Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi

Buka Koalisi Partai, Fakih-Yazid Galang Dukungan Independen di Pilkada HST

- Apahabar.com Selasa, 14 Januari 2020 - 08:44 WIB

Buka Koalisi Partai, Fakih-Yazid Galang Dukungan Independen di Pilkada HST

Calon pasangan independen di Pilkada HST 2020, Ketua Syariah DPC PKS HST Fakih Jarjani (kiri) dan Kepala Disdukcatpil HST, Abu Yazid Bustami (kanan).Foto-apahabar.com/HN Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Fakih Jarjani dan Abu Yazid Bustami masih membuka pintu bagi partai-partai yang ingin berkoalisi.

Sebelumnya, keduanya mantap mencalon di Pilkada Hulu Sungai Tengah (HST) lewat jalur perseorangan atau independen.

Untuk tahu saja, Fakih merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera. Sementara, Yazid aktif menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcatpil).

Namun, pada Pemilihan Legeslatif (Pileg) 2019 lalu PKS hanya bisa meraih 3 kursi di DPRD HST. Sementara untuk maju Pilkada sedikitnya punya 6 kursi.

“Sebelum memasuki tanggal penyerahan dokumen, 19 Februari nanti, kalau ada partai yang ingin berkoalisi tentunya kami siap,” kata Fakih kepada apahabar.com.

Namun ditekankan ketua Dewan Syariah DPC PKS HST ini, selama tidak merubah pasangan maupun main mahar dirinya dan Yazid akan menerima tawaran untuk berkoalisi.

Walau saat ini masih belum ada partai yang berkoalisi dengan PKS, keduanya tetap mantap maju secara independen.

Untuk maju secara independen, syarat utama sudah disiapkan. Yakni, dukungan E-KTP minimal 10 persen atau 19.10 dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di HST.

“Insyaallah cukup batas maksimal sebagai syarat pencalonan. 19 Februari nanti kita siap menyerahkan berkas dukungan,” kata Fakih.

Walau syarat sudah mencukupi, Fakih masih menarget hingga 25 ribu dukungan sebelum waktu yang ditetapkan KPU HST, sesuai dengan Pengumuman Nomor 340/PL.03.2/6307/KPU-KAB/X11/2019 itu.

“Sampai ini kami masih mencari dukungan, kalau-kalau ada kemungkinan dukungan rangkap. Namun untuk dukungan kami sudah meminta tanda tangan (kepada pendukungnya, Red),”kata Fakih.

Ia menekankan jika terpilih nantinya siap untuk bersinergi dengan DPRD memajukan dan membangun Banua, sebutan Kalimantan Selatan.

Selain Fakih-Yazid, sejumlah pasangan juga memilih jalur independen untuk mengarungi Pilkada HST, seperti Aulia dan Mansyah Sabri, Muslih Amri dan Abadi M, serta Tamzil dan M Ilham E.

Baca Juga: Golkar Pede Usung Paman Birin Tanpa Partai Koalisi

Baca Juga: Di Kalsel, Suara Jokowi Kalah di Kandang Partai Koalisi

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Debat Terakhir Pilbup Kotabaru, Isu Pemekaran Kambatang Lima Mencuat
apahabar.com

Politik

Pilgub Kalsel 2020, Restu Megawati Belum Turun untuk Sahbirin-Muhidin
apahabar.com

Politik

Kader PDI Perjuangan Tala Harus Jaga Kepercayaan Masyarakat
apahabar.com

Politik

Ratna Sarumpaet Diadili Hari Ini
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin 2020, Perempuan PKS Siap Menangkan Hj Ananda – H Mushaffa Zakir
apahabar.com

Politik

Target Golkar Kalsel di Pilkada Serentak 2020
apahabar.com

Politik

Andin-Guru Oton Siapkan Program Khusus untuk UMKM dan Kualitas Santri

Politik

Perhitungan Suara Pilgub Kalsel di Tanbu Selesai, Kotak Suara Dikirim Hari Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com