apahabar.com
114 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan mengikuti Wisuda Sarjana XVI Program Strata Satu tahun 2019 di Pendopo Kabupaten HSS, Minggu (22/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Sebanyak 114 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan mengikuti Wisuda Sarjana XVI Program Strata Satu tahun 2019.

Wisuda dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Minggu (22/12).

Dari 114 mahasiswa yang diwisuda, 33 di antaranya berasal dari program studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah). Sementara 88 mahasiswa lainnya dari program studi Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Ini merupakan wisuda ke-16, sejak berdiri pada tahun 1986. Sampai saat ini berarti STAI Darul Ulum sudah memiliki lulusan 2.241 orang,” ungkap Ketua STAI Darul Ulum Kandangan, H. Mukhsin Aseri.

Ia mengatakan pada 22 September 2019, STAI Darul Ulum Kandangan berusia 33 tahun. Sejak didirikan dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Syariah hingga berganti nama, STAI Darul Ulum Kandangan dinilai memiliki banyak kemajuan.

“Alhamdulillah sekarang banyak pihak yang memandang STAI Darul Ulum mengalami kemajuan. Perkembangan STAI Darul Ulum Kandangan tidak lepas dari dukungan tiga pilar; ulama, umara dan pengelola,” ungkapnya.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab kesuksesan itu karena adanya sinergisitas antara ulama dan umara yang ada di HSS. STAI Darul Ulum hingga saat ini juga telah mengadakan kerjasama dengan beberapa pondok pesantren dalam upaya penyediaan pelayanan pendidikan.

Pada kegiatan itu, juga dilakukan penandatangan MoU antara STAI Darul Ulum Kandangan dengan Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan. Kerjasama dilakukan untuk perkuliahan bagi para santri.

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua STAI Darul Ulum dengan Pimpinan Ponpes Dalam Pagar, Tuan Guru Ahmad Syairazi, yang juga sekaligus mengisi tausyiah.

Tuan Guru Ahmad Syairazi sendiri secara resmi ditunjuk menjadi Ketua Dewan Penyantun STAI Darul Ulum Kandangan.

Baca Juga: Emosi, Petani Kandangan Tebas Dua Pemuda hingga Sekarat

Baca Juga: Viralkan Ketupat Kandangan, Via Sitorus Bikin Penasaran Hotman Paris

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela