apahabar.com
Didampingi Bupati Hj Noormiliyani AS, Ketua TP PKK Barito Kuala, Saraswati Dwi Putranti, memotong untaian melati untuk menandai peresmian Bedah Rumah di Kecamatan Rantau Badauh. Foto-Humpro Setda Batola

apahabar.com, MARABAHAN – Hanya dalam hitungan hari, 8 kepala keluarga sudah memiliki tempat tinggal layak yang merupakan hasil dari Bedah Rumah Sehat PKK Barito Kuala.

3 rumah pertama berada dua desa di Kecamatan Tabunganen dan diresmikan Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, bersama Ketua TP PKK Batola, Hj Saraswati Dwi Putranti, Rabu (18/12).

Di Desa Tabunganen Kecil RT 03, rumah yang berasal dari kerjasama PKK dan Dinas Perubahan dan Permukiman (Disperkim) Batola ini diperuntukan kepada keluarga Yani (47).

Sementara sisanya terletak di Desa Tabunganen Tengah RT 10 dan Desa Sungai Tiras Luar RT 04. Rumah tersebut masing-masing ditempati keluarga Hamdan (42) dan keluarga Sawiyah (61).

Kesemua rumah bertipe 36 tersebut sudah berlistrik dan dilengkapi 29 jenis bantuan seperti lemari pakaian, kasur, meja, kursi, gorden, beras, gula dan lain-lain dari Dinas Sosial Batola.

Masing-masing keluarga juga mendapatkan bantuan berbagai instansi seperti Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Pendidikan dan Dharma Wanita Persatuan (DWP).

Masih ditambah uang tunai sebesar Rp2 juta dari Disperkim, serta bantuan dari Camat dan Ketua TP-PKK Tabungan, serta semua kepala desa senilai Rp7,5 juta.

Kegiatan maraton ini berlanjut ke dua kecamatan bertetangga Rantau Badauh dan Cerbon, Jumat (20/12). 2 unit rumah berada di Rantau Badauh dan sisanya terletak di Cerbon, langsung diresmikan Noormiliyani.

Warga Rantau Badauh yang mendapatkan bantuan adalah Sani di Desa Sungai Sahurai, Bawiyah di Desa Sungai Gampa, dan Mastur di Desa Sungai Gampa Asahi.

Sedangkan di Cerbon, Muhammad Asnani di Desa Sungai Rasau dan Abdullah di Desa Badandan juga tidak perlu lagi khawatir akibat rumah yang sudah layak huni.

Tidak hanya rehabilitasi tempat tinggal, warga Cerbon dan Rantau Badauh tersebut jua menerima berbagai bantuan dari lain.

“Alhamdulillah Bedah Rumah ini bisa terus dilaksanakan, mengingat masih banyak rumah yang harus dibedah. Kami berharapan semakin banyak warga yang menempati rumah layak huni,” papar Noormiliyani.

“Sekaligus saya juga menginginginkan kepada penerima bantuan untuk merawat rumah tersebut, karena bantuan ini sesungguhnya dari rakyat dan untuk rakyat,” tambahnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, PKK Batola sendiri gencar merealisasikan Bedah Rumah. Sebelumnya di pertengahan November 2019, 10 rumah bantuan di Anjir Pasar juga sudah diresmikan.

“Sebenarnya kami hanya meneruskan program yang dirintis Bupati, sewaktu beliau menjadi Ketua TP PKK Batola. Melalui program ini, kami berharap kepedulian antar sesama warga juga meningkat,” sahut Saraswati.

“Kami berharap dengan memperbaiki rumah, keluarga pra sejahtera bisa fokus menata hidup yang lebih baik,” tandasnya.

Baca Juga: Satpol PP Batola Incar Delapan Putra Daerah

Baca Juga: Bidan Dominasi Jabatan Fungsional Tertentu di Batola

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Puja Mandela