Kebakaran Pelambuan, Puluhan Rumah Dekat Gudang Karet Ludes Pelambuan Membara, Belasan Rumah Terbakar Dini Hari Terciduk Warga, Begal Sapi Tanah Bumbu Lari Tunggang-langgang di Kotabaru Transkrip Rekaman Sengketa Pilgub Kalsel Beredar, Petinggi KPU Akui PPK Terima Duit Heboh Kades di Kelumpang Tersangka Pungli, Giliran Apdesi Kotabaru Buka Suara

BPS Tanbu Siapkan Sensus Penduduk Online di Februari 2020  

- Apahabar.com Rabu, 29 Januari 2020 - 17:25 WIB

BPS Tanbu Siapkan Sensus Penduduk Online di Februari 2020   

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Bumbu saat berkunjung ke Kantor Diskominfo. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Di 2020 ini Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan melakukan sensus penduduk secara online, tepatnya mulai tanggal 15 Februari-21 Maret 2020.

Kepala BPS Kabupaten Tanah Bumbu, Akhmad Muzakir, mengatakan sensus online dalam kurun waktu 1 bulan lebih tersebut yakni masyarakat diajak untuk melakukan pengisian data secara mandiri dengan mengakses bps.co.id.

Muzakir menyebut keuntungan sensus secara online ini masyarakat bisa memperbaharui datanya sendiri. Manfaat lainnya lagi, setiap penyelenggara statistik dasar wajib menjaga kerahasiaan masyarakat.

Baca Juga: Sudian Noor Resmikan Rumah Tahfizul Quran di Batulicin

“Misalnya perubahan status pendidikan atau pindah alamat dan masyarakat berkesempatan untuk mengupdate datanya sendiri,” ujarnya saat berkunjung ke kantor Diskominfo Tanah Bumbu, Selasa (28/1) kemarin.

Dia menambahkan, untuk masyarakat yang belum mengakses sensus penduduk online akan bisa melakukan pada periode Juni. Ini berarti 1 Juni sampai 31 Juni itu akan dilakukan kunjungan ke rumah tangga warga yang belum melakukan sensus penduduk secara mandiri.

“Untuk sosialiasinya, pihak BPS akan melaksanakan rapat koordinasi kecamatan, serta minta bantu kaum milenial atau anak pelajar sekolah,” tuturnya.

Lebih jelas kata Muzakir, sensus ada 3 tahapan, yakni konvensional, Full Up Dating dengan menggunakan data registrasi serta menggunakan data Dukpencapil sesuai rekomendasi PBB.

“Sesuai amanat Presiden Jokowi dalam pencanangan Sensus Penduduk 2020, kita harus mendorong kepada masyarakat untuk lebih mendekatkan diri atau membiasakan penggunaan teknologi termasuk menggunakan sensus penduduk online,” imbuhnya.

Baca Juga: Sudian Noor Kukuhkan Kepala Desa dan Lantik Perangkat Desa se-Tanbu

Reporter: Syahriadi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penderita ISPA di Batola Berpotensi Meningkat
apahabar.com

Kalsel

Rumah Zakat Gelar Tarhib Ramadan
Warga Pulau Laut Timur Kembali Dapat Bantuan Bupati

Kalsel

Warga Pulau Laut Timur Kembali Dapat Bantuan Bupati  
apahabar.com

Kalsel

Jerit Korban Kebakaran Jalan Sulawesi: “Kami Bingung Numpang di Mana”
apahabar.com

Kalsel

Pelamar CPNS S1 Seni Budaya Masih Kosong di Tapin
Tanah Bumbu

Kalsel

Bandar Sabu Kelas Kakap Jadi Pesakitan, Iptu Malik: Terbesar di Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 di Tanbu: 18 Sembuh, 7 Positif
apahabar.com

Kalsel

Carut-marut Regulasi, Akar Polemik Pembongkaran Baliho di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com