Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Tekan Stunting, Menkes Minta Daerah Kedepankan Kearifan Lokal

- Apahabar.com Kamis, 5 Desember 2019 - 18:19 WIB

Tekan Stunting, Menkes Minta Daerah Kedepankan Kearifan Lokal

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat meninjau sejumlah ruangan dan fasilitas RSUDP NTB di Kota Mataram, Kamis (05/12). Foto – Antara/Nur Imansyah

apahabar.com, MATARAM – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta seluruh daerah dapat mengedepankan kearifan lokal dan pendekatan keluarga dalam menekan angka stunting di wilayahnya.

“Kita ingin setiap daerah mengedepankan kearifan lokal untuk menurunkan angka stunting, meski setiap daerah berbeda nanti caranya. Tapi itu cara yang akan kita lakukan untuk menekan angka stunting,” kata Terawan saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi (RSUDP) NTB di Mataram, Kamis (05/12).

Terawan menjelaskan, menurunkan angka stunting merupakan program pokok yang harus dituntaskan Kementerian Kesehatan dalam mendukung visi misi Presiden Jokowi menciptakan sumber daya manusia (SDM) dan tenaga kerja yang unggul dan maju di Indonesia pada tahun 2024.

“Ini target kita di masa yang akan datang, menekan dan menurunkan angka stunting, sehingga kalau ini turun berarti SDM dan tenaga kerja kita bagus, tapi kalau rendah maka SDM dan tenaga kerja kita tidak unggul,” jelasnya.

Kemenkes kata Terawan, tidak menampik jika di setiap provinsi di Indonesia pasti ditemukan kasus stunting. Hanya saja, jumlah lasus stunting di setiap daerah berbeda-beda.

Karena itu, Kemenkes lanjutnya, sedang melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang kasus stuntingnya banyak, sehingga diketahui pola dan cara penanganannya. Sebab, dalam upaya menekan angka stunting tentu pendekatan yang akan dilakukan berbeda-beda pula. Sala satunya pendekatan kearifan lokal dan pendekatan keluarga.

“Walau tidak sama dengan daerah lainnya, pendekatan kearifan lokal, pendekatan keluarga dan pola makan terhadap anak harus diperhatikan. Inilah cara pendekatan yang kita lakukan menurunkan stunting,” katanya.

Selain meninjau RSUDP NTB dalam kunjungan kerjanya, Terawan juga menyempatkan diri bersama istri Ester Dahlia Terawan, meninjau Rumah Sakit Angkatan Darat Wira Bhakti Kota Mataram. Di mana di Rumah Sakit Angkatan Darat Wira Bhakti Kota Mataram itu, Terawan pernah mengabdi selama 9 tahun.

Baca Juga: Erick Thohir Berhentikan Dirut Garuda Ary Askhara Terkait Harley Seludupan

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan Sandiaga Uno Tak Masuk BUMN

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pasukan Oranye Kaget, Mahluk Raksasa Ini Nongol dari Selokan Kebayoran Lama
apahabar.com

Nasional

BBM Satu Harga Sentuh Ratusan Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar
apahabar.com

Nasional

Ini 3 Orang Penting di Balik Pertemuan Jokowi-Prabowo
apahabar.com

Nasional

Pesawat Alfa Trans Tergelincir di Kasonaweja Gegara Kabut
apahabar.com

Nasional

Heboh Pernikahan Sedarah Warga Bulukumba di Balikpapan
apahabar.com

Nasional

Kejar KKB di Papua, 2 Anggota TNI Tertembak
apahabar.com

Nasional

HUT ke-74, Ancaman Nirmiliter Jadi Atensi TNI

Nasional

30 Orang Masih Hilang, BNPB: Kemungkinan Bisa Bertambah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com