apahabar.com
Hari Amal Bakti ke–74 Kementerian Agama RI tahun 2020 di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Jumat (03/01) kemarin. Foto-Humas Pemda HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry, mengingatkan kepada masyarakat untuk memegang teguh nilai-nilai Pancasila.

Ia juga menegaskan segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara.

“Agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk
kebahagiaan hidup manusia,” ujarnya dalam Hari Amal Bakti ke–74 Kementerian Agama RI tahun 2020 di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Jumat (03/01) kemarin.

Ia mengatakan sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa di negara Pancasila tidak boleh ada propaganda anti-agama.

Penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan juga dilarang. Begitu pun dengan menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda.

Ia menjelaskan sampai abad dua puluh, dunia hanya mengenal dua teori menyangkut hubungan agama dan negara, yaitu teori integrasi yakni penyatuan agama dengan negara, dan teori sekularisasi pemisahan agama dengan negara.

Sementara di Indonesia, para founding fathers dengan
bimbingan Allah mengenalkan teori alternatif, yaitu teori akomodasi yang tidak mempertentangkan agama dan negara.

“Kesalehan beragama dan loyalitas bernegara harus saling mendukung satu sama lain. Kita dapat menjadi umat beragama yang saleh sekaligus menjadi warga
negara yang baik,” ujarnya lagi.

Peringatan Hari Amal Bhakti ke–74 Kementerian Agama RI di HSS diisi dengan tusiyah yang disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS, Tuan Guru Kapuh.

Pada akhir acara, Bupati menyerahkan tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya untuk para ASN di lingkungan Kantor Kementrian Agama HSS.

Hadir dalam acara bertajuk “Umat Rukun, Indonesia Maju”, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD H. Akhmad Fahmi, unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementrian Agama, Drs. H. Saribuddin, Ketua TP. PKK Kab. HSS Hj. Isnaniah A Fikry, Ketua GOW HSS Sri Astuti Syamsuri Arsyad, para Kepala OPD Lingkup HSS, pimpinan Perbankan, BUMN/BUMD, dan seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementrian Agama HSS.

Baca Juga: Pemkab HSS Siapkan Atlet Jelang Porprov 2021

Baca Juga: Palagan Nagara, Upaya Masyarakat HSS Refleksikan Perang 2 Januari 1949

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela