Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

200 Item Usulan di Kecamatan Pandawan, Berry: Serap Aspirasi Sesuai Sikon

- Apahabar.com Selasa, 28 Januari 2020 - 21:31 WIB

200 Item Usulan di Kecamatan Pandawan, Berry: Serap Aspirasi Sesuai Sikon

Wabup Berry membuka Musrenbang RKPD di Kecamatan Pandawan, Selasa (28/1). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Pandawan 2020 di Gedung Serbaguna Pandawan.

Camat Pandawan, Drs H Mukarram menyampaikan, Musrenbang tingkat desa yang berjumlah 21 desa, seluruhnya sudah selesai di 2019 dan dilanjutkan awal 2020 di tingkat kecamatan.

“Begitu banyak usulan yang mencapai 200 item, tentunya dengan Musrenbang yang kita laksanakan ini, harapan kita bersama adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan di desa,” kata Mukarram.

Dia memaparkan ada tiga prioritas pembangunan di Kecamatan Pandawan, yaitu penyelesaian bangunan Puskesmas Pandawan, pembuatan jalan dan siring lintas Kabupaten HST-HSU di Tatah Cagat Desa Kayu Rabah dan pengaspalan jalan tembus Desa Hilir Banua ke Desa Awang Baru (lintas kecamatan).

Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan, mengatakan penyelenggaraan Musrenbang jangan dianggap sebagai agenda biasa dan serimonial semata atau ritual tahunan, namun memiliki makna strategis sebagai wadah yang disediakan oleh pemerintah guna membahas dan menyepakati usulan dari tingkat desa.

Selain itu, untuk mengidentifikasi setiap permasalahan yang ada di desa serta berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat serta pemangku kepentingan stakeholder di tingkat kecamatan sesuai dengan situasi kondisi (sikon) dan perkembangan terkini.

Ditambahkannya, hasil Musrenbang di kecamatan 2020 akan dijadikan bahan masukan dalam penyusunan rancangan renja perangkat daerah dan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah.

Dia juga mengharapkan agar masyarakat memiliki kepekaan terhadap potensi yang ada di wilayah, sehingga pada saat pelaksanaan Musrenbang, hal yang disampaikan tidak semata-mata usulan program fisik, melainkan juga usulan program yang mampu meningkatkan kualitas potensi SDM dan sumber daya alam.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tanggap Covid-19 di HST, Bupati dan Wakilnya Minta Wejangan Guru Bakhiet
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Panen Ikan di Mahang Baru HST, Bupati Minta Warga Tingkatkan Kemandirian Pangan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Wabub HST Lepas 15 Pasien Karantina di Eks Akper Murakata
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dinsos Salurkan Sembako Khusus untuk Penyandang Disabilitas di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST dan Balangan Bertemu, Sepakat Merger Bank Perkreditan Rakyat
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Refocusing Anggaran, DAK Fisik di HST Terpaksa Dihentikan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dialog Pembangunan Pemkab HSS Diisi Workshop Cakap Bermedia Sosial
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kepatuhan Pajak, Chairansyah Imbau ASN di HST Jadi Panutan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com