Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

BPS Tanbu Siapkan Sensus Penduduk Online di Februari 2020  

- Apahabar.com Rabu, 29 Januari 2020 - 17:25 WIB

BPS Tanbu Siapkan Sensus Penduduk Online di Februari 2020   

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tanah Bumbu saat berkunjung ke Kantor Diskominfo. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Di 2020 ini Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan melakukan sensus penduduk secara online, tepatnya mulai tanggal 15 Februari-21 Maret 2020.

Kepala BPS Kabupaten Tanah Bumbu, Akhmad Muzakir, mengatakan sensus online dalam kurun waktu 1 bulan lebih tersebut yakni masyarakat diajak untuk melakukan pengisian data secara mandiri dengan mengakses bps.co.id.

Muzakir menyebut keuntungan sensus secara online ini masyarakat bisa memperbaharui datanya sendiri. Manfaat lainnya lagi, setiap penyelenggara statistik dasar wajib menjaga kerahasiaan masyarakat.

Baca Juga: Sudian Noor Resmikan Rumah Tahfizul Quran di Batulicin

“Misalnya perubahan status pendidikan atau pindah alamat dan masyarakat berkesempatan untuk mengupdate datanya sendiri,” ujarnya saat berkunjung ke kantor Diskominfo Tanah Bumbu, Selasa (28/1) kemarin.

Dia menambahkan, untuk masyarakat yang belum mengakses sensus penduduk online akan bisa melakukan pada periode Juni. Ini berarti 1 Juni sampai 31 Juni itu akan dilakukan kunjungan ke rumah tangga warga yang belum melakukan sensus penduduk secara mandiri.

“Untuk sosialiasinya, pihak BPS akan melaksanakan rapat koordinasi kecamatan, serta minta bantu kaum milenial atau anak pelajar sekolah,” tuturnya.

Lebih jelas kata Muzakir, sensus ada 3 tahapan, yakni konvensional, Full Up Dating dengan menggunakan data registrasi serta menggunakan data Dukpencapil sesuai rekomendasi PBB.

“Sesuai amanat Presiden Jokowi dalam pencanangan Sensus Penduduk 2020, kita harus mendorong kepada masyarakat untuk lebih mendekatkan diri atau membiasakan penggunaan teknologi termasuk menggunakan sensus penduduk online,” imbuhnya.

Baca Juga: Sudian Noor Kukuhkan Kepala Desa dan Lantik Perangkat Desa se-Tanbu

Reporter: Syahriadi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penghitungan Terbaru di Kalsel, 30 April: Jokowi Salip Prabowo di Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

BI Sosialisasikan Gerakan Non-Tunai hingga Pasar Marabahan
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Videonya Viral, 7 Bocah Pengisap Lem di Banjar Diciduk Lagi
apahabar.com

Kalsel

Kecewa Birokrasi BPJS Kesehatan, Pemkab Batola Putus Hubungan Kerja
apahabar.com

Kalsel

Bupati Tapin Lantik 3 Kepala Dinas Baru
apahabar.com

Kalsel

BNNK Balangan Peringati HANI 2019, Ajak Perangi Narkoba 
apahabar.com

Kalsel

Komitmen Pemerintah Lindungi Masyarakat Adat di HST Dipertanyakan!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com