Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

Dana Desa Tahap Pertama Segera Dicairkan, Wonorejo Pun Dapat

- Apahabar.com Senin, 20 Januari 2020 - 18:17 WIB

Dana Desa Tahap Pertama Segera Dicairkan, Wonorejo Pun Dapat

Pemandangan di eks Desa Wonorejo, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalsel siap menyalurkan dana desa tahap pertama 2020. Bahkan Desa Wonorejo di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan yang disebut-sebut desa fiktif pun kebagian dana desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Kalsel

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Kalsel, Zulkifli. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

“Ini mau memasuki pencairan tahap pertama, angkanya sudah fix, tapi belum bisa dicairkan sekarang,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Kalsel, Zulkifli kepada apahabar.com, Senin (20/1) siang.

Adapun alokasi dana desa yang diberikan ke Provinsi Kalsel berjumlah Rp 1.533.082.274.000. Angka ini naik dari 2019 yang berjumlah Rp 1.506.337.021.000.

Untuk proses pencairan, dikatakan Zulkifli masih menunggu keputusan pusat. “Kapan bisa cair itu masih menunggu di pusat. Biasanya sekitar Maret,” terangnya.

Di Kalsel, ada ribuan desa penerima dana bantuan pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan desa. Adapun untuk proses penyalurannya melalui tiga tahap.

“Masih sama tiga tahap pencairan, tapi tahun ini di balik. Tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ke tiga 20 persen,” ungkapnya.

Hal ini berbeda dari tahun sebelumnya yang mana tahap pencairan pertama 20 persen sedangkan kedua dan ketiga 40 persen.

Sebelumnya, Zulkifli menjelaskan untuk penyaluran dana desa di Kalsel tahun anggaran 2020 dilaksanakan di 11 kabupaten di 142 kecamatan dan 1.864 desa.

Untuk diketahui, dari total 1864 desa di Kalsel yang terdaftar, salah satunya ialah desa fiktif yang sempat heboh.

Terkait Desa Wonorejo, Kabupaten Balangan yang juga masuk daftar, Zulkifli mengakui akan dapat kucuran dana. Namun, tekannya, karena nomor register desanya masih di Kemendagri, desa tersebut dianggap ada. “Dananya bisa diambl tapi tak bisa digunakan,” terangnya.

Untuk diketahui, November 2019 lalu Desa Wonerejo telah dikunjungi Kementerian Dalam Negeri, untuk memantau dan memastikan langsung mengenai desa tersebut.

“November kemarin mereka datang (Kemendagri) cuma ingin membuktikan saja sudah terjadi tukar guling antara perusahaan dan masyarakat apa belum. Lalu mengenai proses penghapusan desa tersebut,” bebernya.

Tukar guling yang dimaksud ialah, bertukar barang dengan tidak menambah uang. Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, tukar guling disebut dengan ruilslag yang berarti didasarkan atas persetujuan pemerintah.

“Perusahaan mengganti fasilitas yang hilang, seperti bangunan kantor dan puskesmas ke desa sebelah (Sumber Rejeki) yang mana ada 8 KK dari desa Wonerejo yang tinggal disana,” kata dia.

Sedangkan untuk kelanjutan penghapusan Desa Wonerejo, Zulkifli mengatakan masih menunggu hasil keputusan Kemendagri pasca-pemantauan.

“Ada pembicaraan dengan Kemendagri mengenai penghapusan, kita masih menunggu hasil keputusannya setelah pemantauan desa fiktif. Yang pasti kita monitor terus,” pungkasnya.

Baca Juga: Buruh Ramai-Ramai Tolak Omnibus Law

Baca Juga: Saat Hafidz Cilik, Anak Tukang Servis di Kotabaru Taklukkan Surah An-Naba

Baca Juga: Kasus Asusila Siswa Banjarbaru, Polisi Layangkan Panggilan ke GM

Baca Juga: Cara Warga Haliau HST Ungkapkan Syukur Saat Musim Buah

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Resmi, Tim Denny Indrayana Laporkan Bawaslu Kalsel ke DKPP RI
apahabar.com

Kalsel

Meski Sempat Ditunda, Jumrah Jemaah Batola Tanpa Kendala
apahabar.com

Kalsel

BPJS Jamin Seluruh Biaya Bayi Jantung Bocor
apahabar.com

Kalsel

Polsek Tabunganen Polres Batola Cek Suhu Badan Warga di Posko PSD2DK
apahabar.com

Kalsel

Respons Epidemiolog, Kalsel Tembus 4 Ribu Kasus Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Pasien Dikarantina Bertambah, DLH Tabalong Ikut Kewalahan
apahabar.com

Kalsel

Geger Petugas Covid-19 Kotabaru Meninggal di Kamar Hotel
apahabar.com

Kalsel

Pasien Positif Covid-19 di Batola Meningkat, Warga Anjir Genapi 214 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com