apahabar.com
Ilustrasi listrik. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Tak dapat dipungkiri bahwa permintaan tenaga listrik dari tahun ke tahun semakin meningkat, karena menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Meski mengalami peningkatan, tapi tahukah Anda bahwa tarif listrik di Indonesia termasuk murah?

Ya, ternyata Indonesia masuk dalam deretan 10 negara dengan tarif listrik termurah di dunia. Bahkan jika dibandingkan dengan Malaysia, Thailand, dan Filipina, Indonesia tarif listrik Indonesia jauh lebih murah.

Namun di balik tarif yang tergolong murah itu, Anda tetap harus hemat-hemat dalam penggunaannya agar Indonesia tak kekurangan ketersediaan pasokan listrik. Dengan menjaga ketersediaannya, artinya Anda ikut menyelamatkan ekonomi negeri ini.

Enggak percaya? Jadi, listrik diukur dengan satuan kapasitas konsumsi daya elektrik dalam kilo watt hour (KWH). Tarif 1 KWH untuk pelanggan 1300 VA, ditetapkan sebesar Rp1.467.

Jika dikonversi dengan kebutuhan sehari-hari, 1KWH setara dengan harga secangkir kopi (kurang lebih 10 KWH) dan 1 tiket bioskop kurang lebih 20 KWH.

Nah dengan penghitungan itu, Anda pasti sudah tahu kan betapa berharganya 1 KWH listrik.

Baca Juga: Ciptakan SDM Unggul, BP Jamsostek Batulicin Gelar Pelatihan Alat Berat

Baca Juga: 20 Ribu Ton Beras Bulog Terancam Busuk, Siap Dijual ke Pasar hingga Bansos

Sumber: Liputan6.com
Editor: Syarif