ga('send', 'pageview');
Kalsel Siaga Karhutla, Ring Satu Jadi Atensi FOTO: Serba Putih, Massa Tolak RUU HIP di Banjarmasin Tolak RUU HIP, Ratusan Massa Geruduk Rumah Banjar! Diskotik Dilarang, Banjarmasin Bolehkan THM Lain Beroperasi Demo RUU HIP di Rumah Banjar, Ratusan Polisi Disiagakan




Home Kalsel

Jumat, 13 Desember 2019 - 12:22 WIB

Resmi, Panitia Rilis Stiker dan Jalur yang Dilewati Jemaah Haul Guru Sekumpul ke 15

Redaksi - Apahabar.com

Ilustrasi stiker yang dirilis panitia Haul Guru Sekumpul ke 15. Foto-Istimewa

Ilustrasi stiker yang dirilis panitia Haul Guru Sekumpul ke 15. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Haul ulama kharismatik KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul kurang dari dua bulan lagi. Meski begitu, demi kenyamaan jutaan jemaah yang hadir, panitia telah merilis stiker dan jalur yang akan dilewati menuju Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

Seperti tahun lalu, adanya stiker dan jalur-jalur jemaah memang memudahkan jemaah yang datang. Khususnya untuk mengurai kemacetan bagi mereka yang datang dari segala penjuru.

“Kami dari tim induk sekumpul sudah mengeluarkan contoh stiker untuk memudahkan relawan dan jemaah ketika acara haul,” ungkap Koordinator Tim Induk Sekumpul, H Abdel kepada apahabar.com, Jumat (13/12) Siang.

Stiker yang dimaksud bertujuan untuk memudahkan jemaah dan relawan petugas untuk mengatur titik lintasan yang dilewati saat menuju maupun pulang dari lokasi haul nanti.

Setiap wilayah akan dibedakan berdasarkan warna stiker yang telah ditentukan panitia. “Sudah kami rilis label resmi serta peta globalnya. Selama ini kan jemaah terfokus hanya di Jalan A Yani saja,” beber dia.

Baca juga :  Wakil Rakyat Soroti Penanganan Pendidikan Kalsel di Masa Pandemi

Tim Induk Sekumpul kata dia, telah melakukan survei bersama pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar untuk menentukan jalur alternatif yang bisa dilalui jemaah.

“Semua informasi sudah kami rilis di website maupun medsos. Silahkan coba jalur itu, nanti dipandu juga oleh petugas dan relawan,” kata dia

Pembagian stiker dibedakan menjadi tiga warna. Warna merah ditujukan untuk jemaah yang melintasi atau berasal dari Banjarmasin, Banjarbaru, Palangkaraya, Kalimantan Barat, Kapuas, serta Sungai Tabuk.

Selanjutnya stiker berwarna biru ditujukan untuk jemaah yang berasal atau melintasi wilayah Hulu Sungai, Muara Teweh, Buntok, Ampah dan Kalimantan Timur (Lewat Jalan A Yani Hulu Sungai).

Sedangkan stiker berwarna kuning digunakan untuk jemaah yang berasal atau melintasi wilayah Bati-Bati, Pelaihari, Batulicin, Kotabaru, serta Kalimantan Timur (lewat Jalan A.Yani Pelaihari)

Baca juga :  Begini Harapan AKBP Pipit Subianto pada Kampung Tangguh Banua di Desa Banyu Hirang

Abdel meyakini jumlah jemaah terus meningkat setiap tahunnya. Namun dia tidak bisa memprediksi berapa jumlahnya. Menyikapi hal itu, lahan parkir pun akan dilakukan penambahan di sejumlah titik.

“Karena indikator kita untuk memastikan tidak ada. Jadi kita cuma memantau untuk jemaah seberapa luas sebarannya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk wilayah yang akan disterilkan dari kendaraan, sejauh ini dia belum bisa memastikan. Pihaknya pun belum bersepakat dengan Dishub maupun Kepolisian.

“Tapi sebagai gambaran yang jelas daerah sekumpul dan sekitarnya kita usahakan steril. Cuma tinggal waktunya aja lagi,” tuturnya.

Baca Juga: Stadion Demang Lehman Siap Tampung Tamu Haul Sekumpul ke 15, Gratis!

Baca Juga: Penginapan Gratis Haul Guru Sekumpul ke 15; ‘Pasar Sekumpul’ Sediakan 50 Toko

Reporter: Musnita Sari
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

Dewan Kota Banjarmasin Minta Kasus Narkoba 2 Ons Diberantas

Kalsel

Dewan Kota Banjarmasin Minta Kasus Narkoba 2 Ons Diberantas
apahabar.com

Kalsel

Luar Biasa! Sprinter Asal HST Raih Prestasi Internasional
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Perhatikan Peringatan Dini BMKG untuk Cuaca Kalsel Hari Ini!
apahabar.com

Kalsel

Jual Sabu, Pria di Banjarmasin Selatan Terancam 20 Tahun Bui
apahabar.com

Kalsel

Unik! Sambut HUT RI ke-74, Kades Sungai Rangas Siapkan Lomba Tangkap Bebek
apahabar.com

Kalsel

Terduga Teroris di Tanbu Terkait Lone Wolf di Daha Selatan
apahabar.com

Kalsel

KPU Banjarmasin Temukan Kerusakan Kotak Suara, Ini Laporannya
apahabar.com

Kalsel

Setelah Dua Pekan, Batola Expo Ditutup Wakil Wali Kota Palu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com