BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Barito Disanksi Komdis Rp50 Juta, Ketua Bartman Selalu Ingatkan Larangan Nyalakan Flare

- Apahabar.com Minggu, 12 Januari 2020 - 15:24 WIB

Barito Disanksi Komdis Rp50 Juta, Ketua Bartman Selalu Ingatkan Larangan Nyalakan Flare

Ilustrasi penyalaan flare oleh suporter yang dilarang PSSI. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pada musim kompetisi Shopee Liga 1 2019, Barito Putera sempat kecolongan dengan adanya ulah oknum suporter yang melakukan aksi penyalaan flare.

Atas kejadian itu, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI pun menjatuhkan sanksi tegas berupa denda sebesar Rp50 juta untuk manajemen Barito Putera.

Hal itu tentu sangat disayangkan, mengingat Barito Putera yang harus berjuang keras menjalani liga musim lalu. Sementara ada sejumlah oknum yang menyebut dirinya fans malah membuat tim kesayangannya itu diganjar sanksi yang cukup besar.

“Padahal selalu kita himbau dari awal kompetisi, bahkan sebelum pertandingan, saat pertandingan dan sesudah pertandingan berakhir terkait larangan penyalaan ‘flare gun’ di stadion,” kata Ketua Umum Bartman Kalimantan Selatan, Normansyah kepada apahabar.com, Sabtu (11/1) malam.

Bahkan, kata Normansyah, sejak H-3 pertandingan home Barito selalu mengingatkan anggotanya agar tidak melakukan hal tersebut melalui media sosial. Namun masih saja ada oknum suporter yang ‘nakal’.

“Kita juga berkoordinasi dengan panitia pelaksana pertandingan agar lebih ketat lagi melakukan penjagaan, tapi tetap saja kita kecolongan,” tuturnya.

Untuk mencegah hal serupa terjadi di musim mendatang, Bartman kembali bekerja sama dengan panitia pelaksana pertandingan untuk memperketat penjagaan barang yang dibawa penonton ke stadion.

“Harus diperketat agar mengantisipasi kejadian tahun lalu terulang. Kalo ada yang kedapatan membawa akan diberi sanksi tegas,” ujarnya.

Normansyah juga berharap agar suporter bisa lebih dewasa lagi dalam menyikapi regulasi larangan penyalaan red flare-gun, agar tidak merugikan Barito kedepannya.

Selain itu, dia juga memiliki harapan besar agar Laskar Antasari bisa bermain lebih apik lagi di musim mendatang serta mampu menembus 5 besar.

Seperti diketahui, penyalaan flare terjadi pada laga penutup kompetisi Liga 1 2019 Barito Putera dengan kemenangan 3-0 atas Arema FC di Stadion Demang Lehman Martapura.

Usai peluit panjang dibunyikan dan para pelatih, official dan pemain tim Laskar Antasari merayakan kemenangan di tengah lapangan, namun oknum suporter di tribun utama justru merayakannya dengan menyalakan flare.

Tidak hanya satu, bahkan oknum suporter ini menggunakan suar atau nyala api hingga tiga biji. Sehingga membuat stadion langsung menyala dengan cahaya merah yang terang.

Penggunaan flare dalam pertandingan atau kompetisi sepak bola resmi di Indonesia tidak diperbolehkan atau dilarang. Ini berdasarkan Pasal 52 huruf c butir i FIFA Stadium Safety and Security Regulations dan Pasal 70 ayat (1) Kode Disiplin PSSI 2018.

Baca Juga: Menjaga Kebugaran, Anggota Dewan Kota Banjarmasin Ajak Fun Futsal Awak Media

Baca Juga: Tabalong Sport Climbing Competition 2020, Ajang Bergengsi Pemanjat se Kalimantan

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Evan Dimas, Salahudin dan Emas SEA Games 1991
apahabar.com

Sport

Barcelona, Diktator Lapangan Hijau La Liga yang Ganas!
apahabar.com

Sport

Barca Siapkan Kontrak Fantastis untuk Messi
apahabar.com

Sport

Tekuk Perseru, Persebaya Kuasai Klasemen Sementara Grup A Piala Presiden
Messi

Sport

Pukul Pemain Bilbao, Messi Terancam Sanksi 12 Laga
apahabar.com

Sport

Live Streaming SCTV Liga Europa Celtic vs AC Milan Malam Ini, Ancaman Ibrahimovic
apahabar.com

Sport

Juve Gagal Pertahankan Coppa Italia, Allegri: Mengecewakan!
apahabar.com

Sport

Usai Diimbangi Persija U-20, Abunawas Tekankan Barito U-20 Tetap Sportif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com