apahabar.com
Ilustrasi Instagram. Foto-dailysocial.id

apahabar.com, JAKARTA – Menjelang pergantian tahun, Instagram membagikan tren dan momen favorit yang terjadi di platformnya sepanjang 2019. Lewat pernyataan resminya, Instagram mengungkap bahwa momen penting pengguna Indonesia dipenuhi dengan kebersamaan.

Jumlah unggahan terbanyak di Instagram hadir pada momen-momen spesial. Misalnya, momen tahun baru, Idul Fitri, hari Kartini, Paskah, serta musim libur sekolah yang identik dengan acara kumpul keluarga dan berbagi kebahagiaan.

Selama 2019, tagar #indonesia, #katakatabijak, dan #reseprumahan menjadi yang paling banyak diikuti oleh para pengguna Instagram Tanah Air. Menurut Instagram, hal itu menunjukkan bahwa platformnya dimanfaatkan pengguna untuk mencari inspirasi.

Instagram juga menjadi tempat pengguna bisa terhubung dengan sosok idolanya. Akun Instagram Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (@jokowi) masuk dalam 10 akun Instagram paling dicintai, berdasarkan jumlah tingkat interaksi.

Selain Jokowi, deretan akun populer lain adalah milik para selebritas. Ada Ayu Ting Ting (@ayutingting92), Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (@raffinagita1717), Prilly Latuconsina (@prillylatuconsina96), dan Syahrini (@princessyahrini).

Nama-nama populer lain yakni Gisella Anastasia (@gisel_la), Luna Maya (@lunamaya), Natasha Wilona (@natashawilona12), Raisa Andriana (@raisa6690), dan Chelsea Olivia Wijaya (@chelseaoliviaa). Dari nama-nama tersebut, mayoritas pemilik akun adalah perempuan.

Selain itu, pengguna sangat menyukai fitur “Stories” sebagai tempat mengekspresikan diri. Secara global, pengguna aktif harian Instagram Stories mencapai 500 juta. Pemakaian stiker dan filter wajah pun meningkat di antara pengguna.

Stiker yang paling disukai para pengguna Instagram Indonesia yaitu stiker lokasi, stiker waktu, stiker kenangan, dan stiker suhu. Warganet Indonesia pun amat interaktif karena suka membagikan kembali hasil dari stiker pertanyaan.

Sementara, ada lima besar filter wajah yang paling diminati para pengguna Instagram di Indonesia. Deretan filter itu yakni “Orange” karya @mollesy, “Mono” karya @ya.molli, “Milk One” karya @ya.molli, “Milk Two” karya @ya.molli, dan “Minimalis” karya @nadianraulya.

Baca Juga: Instagram Akan Peringatkan Pengguna Soal Unggahan Menyinggung

Baca Juga: Kreatif, Kisah Pemuda Kuala Kapuas Bikin Video Lucu Viral di Instagram

Sumber: Republika.co.id
Editor: Aprianoor