3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Rakernas Ricuh, Kongres PAN Mengawang-awang

- Apahabar.com Sabtu, 7 Desember 2019 - 17:15 WIB

Rakernas Ricuh, Kongres PAN Mengawang-awang

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mencoba menenangkan para kader yang gontok-gontokan di Rakernas V PAN di Hotel Millennium, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu. Foto-Kompas

apahabar.com, JAKARTA – Rapat kerja nasional (rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN) diwarnai insiden kericuhan di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu (07/12).

Tidak keputusan terkait penetapan jadwal kongres nasional dari rakernas tersebut.

“Agenda rakernas ini kan hanya ada dua, yaitu menentukan tempat dan waktu penyelenggaraan kongres. Tadi kita sudah menyepakati dua hal tadi, pertama kongres PAN akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada Maret 2020. Kami belum menentukan tanggalnya langsung karena mengingat persoalan teknis akomodasi dan transportasi,” ujar Ketua Steering Committee Rakernas PAN Saleh Partaonan Daulay.

Saleh mengatakan saat ini tengah ditentukan waktu yang tepat terkait tanggal penyelenggaraan kongres tersebut.

Yang jelas, kata dia, kongres akan digelar pada rentang waktu antara Januari hingga akhir Maret 2020.

“Kami berharap bahwa nanti ada satu waktu di antara itu yang semua kader kami di seluruh Indonesia mereka bisa meluangkan waktu untuk hadir bersama-sama dengan kami di kongres PAN,” kata dia.

Adapun terkait lokasi kongres juga belum ditetapkan dalam rakernas ini. Saleh mengatakan hal tersebut terjadi karena banyaknya Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) yang mengajukan diri untuk menjadi lokasi penyelenggara kongres.

Namun, kata dia, dalam rakernas telah ditentukan setidaknya sembilan wilayah untuk menjadi calon tuan rumah penyelenggaraan kongres, termasuk Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Papua.

“Tempat- tempat ini lah nanti yang akan dibawa ke Dewan Pimpinan Pusat PAN, untuk dilakukan verifikasi dan juga survei tempat itu,” ucap Saleh.

Saleh mengatakan tempat yang ditunjuk nantinya harus memiliki fasilitas penunjang yang memadai, termasuk ketersediaan hotel, mengingat peserta yang akan menghadiri kongres lebih dari 3.000 orang.

Rakernas PAN kali ini juga sempat diwarnai insiden kericuhan antara peserta terkait masalah tata tertib rapat. Sempat terjadi saling rebut microphone antara perwakilan DPD dan DPW yang sama-sama ingin menyampaikan pendapat terkait lokasi kongres.

Akibat kejadian tersebut rakernas sempat diskors beberapa saat, untuk kemudian dilanjutkan kembali.

Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Yandri Susanto seusai rakernas mengatakan bahwa insiden kericuhan tersebut terjadi lantaran adanya kesalahpahaman antar peserta.

“Orang-orang di sini mungkin jarang berdebat, forumnya juga luar biasa ramai. Tadi ada kesalahpahaman sedikit saja, tadi ada yang rebut mic, belum selesai bicara, yang lain sudah bicara. Jadi kesimpangsiuran atau kengototan masing-masing saking semangatnya itu sehingga tadi ada mispersepsi dan salah komunikasi antar kita,” kata Yandri.

Lebih lanjut Yandri mengatakan bahwa kesalahpahaman tersebut hanya berlangsung sesaat, dan suasana dapat kembali kondusif.

Adapun terkait tenggat waktu penetapan jadwal kongres, Yandri mengatakan hal tersebut akan disampaikan kepada publik menjelang akhir Desember 2019.

“Kami menargetkan paling lambat pertengahan atau bisa jadi minggu ketiga bulan Desember. kenapa begitu? Supaya memastikan di mana letak kongres dan akan membentuk panitia pusat dan panitia daerah, kemudian kita akan running untuk melihat kesiapan teknisnya, hotelnya dan fasilitas lain dan sebagainya,” kata Yandri.

Baca Juga: PDIP Usul Parliamentary Threshold Juga Berlaku di Pileg DPRD

Baca Juga: Hadapi Pilkada 2020, PDIP Balangan Temui 5 Parpol

Baca Juga: Ma’ruf Amin Berharap Jangan Ada Destabilisasi Politik Nasional

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020, PDIP Jatim Bertekad Menang di 15 Daerah

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Direstui H Rusli, Andin Sofyanoor Mantap Maju di Pilkada Banjar
apahabar.com

Politik

Dugaan Pelanggaran Kampanye di Barikin HST, Bawaslu Tindaklanjuti Laporan Tim Paslon Sabil
Habib Aboe Bakar

Politik

Bantah All PKS Man di Pilwali Banjarmasin, Habib Aboe Bakar Bulat Menangkan Ananda-Musaffa
apahabar.com

Politik

Berikut Tiga Parpol Paling Loyal Kampanyekan Dua Paslon Capres
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin 2020, Rombongan Ananda-Mushaffa Tiba di KPU
apahabar.com

Politik

Tepis Isu Mengkeramatkan Makam Orangtua, Begini Penjelasan Lengkap Syafruddin H Maming
apahabar.com

Politik

Habib Ismail Mantap Incar Kursi Gubernur Kalteng
apahabar.com

Politik

Pendukung Jokowi – Maruf Putihkan GBK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com