Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil

Anies Baswedan: Banjir Jakarta Semakin Terkendali

- Apahabar.com Kamis, 2 Januari 2020 - 20:13 WIB

Anies Baswedan: Banjir Jakarta Semakin Terkendali

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pernyataan di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (02/01). Foto-Antara/Ricky Prayoga

apahabar.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa bencana banjir di Jakarta semakin terkendali. Hal ini terlihat dari ketinggian air menjadi lebih rendah.

“Tadi saya ke Kampung Pulo mulai surut, ketinggian air di Pintu Air Manggarai juga sudah jauh lebih rendah. Jadi secara bertahap kondisi di Jakarta sudah semakin terkendali,” kata Anies di Manggarai, Kamis (02/01).

Di pintu air Manggarai, kata Anies, saat ini data menunjukan sudah di angka sekitar 740-750 sentimeter (cm) atau dalam kondisi Siaga IV. Ketinggian ini sudah jauh ebih rendah dari kondisi pada Selasa (01/01), yang mencapai 900 cm atau Siaga 2.

“Normalnya kata petugas, rata-rata pada musim hujan sekitar 600 cm. Kemarin itu, dari 600 ke 900 artinya tambah tiga meter permukaan air di pintu air Manggarai. tiga meter itu luar biasa. sekarang kembali 750 bertahap lebih rendah. artinya, volume air datang dari kawasan hulu sudah mulai berkurang,” ujarnya.

Dari pantauan di lokasi, hingga pukul 17.00 WIB, ketinggian muka air di Pintu Air Manggarai, 745 cm atau kondisi Siaga 4. Diketahui, akibat hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi, menyebabkan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Kalau siaga 4, itu aman banget,” kata petugas operator Pintu Air Manggarai Ibnu Nawawi di lokasi.

Posko banjir Jakarta mencatat hingga Rabu (01/01) malam pukul 19.00 WIB jumlah pengungsi banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta mencapai angka 31.232 orang. Pemprov DKI Jakarta menurunkan 120 ribu petugas untuk menanggulangi banjir tersebut. Para pengungsi umumnya membutuhkan makanan, air bersih, selimut dan karpet.

Baca Juga: Ciledug Masih Tergenang Banjir, Jalur Jakarta-Tangerang Terputus

Baca Juga: Posko Logistik Jakarta Barat Kekurangan Pasokan Air Bersih

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Update Situng KPU Pukul 12.00 WIB, Jokowi-Ma’ruf Nyaris Unggul Lima Juta Suara
apahabar.com

Nasional

Risma Jadi Wali Kota Terpopuler di Media
apahabar.com

Nasional

Pandemi Covid-19, Polri Larang Nonton Bareng Film G30S/PKI
FPI

Nasional

FPI Ungkap Kronologi Bentrok Polisi dan Pendukung Rizieq
apahabar.com

Nasional

Menkes Setujui Permohonan PSBB Jabar
apahabar.com

Nasional

Kenapa STNK Kendaraan Baru Lama Jadinya
apahabar.com

Nasional

Incest di Lampung; Tak Cuma Kakak, Pelaku Setubuhi Kambing-Sapi Tetangga
apahabar.com

Nasional

Soal Persekusi, Hanya Opini Sandiaga Uno
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com