Curi Susu Demi Keponakan, Perkara Remaja Banjarmasin Dihentikan Lewat Restorasi Justice Fakta Baru Pembacokan di SPBU Banjar, Tak Ada Duit yang Hilang Dear KPK! Jangan Sia-siakan Pengorbanan Kades Aisyah Kotabaru Anies Baswedan untuk Presiden 2024 Mulai Bergaung di Kalsel Diterjang Banjir Rob, Pemukiman Warga Pesisir Pantai Tala Porak Poranda

Antisipasi Wabah DBD, Camat Kuranji Sosialisasi ke Sekolah dan Desa

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kecamatan Kuranji, Kabupaten Tanah Bumbu secara serius melakukan upaya antisipasi dan pencegahan
- Apahabar.com     Selasa, 21 Januari 2020 - 15:07 WITA

Antisipasi Wabah DBD, Camat Kuranji Sosialisasi ke Sekolah dan Desa

Camat Kuranji, Samsir beserta jajarannya memberikan sosialisasi kewaspadaan dini terhadap penyakit DBD. Foto-stimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kecamatan Kuranji, Kabupaten Tanah Bumbu secara serius melakukan upaya antisipasi dan pencegahan terhadap wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) di wilayahnya.

Melibatkan pihak kesehatan dan unit wilayah pendidikan, Camat Kuranji, Samsir beserta jajarannya bergandengan bahu membahu gencar melakukan sosialisasi kewaspadaan dini terhadap DBD ke sekolah-sekolah dan desa di Kecamatan Kuranji.

“Kita lakukan sosialisasi ke sekolah dan desa tentang bagaimana antisipasi dan pencegahan terjangkitnya wabah DBD yang disebabkan oleh berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti,” terang Camat Kuranji, Samsir kepada apahabar.com, Selasa (21/01) siang.

Lebih lanjut, Samsir mengatakan pihaknya memberikan sosialisasi untuk dilakukan oleh masyarakat dengan cara 4 M Plus, yakni menguras, menutup tempat penampungan air, mengubur sampah plastik, barang bekas, memantau perkembangan, dan pertumbuhan jentik nyamuk.

Di sela kegiatan sosialisasi, Samsir juga berpesan kepada masyarakat apabila terdapat anak atau keluarga yang terserang demam, agar segera memeriksakan diri ke poskesdes atau puskesmas terdekat.

“Segera periksakan kalau ditemui ada gejala demam tinggi di atas 38 derajat celcius, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, nyeri di belakang mata, kemudian mual dan muntah, sakit perut dan ulu hati, terkadang disertai ruam merah dan perdarahan, karena itu semua merupakan gejala-gejala dari penyakit DBD,” bebernya.

Samsir berharap dengan peran semua pihak serta upaya yang sudah mereka lakukan ini akan dapat meminimalisir dan mencegah adanya wabah penyakit DBD di daerahnya.

“Kami berharap semoga dengan upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah kecamatan dan puskesmas ini, bisa meminimalisir dan mencegah adanya wabah DBD di desa dan kecamatan kita,” tuturnya.

Selain sosialisasi, juga dilakukan pembagian Pamflet tentang upaya pencegahan demam berdarah serta pembagian bubuk abate oleh petugas kesehatan Puskesmas Giri Mulya.

Baca Juga: 2 Warga Banjarbaru Positif DBD, Dinkes Lakukan Penyelidikan Epidemiologi

Baca Juga: Pelajar Sekolah Dasar di Tanbu Meninggal, Diduga karena DBD

Reporter: Syahriadi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Asyik Nyabu Bareng, Sopir dan Pengangguran di Tanbu Diciduk Polisi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Ikuti Festival Iklim 2020 Secara Virtual

Pemkab Tanah Bumbu

Lantik Pjs Kades di Satui, Zairullah: Pemekaran Desa untuk Mempermudah Pelayanan kepada Masyarakat

Pemkab Tanah Bumbu

Momen Maulid Nabi, Wabup Tanbu Ajak Masyarakat Tafakur dan Tadabbur
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Elemen Gabungan di Tanbu Sosialisasikan Pencegahan Covid-19
Vaksinasi di Tanbu

Pemkab Tanah Bumbu

Optimisme Zairullah: Target Vaksinasi di Tanbu Tercapai Akhir Tahun
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tak Laporkan Harta Kekayaan, Sanksi Berat Menanti ASN Tanah Bumbu
Hibah Rp 26 Miliar KPU Tanbu Mulai Dicairkan

Pemkab Tanah Bumbu

Hibah Rp 26 Miliar KPU Tanbu Mulai Dicairkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com