijakan daerah yang telah dilakukan mulai triwulan ke III tahun 2019. Seluruh perangkat daerah sebagai entitas keuangan, menyusun laporan keuangan SKPD per desember atau akhir triwulan ke III dengan batas waktu penyelesaian  pada akhir november yang lalu.

“Kami memberikan apresiasi kepada beberapa SKPD yang mampu memenuhi target ini, diharapkan pada seluruh SKPD lainnya  dapat juga menyelesaikan laporan ini secepatnya,” harap dia

Hal ini dimaksudkan, agar laporan keuangan tahunan nanti tidak terlampau berat lagi. Apabila telah terpenuhi, SKPD terkait hanya tinggal melengkapi laporan triwulan ke IV untuk menyelesaikan laporan tahunan.

Kedua mengenai pelaksanaan program kegiatan tahun 2020. Pemerintah meminta untuk persiapan sejak dini dan sebaik mungkin.

“Belajar dari pelaksanaan sebelumnya yang direncanakan setiap tahapan kegiatan dengan baik. Serapan anggaran dan kemajuan fisik harus proporsional dilaksanakan sejak awal tahun agar jangan menumpuk penyelesaian kegiatan di akhir tahun,” bebernya

Selanjutnya, Hilman juga mengingatkan jajaran SKPD untuk menyiapkan laporan realisasi dalam setiap pelaksanaan kegiatan. Khususnya terkait dengan pembangunan infrastruktur, baik bidang pendidikan maupun kesehatan untuk dijadikan dasar penyaluran dana transfer dibulan berikutnya.

“Persiapkan penyelenggaraan kegiatan tahun 2020 harus dilakukan secara cermat,” lanjut dia.

Mewakili Bupati Banjar dan jajaran pemerintah lainnya, dirinya mengapresiasi atas capaian yang telah diperoleh tahun ini. Capaian tersebut ujarnya dapat menjadi motivasi untuk tahun berikutnya.

Usai menutup sambutannya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian beberapa penghargaan yang diberikan langsung oleh Bupati Banjar Khalilurrahman didampingi Sekda Banjar MokhammadHilman.

Penghargaan itu diantaranya Penyerahan Mobil Dinas Hibah Perlindungan Anak dari Kementrian Perlindungan Anak dan Perempuan RI. Penyerahan secara simbolis Bonus Juara MTQ tingkat Kab. Banjar di Kec. Tatah Makmur. Penyerahan kembali Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten, Nasional dan Mandiri Tahun 2019 dari Kementerian LHK RI.

Penyerahan Juara Harapan I Tingkat Nasional pada Lomba Desa Wisata Nusantara Berkembang dari Kementrian Desa Pembangunan Dareah Tertinggal & Transmigrasi RI. Penyerahan kembali Piala dan Piagam Skil Competition Aparatur DamkarKab/kota se-Kalsel Tahun 2019.

Baca Juga: Sebelum Upacara Hari Pahlawan, ASN Pemkot Banjarmasin Geger Penemuan Mayat Mengapung

Baca Juga: Jadi Pembina Upacara Bendera, Ini Amanat Pelda Mujiono Kepada Murid SDI An Nuriyah

Repoter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Anggota Polresta Banjarmasin Diajak Teladani Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW
apahabar.com

Kalsel

Di Tengah Pandemi, Target PAD Tabalong Capai 70,16 Persen
apahabar.com

Kalsel

Warga Bandel Saat PSBB, ‘Polisi India’ Banjarmasin Siap Bertindak
apahabar.com

Kalsel

Satpol PP Terbitkan SP3 Bangunan ‘Bandel’ RSUD Sultan Suriansyah
apahabar.com

Kalsel

Dewan Soroti Banyaknya Anak Putus Sekolah di Alalak
apahabar.com

Kalsel

Akibat Banjir, Jalan dan Listrik Putus di Desa Jati Baru
apahabar.com

Kalsel

Pengamat: Kunker Rp 3,5 M Picu Golput
apahabar.com

Kalsel

KNPI Kalsel: Pemkot Banjarmasin “Telantarkan” Anak Jalanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com