Dear Presiden Jokowi, Jembatan Alalak Kalsel Harus Dibuka Hindari Macet Sudah Dilimpahkan, Nih Jerat Hukuman Sejoli Pembuang Bayi di Stagen Kotabaru BREAKING! KPK Periksa 11 Nama, Salah Satunya Bupati HSU Abdul Wahid OTT Amuntai, dan Nasib Proyek DIR Banjang Kini Bantuan Rp 300 Ribu Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak

200 Item Usulan di Kecamatan Pandawan, Berry: Serap Aspirasi Sesuai Sikon

- Apahabar.com     Selasa, 28 Januari 2020 - 21:31 WITA

200 Item Usulan di Kecamatan Pandawan, Berry: Serap Aspirasi Sesuai Sikon

Wabup Berry membuka Musrenbang RKPD di Kecamatan Pandawan, Selasa (28/1). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Pandawan 2020 di Gedung Serbaguna Pandawan.

Camat Pandawan, Drs H Mukarram menyampaikan, Musrenbang tingkat desa yang berjumlah 21 desa, seluruhnya sudah selesai di 2019 dan dilanjutkan awal 2020 di tingkat kecamatan.

“Begitu banyak usulan yang mencapai 200 item, tentunya dengan Musrenbang yang kita laksanakan ini, harapan kita bersama adalah membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan di desa,” kata Mukarram.

Dia memaparkan ada tiga prioritas pembangunan di Kecamatan Pandawan, yaitu penyelesaian bangunan Puskesmas Pandawan, pembuatan jalan dan siring lintas Kabupaten HST-HSU di Tatah Cagat Desa Kayu Rabah dan pengaspalan jalan tembus Desa Hilir Banua ke Desa Awang Baru (lintas kecamatan).

Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan, mengatakan penyelenggaraan Musrenbang jangan dianggap sebagai agenda biasa dan serimonial semata atau ritual tahunan, namun memiliki makna strategis sebagai wadah yang disediakan oleh pemerintah guna membahas dan menyepakati usulan dari tingkat desa.

Selain itu, untuk mengidentifikasi setiap permasalahan yang ada di desa serta berusaha menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat serta pemangku kepentingan stakeholder di tingkat kecamatan sesuai dengan situasi kondisi (sikon) dan perkembangan terkini.

Ditambahkannya, hasil Musrenbang di kecamatan 2020 akan dijadikan bahan masukan dalam penyusunan rancangan renja perangkat daerah dan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah.

Dia juga mengharapkan agar masyarakat memiliki kepekaan terhadap potensi yang ada di wilayah, sehingga pada saat pelaksanaan Musrenbang, hal yang disampaikan tidak semata-mata usulan program fisik, melainkan juga usulan program yang mampu meningkatkan kualitas potensi SDM dan sumber daya alam.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dongkrak Ekonomi Masyarakat HST, Puluhan Pengelola Wisata Ikuti Pelatihan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Era Teknologi, Evaluator RB Pemkab HST Dituntut Siapkan Strategi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pantau BLT-DD, Chairansyah Sempatkan Kunjungi Pesantren dan Musala di LAU

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jelang Pilkada 2020, Bupati HST Ingatkan Warga Jaga Kamtibmas dan Prokes

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Simulasi PTM di HST, SMPN 1 Jadi Pertama

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Lestarikan Alam Bumi Murakata, Dua Lokasi Wisata HST Ditanami Ratusan Pohon
Bupati Aulia didampingi wakilnya dan Pj Sekda sidak kehadiran dan kedisiplinan para pejabat eselon di HST, Senin (17/5)./Foto-Prokom HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pascalibur Lebaran, Bupati Aulia Pinta Pejabat Eselon Optimalkan Pelayanan Publik
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pilkada HST, Pemkab Gelontorkan Rp550 Juta untuk Tim Pemantauan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com