apahabar.com
Egy Maulana Vikry kreator kemenangan Timnas U-22 Indonesia dari Myanmar. Foto-Istimewa

apahabar.com, FILIPINA – Tim nasiona U-22 Indonesia memastikan tiket ke final cabor sepakbola SEA Games 2019. Menyusul kemenangan 4-2 dari Myanmar di semifinal yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12).

Di final, pasukan Indra Sjafri tinggal menunggu pemenang antara Vietnam vs Kamboja.

Di awal babak pertama, Timnas U-22 tampil cukup sabar. Evan Dimas menghasilkan peluang pertama pada laga ini.

Tak ketinggalan Osvaldo Haay, Saddil Ramdani, dan Egy Maulana Vikri bahu membahu membongkar pertahanan lawan. Namun Myanmar coba keluar dari tekanan.

Kedua kubu banyak menciptakan peluang, namun skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, baik Garuda Muda dan Myanmar saling jual beli serangan.

Garuda Muda lebih dulu unggul. Kerja sama Asnawi Mangkualam Bahar dan Egy di sisi kanan berhasil dituntaskan Evan Dimas dari jarak dekat. Evan mencetak gol pertama di SEA Games 2019, Indonesia memimpin 1-0.

Memasuki menit ke-67 pemain Myanmar melakukan pelanggaran kepada Saddil. Tendangan bebas diambil Bagas Adi Nugroho. Egy mampu memanfaatkan assist Bagas dengan menanduk bola dan membuat Indonesia memimpin 2-0.

Keunggulan dua gol tak dapat diamankan. Myanmar kemudian menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan kecerobohan pemain-pemain Indonesia.

Menit ke-79 kesalahan Zulfiandi kemudian membuat situasi berbahaya di lini pertahanan dan berbuntut pada gol Aung Kaung Mann.

Semenit berselang giliran Win Naing Tun memanfaatkan blunder Nadeo Arga Winata yang tak mampu menangkap bola dengan baik.

Setelah skor imbang 2-2 pertandingan berjalan sengit. Kedua kesebelasan saling berbalas serangan dan menghasilkan peluang.

Tidak ada gol pembeda hingga waktu normal usai, babak tambahan pun dimainkan.

Indonesia lagi-lagi langsung memperagakan permainan menyerang seketika babak tambahan dimulai. Berkali-kali menusuk pertahanan lawan, Indonesia tak bisa langsung menuai hasil.

Pada menit ke-101, umpan Asnawi Mangkualam Bahar dari sayap kanan berhasil dituntaskan Osvaldo. Tim Garuda memimpin 3-2.

Myanmar pun berambisi menyamakan kedudukan untuk kali kedua dengan berani menyerang. Sabar dan solid di lini pertahanan, Indonesia kemudian memetik hasil pada menit ke-113.

Saddil yang berada di sisi kiri berhasil berakselerasi dan melepas umpan kepada Sani Rizki Fauzi yang masuk dari sisi kanan. Sani kemudian melepas umpan tarik datar yang dapat diselesaikan dengan baik oleh Evan. Indonesia kembali membuat keunggulan dua gol atas Myanmar.

Tiga menit sebelum laga bubar, Aung Naing Win mendapat kartu merah setelah menendang Osvaldo Haay. Myanmar bermain dengan 10 orang pemain.

Skor 4-2 untuk Indonesia bertahan hingga laga bubar. Indonesia pun melangkah ke final dan akan menghadapi pemenang dalam laga antara Vietnam dan Kamboja.

Perlawanan Myanmar sudah diprediksi Indra Sjafri, namun dia memastikan tim asuhannya sudah siap untuk laga tersebut. “Myanmar bukan lawan yang mudah, tetapi kami punya keyakinan untuk bisa mengalahkan mereka,” tutur Indra Safri sebelum laga dikutip dari laman resmi PSSI.

Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata (GK), Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, Asnawi Mangkualam; Evan Dimas, Zulfiandi, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay.
Pelatih: Indra Sjafri​​​​​​

Myanmar: Sann Sat Naing, Win Moe Kyaw, Ye Yint Aung, Ye Min Thu, Aung Wunna Soe; Lwin Moe Aung, Hlaing Bo Bo, Aung Naing Win, Myat Kaung Khant, Htet Phyoe Wai, Nay Moe Naing.
Pelatih: Velizar Popov

Baca Juga: Gawat, Kondisi Donni Monim Masih Tanda Tanya

Baca Juga: Singkirkan Wakil Tuan Rumah, Praveen-Melati ke Semifinal SEA Games

Baca Juga: SEA Games 2019: Indonesia Berpeluang Dulang 8 Emas di Hari Ketujuh

Baca Juga: Ajang SEA Games 2019, Indonesia Berpeluang Panen Emas Lagi Hari Ini

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin