apahabar.com
Infografis Cuaca. Foto-apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali diguyur hujan hari ini. Namun, terdapat hanya 7 dari 13 di kab/kota akan diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (6/12), tujuh wilayah itu masing-masing Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura (Banjar), Marabanah (Barito Kuala), Kandangan (Hulu Sungai Selatan), Rantau (Tapin), Amuntai (Hulu Sungai Utara).

Ancaman hujan lebat disertai petir dan angin kencang itu terjadi pada siang/sore hari. Pada saat itu, memang seluruh wilayah Kalsel diguyur hujan.

Namun hujan tidak merata, hanya beberapa lokasi di 13 kab/kota Kalsel saja yang mengalaminya.

Hujan pun diperkirakan masih terus terjadi pada malam dan dini harinya. Namun hanya di beberapa wilayah yang masuk dalam peringatan dini BMKG.

Karena itu, melalui laman resminya, mereka menghimbau warga untuk waspada. “Waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di kota/kab Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG, Jumat.

Meski hujan, namun suhu udara tetap normal. Bahkan cenderung panas dan lembab. Sebab, tingkat kelembaban mencapai 100 persen. Sedangkan suhu tertinggi berada di 33 derajat celcius. Sebab, secara umum pagi hari dalam kodisi cerah berawan.

Sementara kecepatan angin bervariasi. Namun bisa mencapai 10-19 knot.

Baca Juga: Jemaah: Penangkapan Nasruddin Sudah Diramalkan Alquran

Baca Juga: Hendak Transaksi Sabu, Pria di Pelambuan Diringkus Polisi

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin