apahabar.com
Rakor penetapan status siaga darurat bencana di Balangan. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Termasuk wilayah rawan bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan menetapkan status siaga darurat bencana.

Status itu ditetap dalam rapat koordinasi (Rakor) di Aula Benteng Tundakan Kantor Bupati Balangan Kecamatan Paringin Selatan, Selasa(14/1). Sedikitnya 150 orang dari berbagai instansi pemerintahan hadir dalam rakor tersebut.

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love mengatakan di musim hujan seperti ini, tidak menampik terjadi bencana. Umumnya seperti tanah longsor dan banjir yang setiap saat bisa mengancam.

“Karena demikian maka BPBD Balangan, dalam mengatasi masalah-masalah bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Balangan perlu selalu kesiagaan,”ucapnya.

Alive memetakan, wilayah yang rentan terjadinya banjir dan tanah longsor, yakni Kecamatan Juai, Lampihong dan Halong.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin mengingatkan tim gabungan selalu siap siaga dalam menanggulangi bencana.

Meskipun leading sektor ditangani BPBD, namun terang Ansharudin, semua SKPD dilibatkan dalam penetapan status siaga bencana yang telah dikeluarkan.

“Kita semua harus siap jika terjadi bencana pada musim hujan ini,”tegasnya Ansharuddin.

Tak ketinggalan, Ansharuddin juga mengingatkan persiapan posko guna mendukung pelaksanaan Haul ke 15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sekumpul.
Terutama dalam penyusunan jadwal yang juga melibatkan beberapa instasi, seperti Polres dan Koramil.

Baca Juga: Cegah Bencana Alam, Polsek Angsana Tanam Pohon Buah

Baca Juga: HSS Siaga Bencana Alam

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin