Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru

Sasar Milenial, Yayasan Kompas Borneo Soroti Peningkatan Volume Sampah Plastik di Banjarmasin

- Apahabar.com Selasa, 3 Desember 2019 - 12:49 WIB

Sasar Milenial, Yayasan Kompas Borneo Soroti Peningkatan Volume Sampah Plastik di Banjarmasin

Wali Kota Banjarmasin, IbnuSina memberikan keterangan kepada wartawan usai membuka diskusi publik dan kampanye lingkungan berbasis online yang digelar Yayasan Kompas Borneo Hijau. Foto- Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Gerakan terstruktur dan masif wajib dilakukan dalam mengatasi problematika penggunaan sampah plastik di Banjarmasin.

Terlebih, produksi sampah di kotaberjuluk seribu sungai ini sudah berada pada tahap mencengangkan.

Bahkan, terdata sekitar 600 ton per hari. Sebagian merupakan sampah plastik.

“Ini luar biasa. Kaum milenial harus ikut bergerak. Mesti ada tambahan energi untuk memerangi masalah sampah plastik,” ucap Wali Kota Banjarmasin, IbnuSina saat membuka diskusi publik dan kampanye lingkungan berbasis online yang digelar Yayasan Kompas Borneo Hijau melalui siaran pers, Selasa (03/12).

Iamenganalogikan, jika kesadaran milenial muncul sejak dini, maka ada harapan baru di masa mendatang dalam memperlakukan sampah.

“Tidak membuang sampah sembarangan saja, apalagi di sungai, itu keren dan derajat milenial naik satu tingkat,” bebernya.

Pemkot Banjarmasin sendiri telah mengeluarkan regulasi dalam mengurangi sampah plastik.

Sebut saja seperti memberlakukan kebijakan pelarangan penggunaan kantong plastik di mini dan super market, gerakan penggunaan tumbler, serta pemilahan jenis sampah.

Adapun, Perwakilan PT Adaro Indonesia, M Ismail berkomitmen untuk terlibat dalam upaya penyadaran masyarakat terhadap lingkungan hidup. Salah satunya persoalan sampah plastik.

“Persoalan sampah plastik sudah menjadi isu daerah, nasional, hingga internasional. Dalam hal ini, Adaro ambil bagian untuk mendorong kesadaran masyarakat, termasuk kaum milenial,” kata Ismail.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kompas Borneo Hijau, Indra Gunawan menjelaskan diskusi publik dan kampanye lingkungan berbasis online ini sengaja menyasar kaum milenial di Banjarmasin.

“Mengapa milenial, karena mereka inilah generasi masa depan. Kesadaran harus dibangun sejak dini. Dengan pendekatan milenial pula. Media sosial yang digandrungi sekarang harus dimanfaatkan maksimal untuk membangkitkan sikap peduli terhadap lingkungan,” ucap Indra.

Sekedar diketahui, dua narasumber dihadirkan pada diskusi publik itu. Livia Ramadhani Putri, pegiat lingkungan kaum milenial dan Atim Susanto dari Bank Sampah Banjarmasin.

Livia yang sehari-hari sebagai presenter di salah satu stasiun televisi jaringan nasional, menularkan kepada 100 peserta trik-trik bersosialisasi dan kampanye kepedulian lingkungan di berbagai media sosial. Seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Sementara Atim berbagi pengalaman dalam memperlakukan sampah.

Baca Juga: ACT dan Rintara Jaya Kalsel Libatkan Puluhan Relawan Kurangi Sampah Plastik

Baca Juga: TPA Basirih Libatkan 200 Pemulung Mengais Sampah Plastik

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

1 September mendatang, Perbup Tabalong Akan Ditegakkan
apahabar.com

Kalsel

30 Tahun Berjualan, Jali Bawa 300 Bungkus Apam di Haul Haji Maming
apahabar.com

Kalsel

Camat di Batola Dilarang Keluar Wilayah
apahabar.com

Kalsel

HST Percepat Perubahan APBD 2019
apahabar.com

Kalsel

Mengenal Rasulullah SAW Jadi Materi Tausiah Habib Asal Semarang di Peringatan Maulid Nabi
apahabar.com

Kalsel

Bupati HSS Minta Kades Karasikan Buat Program Mensejahterakan Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Peringati Hari Koperasi, Bupati Banjar: Pengurus Harus Jujur
apahabar.com

Kalsel

Cegah Karhutla dan Gangguan Kamtibmas, Polsek Tambang Ulang Rutin Patroli Siang Malam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com