Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Cuci Tangan Diklaim 80 Persen Efektif Cegah Penularan Pneumonia

- Apahabar.com Sabtu, 18 Januari 2020 - 05:15 WIB

Cuci Tangan Diklaim 80 Persen Efektif Cegah Penularan Pneumonia

Cuci tangan. Foto-Hello Magazine

apahabar.com, JAKARTA – Kasus pneumonia menerjang wilayah Wuhan, China menyita perhatian masyarakat. Terlebih penyakit menular ini telah menyebar ke negara tetangga seperti Thailand, Singapura, Jepang dan beberapa negara lainnya.

Tak ingin pneumonia menyerang Indonesia. Begini cara menangkalnya. Penyakit ini bisa diantisipasi dengan pola hidup sehat dengan rutin mencuci tangan.

Mencuci tangan adalah salah satu komponen dari Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI). Oleh sebab itu hanya dengan rutin mencuci tangan maka seseorang bisa menghindari banyak penyakit maupun penularan virus, salah satunya pneumonia yang mewabah di Negeri Tirai Bambu.

“Dari cuci tangan ini tingkat efektifitasnya cukup tinggi bisa sampai 80 persen lebih. Kadang-kadang tangan kita memegang sesuatu terutama saat di rumah sakit,” terang Dokter Agus.

Selain di rumah sakit, penularan virus juga dapat terjadi dengan mudah melalui fasilitas publik, salah satunya adalah angkutan umum. Tanpa disadari bakteri dan penyakit dari setiap orang menempel dan menyebar melalui kontak fisik dari benda mati.

“Ada orang batuk di angkutan, kemudian batuknya kena pegangan kendaraan, kemudian dipegang. Saat masuk, terpegang dan lupa terus kucek-kucek, itu sudah menularkan kuman. Oleh karena itu seseorang harus paham betul kalau berada di daerah-daerah yang berisiko, cuci tangan itu penting. Kadang tangan manusia menjadi tempat penyaluran kuman,” lanjutnya.

Terkait dengan kasus pneumonia yang sudah menyebar hingga ke beberapa negara tetangga di Asia, Dokter Agus pun memberikan beberapa tips yang harus dilakukan masyarakat jika terpaksa berkunjung ke daerah yang terjangkit wabah pneumonia. Salah satunya adalah terus menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

“Jaga kesehatan, imunitas juga ditentukan nutrisi, makan cukup karena imunitas ditentukan oleh nutrisi dan istirahat. Kalau imunitas turun maka mudah mengalami infeksi. Untuk mencegah penyebaran virus sampai keluar negeri itu penting, caranya tadi dengan selalu cuci tangan terutama saat hendak makan,” pungkasnya.

Baca Juga: Hipmi Minta Presiden Pertegas Regulasi Penunjukan Langsung untuk Pengusaha Muda

Baca Juga: Skema Pembiayaan Ibu Kota Akan Dirombak

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kondisi 2 Pasien Positif Virus Corona di RSPI Membaik
apahabar.com

Nasional

Lima Pasien Covid-19 Tewas Terpanggang di Bangladesh
apahabar.com

Nasional

7 Bandit di Asahan Sumut Ditangkap, 5 Ditembak
apahabar.com

Nasional

Naik MRT Bareng, Jokowi dan Prabowo Pamer Kemesraan
apahabar.com

Nasional

Wapres: Tidak Ada Perbedaan Pernyataan BMKG dan BNPB
apahabar.com

Nasional

Mega Ingatkan Kader: Jangan Ambil Keuntungan Pribadi
apahabar.com

Nasional

Syarief Hasan: Pesantren Potret Nyata Kebhinnekaan Indonesia
Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 di Yogyakarta Terus Bertambah

Nasional

Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 di Yogyakarta Terus Bertambah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com